Yayasan Batik Indonesia Berikan Bantuan Kantong Stoma kepada YKI untuk Ostomate

Yayasan Kanker Indonesia dengan Yayasan Batik Indonesia

GETPOST.ID, Jakarta– Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyampaikan bantuan pengadaan kantong stoma sebagai kepedulian meningkatkan kualitas hidup Ostomate melalui Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Selasa 24 Oktober 2023.  Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan YBI, YKI dan Ostomate anggota YKI, berlangsung di Kantor Yayasan Kanker Indonesia Pusat di Menteng, Jakarta Pusat.

Penyandang kantong stoma (ostomate) umumnya merupakan pejuang atau penyintas karena kanker usus, kanker kandung kemih, penyakit radang usus, divertikulitis atau sumbatan pada kandung kemih atau usus. Ostomate menggunakan kantong stoma dapat bersifat sementara atau permanent tergantung kondisinya. Namun potensi jumlah Ostomate terus meningkat, sebagaimana terlihat dalam data GLOBOCAN 2020, dimana jumlah kasus baru kanker usus besar di Indonesia sebesar 34,189 kasus.

Read More

Menimbang hal tersebut, Yayasan Batik Indonesia, memberikan bantuan kepada Yayasan Kanker Indonesia untuk pengadaan kantong stoma. Wakil Ketua Panitia Pelaksana Gelar Batik Nusantara 2023, Shanty A. Leksono, mengatakan, “Dari sebagian hasil Gelar Batik Nusantara 2023, Yayasan Batik Indonesia senang dapat berpartisipasi dalam penanggulangan kanker di Indonesia melalui bantuan pengadaan kantong stoma sebagai kepedulian kami terhadap Ostomate.”

READ MORE

Bantuan Yayasan Batik Indonesia merupakan sebagian dari hasil penjualan tiket High-Tea Gelar dalam rangka Gelar Batik Nusantara yang terselenggara pada 2 Agustus 2023, yang ditujukan pada pelestarian batik Indramayu dan sekaligus untuk mendukung penanggulangan kanker, melalui Yayasan Kanker Indonesia.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD-KHOM, FINASIM, FACP, mengatakan, “Yayasan Kanker Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Batik Indonesia atas kepeduliannya memberikan dukungan demi meningkatkan kualitas hidup Ostomate melalui bantuan pengadaan kantong stoma.”

“Ostomate memiliki keadaan khusus dalam kehidupan kesehariannya. Mereka harus menggunakan kantong stoma sebagai salah satu kegiatan primer. Ostomate membutuhkan setidaknya 10 kantong stoma untuk menjaga kualitas hidup yang baik, dan seringkali mengalami tekanan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga bantuan ini sangatlah bermanfaat, dimana sekitar 80-100 ostomate datang setiap bulannya ke YKI untuk mendapatkan kantong stoma,” imbuh  Aru.

READ MORE

“Kami meyakini bahwa bantuan dari Yayasan Batik Indonesia ini akan memudahkan para Ostomate. Kami terus mengajak partisipasi masyarakat untuk terus memberikan dukungan dan kepedulian terhadap kanker khususnya bagi para Ostomate untuk sekaligus meningkatkan kualitas hidupnya,” tutup Aru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :