Forum Nama Domain dan Internet Asia Pasifik Berkumpul di Bali

ICANN dan PANDI akan gelar APAC DNS Forum di Bali pada Juli 2024.

GETPOST.ID, Jakarta – Lembaga internet dunia,  the Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), akan menghelat Forum Domain Name System (DNS) kawasan Asia Pasifik (APAC) di Bali, Indonesia, pada 23-24 Juli 2024.

APAC DNS Forum tahun ini beryema “Building Bridges: Strengthening Collaboration to Shape the Internet’s Future”. Para pemangku kepentingan internet internasional dan regional berkumpul untuk menjajaki penguatan kerja sama, meraih peluang dari internet dan menghadapi tantangan yang akan terjadi.

Read More

Sebagai tulang punggung teknikal internet, DNS mendasari berfungsinya internet global serta membentuk perwajahan peluang dan inovasi yang ada. DNS yang terpelihara tergantung pada kohesi dan kolaborasi antara industri, teknologi, dan pemangku kepentingan. Tanpa kerja sama, interoperabilitas internet yang bersifat global dapat terancam.

ICANN adalah organisasi non-profit internasional yang mengelola DNS dan berperan kunci dalam operasional dan keamanan internet global. Sementara PANDI adalah Registri Nama Domain berkode negara Indonesia: .id.

John Sihar Simanjuntak, Ketua PANDI, menjelaskan perluasan sektor nama domain diharapkan membuka peluang ekonomi dan menghilangkan batasan bahasa untuk menghubungkan yang belum terhubung. Forum ini juga membahas bagaimana Asia Pasifik dapat memanfaatkan peluang dan berkontribusi dalam transformasi digital.

Selain itu,juga memnbahas pengaruh dari inisiatif legislasi dan regulasi terkait internet, serta pentingnya model pemangku kepentingan dalam tata kelola internet.

“PANDI dan ICANN berperan sebagai penghubung antara Indonesia, ekosistem internet global, dan komunitas internet regional. Kolaborasi dan kerja sama seperti ini penting untuk masa depan internet,” ujar John sambil menyambut keterlibatan dan dukungan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk kesuksesan forum ini.

Dengan mitra regional, ICANN telah menyelenggarakan DNS Forum di Afrika, Eropa Timur dan Asia Tengah, Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah – dengan tujuan yang sama: untuk kolaborasi, jaringan, dan pertukaran ide tentang industri nama domain dan internet antara ICANN dan Komunitas DNS global.

Jia-Rong Low, Vice President and Managing Director of ICANN APAC, menambahkan kami sangat bangga memboyong kegiatan APAC DNS Forum ini ke Indonesia.

“Kami bersemangat sekali menganalisis peluang dan tantangan yang ditawarkan internet di Asia Pasifik. Harapannya, Forum ini dapat bermanfaat serta menjadi sumber inspirasi dan pemahaman mendalam bagi peserta,” jelasnya.

APAC DNS Forum 2024

Acara APAC DNS Forum 2024 digelar secara hybrid di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Indonesia. Pendaftaran dapat dilakukan bagi peserta luring dan daring.

Menjelang APAC DNS Forum 2024, empat pre-event webinar diadakan pada Juni dan Juli. Sementara adwal kegiatan secara keseluruhan diumumkan di akhir Mei ini.

ICANN dan PANDI membuka kesempatan bagi para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk memberikan sponsor dan mendaftarkan diri. Informasi lebih lengkap tentang APAC DNS Forum 2024 dapat diakses dengan mengunjungi tautan situs www.apacdnsforum.id.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *