Promosikan Kesadaran Lingkungan ke Anak Muda, Hutan itu Indonesia Kolaborasi dengan Uni Eropa Gelar Kompetisi lagu Tanpa Pamrih

Hutan itu indonesia
GETPOST.ID, Jakarta– Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia bersama gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) sukses menyelenggarakan kompetisi cover lagu Tanpa Pamrih milik musisi Feby Putri yang telah diselenggarakan dari 28 Agustus – 17 September 2023. Dalam upaya mempromosikan kesadaran lingkungan dan isu hutan kepada anak muda perkotaan, merupakan bagian dari rangkaian Pekan Diplomasi Hijau (Green Diplomacy Week) 2023 yang diselenggarakan oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan kedutaan negara-negara anggota. 

Lagu Tanpa Pamrih dari Feby Putri dipilih sebagai lagu yang di-cover peserta karena lagu tersebut mempunyai makna mendalam mengenai pentingnya menjaga alam termasuk hutan karena hutan ibarat ibu yang memberi segalanya kepada manusia tanpa pamrih, harapannya makna yang terkandung dalam lagu tersebut dapat dimanifestasi menjadi pesan-pesan positif penjagaan lingkungan kepada publik yang lebih luas.

 

Read More

Henriette Faergemann, Penasihat Pertama Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia menyebutkan, “Hutan merupakan salah satu pilar utama dari Kesepakatan Hijau (EU Green Deal). Uni Eropa menghargai peran penting hutan dalam meningkatkan kesejahteraan kita serta kelestarian planet kita. Kami berambisi untuk memperluas pemahaman ini ke masyarakat umum, dan kami senang dapat melakukannya bersama Hutan Itu Indonesia melalui pendekatan kreatif seperti tantangan cover lagu dan adopsi pohon mangrove. Kami berharap hal ini dapat memotivasi lebih banyak anak muda untuk merayakan dan melindungi hutan,” ujar Henriette.

 

Lebih dari 250 peserta cover song turut berpartisipasi pada lomba Tanpa Pamrih Cover Song, setiap lagu yang di-cover juga akan dikonversikan menjadi Adopsi Pohon Mangrove Hutan Itu Indonesia di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, program tersebut selaras dengan rencana Uni Eropa yang akan melakukan aksi pelestarian  penanaman 1.000 pohon mangrove termasuk pemeliharaannya selama 3 tahun.

 

Henriette menambahkan bahwa “Tahun ini, kami mendukung Adopsi Pohon Mangrove karena mangrove memiliki peranan signifikan dalam penyerapan karbon, yang menjadikannya sangat penting dalam perjuangan kita melawan perubahan iklim,” tutup Henriette.

 

Eulis Utami, Manajer Kampanye Hutan Itu Indonesia menyebutkan jika “Musik terbukti dapat menjadi media kampanye yang efektif dan powerful dalam menyampaikan pesan-pesan penjagaan alam dan lingkungan, harapannya kampanye lewat musik dan karya akan banyak membantu menyebarkan luaskan pesan-pesan kampanye lingkungan lebih masif dengan cara-cara yang menyenangkan,” tutup Eulis.

Tiga pemenang utama lomba Tanpa Pamrih Cover Song akan diumumkan pada puncak Pekan Diplomasi Hijau yang bertajuk Piknik Hijau Hijau di Hutan Kota GBK, Jakarta, pada Sabtu 23 September 2023. Pekan Diplomasi Hijau sendiri tahun ini mengangkat tema ‘Lebih Hijau Lebih Setara’, dengan misi menjangkau komunitas dan organisasi di seluruh dunia agar berpartisipasi dalam aksi global positif terkait perubahan iklim dengan berbagai kegiatan positif dan menyenangkan.

 

Berbagai mata acara terselenggara pada Piknik Hijau Hijau mulai dari menonton film bertema lingkungan, konser musik bersama Mocca dan Kunto Aji, serta pameran makanan yang didedikasikan untuk mempromosikan keberlanjutan dan mengatasi perubahan iklim.

Tentang Hutan Itu Indonesia

Hutan Itu Indonesia (HII) adalah gerakan terbuka yang percaya pada kekuatan pesan positif untuk menumbuhkan rasa cinta kepada hutan Indonesia melalui cara yang unik, menyenangkan dan dilakukan secara kolaboratif. Berdiri sejak 22 April 2016 di Jakarta, HII memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran publik, khususnya anak muda Indonesia di perkotaan yang tinggal jauh dari hutan, tentang kekayaan hutan Indonesia, dan berkontribusi dalam upaya menjaga hutan. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://hutanitu.id/.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

2 comments