PANDI Umumkan Hasil Riset dan Survei Nama Domain .id 2024

PANDI umumkan hasil riset dan survei pasar nama domain .ID 2024.

GETPOST.ID, Jakarta  – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengumumkan hasil riset dan survei pasar nama domain di Indonesia periode 2023-2024, sekaligus menerbitkan nama domain aksara nusantara; aksara Bali.

Hasil risetnya, nama domain tingkat tinggi (TLD) .id dikenal mayoritas konsumen nama domain di Indonesia, meski belum melekat kuat di benak konsumen domain di Indonesia.

Read More

Menariknya, di kalangan pengguna domain .id, tingkat top of mind TLD .id mencapai 51,1%. Sedangkan ekstensi .id yang paling dikenal oleh konsumen nama domain adalah co.id dan go.id.

Sementara pangsa pasar domain .id belum mencapai peringkat 10 teratas secara global. Pertumbuhan pasar nama domain .id di Indonesia terus meningkat, semakin bersaing dengan nama domain lainnya.

John Sihar Simanjuntak, Ketua PANDI, menjelaskan tren penggunaan domain .id di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama sejak pandemi Covid-19, pertumbuhannya signifikan mendongkrak digitalisasi dan penggunaan Nama Domain. Segmen pasar Nama Domain di Indonesia mencakup berbagai sektor industri, meski tidak semua pelaku usaha mendaftarkan Nama Domain.

Sebab persepsi mereka tentang urgensi kepemilikan Nama Domain dan ada kekhawatiran terhadap ancaman keamanan siber menggunakan Nama Domain. Selain itu, umumnya konsumen Nama Domain menggunakan media sosial dan market place untuk kepentingan usahanya.

Menariknya, market size nama domain .id di Indonesia meningkat sejak  2019 hingga 2023. Pada 2023 market size nama domain .id mencapai 41,79%, sedangkan nama domain .com mencapai 44,74%. Artinya pertumbuhan nama domain .id semakin kuat menyaingi .com.

Penggunaan nama domain .id dan ekstensi turunannya mencapai 41,7% dari total pasar nama nomain di Indonesia pada tahun lalu. Persentase ini tumbuh 5,1% dibandingkan 2022. Meningkatnya eksistensi dan dominasi .id tersebut mendorong PANDI untuk terus merealisasikan rencana perluasan pasar yang relevan sekaligus membawa kepentingan Indonesia.

Perluasan Pasar

John Sihar Simanjuntak menerangkan, untuk mencapai perluasan pasar, strategi pemasaran nama domain .id perlu disusun sehingga diperlukan hasil riset ini, untuk mengidentifikasi serta memahami pasar nama domain .id di Indonesia.

PANDI melibatkan registrar dan agensi riset pemasaran independen untuk mengukur market size (segmen pasar potensial), mengidentifikasi segmen pasar yang potensial terhadap nama domain .id termasuk preferensi, perilaku, dan kebutuhan segmen pasar tersebut.

Selain itu, riset tersebut juga ditujukan untuk mendapat wawasan tentang faktor-faktor yang menjadi alasan pengguna mempertahankan penggunaan nama domain .id (.id, co.id, .biz.id, .my.id, net.id, .web.id, dan sebagainya) pada merek yang dimilikinya dan tingkat awareness terhadap masing-masing ekstensi .id tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment