Siap-siap Indonesia, Zayed Sustainability Prize 2023 akan Dibuka, Menangkan 3 Juta Dolar AS

Pemenang ZSP 2022

GETPOST.ID, Abu Dhabi- Zayed Sustainability Prize (ZSP) merupakan pernghargaan program-program berkelanjutan dari Uni Emirat Arab. Penghargaan ini dilakukan setiap tahun sejak 2008. “ Zayed Sustainability Prize adalah perintis penghargaan tingkat dunia dari Uni Emirat Arab. Ini sebagai penghargaan terhadap warisan pengembangan dan kemanusiaan yang berkelanjutan oleh pendiri Uni Emirat Arab, yaitu Almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan,” terang Kamal Fitrianto, Perwakilan ZSP Indonesia dalam IG Live Asah Kebaikan, Sabtu (29/1/2022).

Penghargaan memperebutkan hadiah dengan total senilai 3 juta dolar AS atau Rp 42 milliar untuk 10 pemenang. ZSP Penghargaan ZSP terbuka untuk para LSM, pelajar., maupun organisasi maupun individu yang memiliki potensi untuk mendaftarkan.

Setelah diumumkan 10 Pemenang untuk ZSP 2022 pada 17 Januari lalu, tahun 2023, ZSP kembali akan membuka pendaftaran yang dibuka pada awal Februari.

Baca:
Zayed Sustainability Prize 2022 telah Menemukan 10 Pemenang dari 5 Kategori
UWC ISAK Jepang, Keluar sebagai Pemenang Kategori High School dari the Zayed Sustainability Prize 2022

ZSP mencari dan mengundang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Lembaga Non-profit, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan para pelajar serta mahasiswa yang memiliki program yang berdampak positif terhadap masyarakat, inovatif dan inspiratif. untuk memenangkan pendanaan besar bagi kerjasama berkelanjutannya serta mendapatkan pengakuan dunia untuk usaha-usaha rintisannya.
Ada 5 kategori yang dapat dipilih untuk mengikuti ajang perlombaan, yaitu:

  1. Water – Air
  2. Health – Kesehatan
  3. Food – Pangan
  4. Energy – Energi
  5. Global High School – Kategori untuk Anak Sekolah atau Mahasiswa – yang terbagi lagi kategorinya, yaitu Air, Kesehatan, Pangan, dan Energi.

    Peserta yang menang akan mendapatkan pendanaan dari ZSP sebesar 600 ribu dolar Amerika per pemenang per kategori. Dan khusus untuk kategori Global High School, akan mendapatkan hadiah dana sebesar hinggal 100 ribu dollar Amerika per pemenang.

    Pada 17 Januari lalu, bertempat di Abu Dhabi, dalama cara Abu Dhabi Sustainability Week, telah diumumkan 10 pemenang ZSP 2022. Sayang, Indonesia belum berhasil mendapatkan penghargaan.
    “Indonesia pernah menang di tahun 2016 untuk kategori energi dan 2017 untuk high school. Ada beberapa poin yang mungkin bisa menjadi pelajaran dan perhatian kita, untuk dapat memenuhi kriteria sebagai pememang,” ujar Kamal.

    Beberapa faktor yang menjadi penilaian dewan juri:
Live Instagram ZSP Indonesia dan Asah Kebaikan
  • Programnya mempunyai dampak positif bagi masyarakat
  • Perbedaannya dari sebelum sampai sesudah (before and after) terukur
  • Mempunyai rencana jangka panjang untuk lima tahun kedepan.

    Untuk mengukuti kompetisi program-program berkelanjutan ZSP, peserta dapat mulai masuk melalui website https://zayedsustainabilityprize.com.

    Sebagai informasi, pendaftaran dilakukan dalam Bahasa Inggris. Kamal menyarankan jika terkendala bahasa dapat menggunakan google translate. Pendaftaran akan dimulai dengan pemilihan kategori hingga mengirimkan data entri. Karena, proses pengisian data dilakukan secara bertahap, peserta diminta untuk tidak mendaftar mendekati batas waktu.
    Maksudnya, selain penggunaan bahasa Inggris, peserta masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan jika ada data-data yang perlu dilengkapi.

    Selain melalui website, Langkah-langkah pendaftaran dapat dilihat di IGTV Asah Kebaikan dalam tayangan IG Live Asah Kebaikan dengan tema “Siapa Pemenang Zayed Sustainability Prize 2022 Indonesia, Ayo Bersiap Untuk Pendaftaran 2023”, pada Sabtu, 29 Januari 2022.

    Adapun pemenang ZSP 2022, adalah:
    1 pemenang kategori Food – S4S Technologies dari India
    1 pemenang kategori Water – Wateroam dari Singapura
    1 pemenang kategori Energi – SOLshare dari Bangladesh
    1 pemenang kategori Health – Mamotest dari Argentina
    6 pemenang ketegori Global High School (masing-masing mewakili 6 benua :
  • Amerika – Instituto Iberia (Republik Dominika)
  • Eropa & Asia Tengah – Liceo Europeo (Spanyol)
  • Timur Tengah & Afrika Utara Eastern –Mediterranean School (Israel)
  • Afrika Sub-Sahara –Sayidina Abubakar Secondary School (Uganda)
  • Asia Selatan – Hira School (Maladewa)
  • Asia Timur & Pasifik – UWC ISAK (Jepang)

Alia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

1 comment