Jelang Liburan Sekolah, AirAsia MOVE Tawarkan Tips Liburan yang Efisien

Airasia (foto: getpost.id)

GETPOST.ID, Jakarta– Menyambut musim liburan sekolah, aplikasi perjalanan AirAsia MOVE siap mengakomodasi minat wisata masyarakat di lintas Asia Tenggara. Berdasarkan analisis perilaku pengguna selama periode libur Lebaran 2025, AirAsia MOVE merangkum tren perjalanan terbaru sekaligus berbagi tips perencanaan liburan yang efisien dan relevan dengan kebiasaan wisatawan masa kini.

Marketing Manager AirAsia MOVE Indonesia, Amelia Virginia menyampaikan dalam siaran pers, “Data internal kami menunjukkan bahwa destinasi seperti Penang, Bali, Bangkok, dan Manila menjadi pilihan favorit untuk liburan sekolah mendatang. Ini menandakan tingginya minat terhadap destinasi regional yang ramah untuk keluarga dan pasangan”

Read More

Ia menambahkan, “Saat ini para pelancong semakin memusatkan perhatian pada mempertimbangkan harga dan kenyamanan, sambil mengoptimalkan manfaat dari loyalitas program. Oleh karena itu, misi kami adalah membuat seluruh proses perjalanan menjadi lebih mudah diakses dan terjangkau bagi semua kalangan.”

Tren Perjalanan AirAsia MOVE: Belajar dari Libur Lebaran 2025

1. Pesan Lebih Awal untuk Harga Terbaik

Lebih dari 65% pengguna melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam waktu 30 hari sebelum keberangkatan untuk libur Lebaran lalu. Data ini menunjukkan kecenderungan pengguna untuk memesan pada menit-menit terakhir, yang dapat berisiko terhadap harga dan ketersediaan. AirAsia MOVE menyarankan agar merencanakan perjalanan sedini mungkin demi mendapatkan pilihan terbaik, terutama di tengah musim puncak liburan.

2. Pemesanan Multi Maskapai Dorong Perjalanan Internasional

Selama musim Lebaran, total jarak penerbangan yang ditempuh seluruh pengguna AirAsia MOVE mencapai 684 juta kilometer, atau setara dengan mengelilingi bumi sekitar 17 ribu kali. Dari sisi durasi, total waktu penerbangan tercatat hingga 67 juta menit di udara, kira-kira sama memutar dengan lebih dari 22 juta lagu nonstop.

AirAsia MOVE kini menyediakan opsi lebih dari 700 maskapai global bagi pengguna, termasuk AirAsia, Citilink, TransNusa, dan banyak lainnya. Fleksibilitas ini mempermudah perencanaan, terutama bagi mereka yang memilih rute penerbangan lanjutan dengan harga dan waktu tempuh yang lebih efisien.

3. Gunakan poin AirAsia dan Promo untuk Perjalanan yang Lebih Hemat

Selama periode Lebaran, pengguna AirAsia MOVE mengumpulkan lebih dari 360 juta poin AirAsia, dengan rata-rata penukaran setara dengan Rp230 ribu per transaksi. Poin ini bisa digunakan untuk pembelian tiket pesawat, hotel, hingga belanja produk bebas bea (duty-free) di dalam aplikasi.

Selain itu, lebih dari 4.000 kode promo juga digunakan selama periode yang sama, menandakan betapa pentingnya loyalitas program dan promo dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Menjawab tren ini, AirAsia MOVE kembali menghadirkan promo spesial, potongan hingga Rp200 ribu untuk bundling SNAP (tiket pesawat + hotel) serta diskon Rp170 ribu untuk pemesanan hotel. Penawaran ini tentu menjadi pilihan cerdas untuk merencanakan liburan sekolah yang lebih hemat dan menyenangkan.

4. Liburan Favorit: Bersama Pasangan atau Keluarga

Sebanyak 71% pemesanan hotel merupakan kamar tipe dua orang, dengan rata-rata pengeluaran mencapai Rp1,1 juta per malam. Sementara itu, sebagian besar wisatawan berasal dari kelompok usia Milenial dan Gen X (24–55 tahun), yang mewakili dominasi wisatawan yang telah berkeluarga atau bepergian bersama pasangan.

Untuk kebutuhan liburan keluarga besar, fitur bundling SNAP di AirAsia MOVE memungkinkan pengguna menyesuaikan jumlah tiket dan kamar hotel dengan jumlah tamu secara otomatis. Selain itu, fitur filter hotel membantu pengguna memilih penginapan yang paling sesuai dengan anggaran dan preferensi pribadi.

Related posts