GETPOST.ID, Tangerang- Cosmobeauté Indonesia 2025 resmi dibuka hari ini, Kamis (09/10/25) menghadirkan tema Inclusive Beauty, Sustainable Future, yang berlangsung pada 9 – 11 Oktober 2025 di ICE BSD City. Berdasarkan platform data global Statista Kementerian Perindustrian, pada tahun 2025 pendapatan pasar kosmetik di Indonesia mencapai US$ 2,09 miliar. Ke depannya, diproyeksikan tumbuh sebesar 4,73% per tahun. Naiknya angka ini, didukung oleh kondisi pasar yang terakselerasi, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah dan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai produk kecantikan halal.
“Dengan proyeksi pasar kecantikan Indonesia yang akan terus tumbuh hingga 2028, menjadikan industri pada sektor ini sebagai peluang besar yang harus dimaksimalkan bersama. Cosmobeauté Indonesia hadir bukan hanya sebagai pameran, tetapi sebagai platform strategis yang mempertemukan seluruh ekosistem industri, mendorong pelaku usaha lokal untuk memperluas cakupan pasar, memperkuat daya saing regional, sekaligus menjadi wadah kolaborasi, inovasi, dan pertukaran pengetahuan menuju pertumbuhan industri kecantikan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” jelas Juanita Soerakoesoemah, Portfolio Director Cosmobeauté Indonesia dalam siaran pers.
Sejalan dengan pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, pada edisi ke-18nya tahun ini, Cosmobeauté Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan di ICE BSD City guna memperluas segmen pasar yang menampilkan sektor baru yaitu Beauty Tech, Dental Care, dan Mother & Baby.
Lebih dari 500 exhibitor dari 17 negara/wilayah serta 10 paviliun seperti Arab Saudi, China, Hong Kong, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jordania, Korea, Malaysia, Pakistan, Prancis, Singapura, Taiwan, Turki dan Thailand, turut serta menampilkan 1,300 produk kecantikan selama tiga hari pameran. Keikutsertaan ribuan produk kecantikan tersebut menjadikan Cosmobeauté Indonesia sebagai pameran terdepan yang sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar strategis dengan daya tarik global melalui partisipasi brand internasional.
”Tahun ini, Cosmobeauté Indonesia digelar dengan konsep ‘New Venue, New Experience,’ guna meberikan ruang pameran yang lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap. Kami berharap semua pengunjung dapat merasakan pengalaman baru yang lebih inspiratif sekaligus lebih optimal untuk memulai maupun mengembangkan bisnis kecantikan,” imbuh Juanita.
Di hari pertama Cosmobeauté Indonesia sudah ramai dengan pengunjung dan banyak sekali ditemui maklon kosmetik dari China, meski juga banyak maklon lokal. Mereka menawarkan untuk memproduksi produk kecantikan dengan kualitas tinggi. “Meski dari China kita sudah halal,” kata salah satu penjaga booth maklon asal China sambil menyodorkan flyer dan memperkenalkan produk mereka.
Pantauan dari Getpost.id, banyak pula booth yang menawarkan berbagai jenis alat kecantikan berbagai rupa dengan produk andalan masing-masing yang mengklaim bisa memberikan hasil yang sempurna.
Dalam hal pertumbuhan industri kosmetika Indonesia yang didukung oleh tren green beauty, inovasi berbasis teknologi, serta meningkatnya minat konsumen terhadap produk halal dan ramah lingkungan, Ketua Umum Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia, Ir. Solihin Sofian, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara yang secara konsisten mendukung perkembangan industri kosmetika di tanah air melalui penyelenggaraan Cosmobeauté Indonesia yang berskala internasional.
”Pertumbuhan pada industri ini sejalan dengan semangat Pemerintah dalam mendorong hilirisasi industri, digitalisasi, serta penguatan branding kosmetika Indonesia di kancah global. Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif sebagai mitra strategis dalam memajukan industri kosmetika nasional. Kami berharap kerjasama yang baik antara PPA Kosmetika Indonesia dan Cosmobeauté Indonesia akan semakin erat, sehingga pameran ini dapat menjadi wadah inspirasi, kolaborasi, dan peluang bisnis yang bermanfaat bagi seluruh pelaku industri kosmetika, baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Ir. Solihin.
Cosmobeauté Indonesia 2025 juga memberikan ruang transformasi bagi industri kecantikan Indonesia melalui beragam program unggulan yang relevan dengan perkembangan pasar. Tahun ini, program keberlanjutan menjadi fokus utama dengan hadirnya Sustainability Awards sebagai bentuk apresiasi bagi exhibitor dengan inovasi ramah lingkungan, dan keberadaan Wellness & Sustain Hub untuk mengedukasi gaya hidup sehat serta produk berkelanjutan, memperkenalkan inovasi ramah lingkungan guna mendorong industri kecantikan menuju masa depan yang lebih hijau sekaligus mencoba layanan wellness bersama komunitas difabel. Selain itu, inklusivitas juga mendapat perhatian pada penyelenggaraan tahun ini melalui Cosmo Inclusive Class, sebuah program pelatihan yang membuka peluang bagi teman-teman disabilitas untuk berkarier di industri kecantikan khususnya make-up dan barber.
Lebih lanjut penyelenggaraan Cosmobeauté Indonesia 2025 juga diharapkan memberikan dampak positif bagi brand lokal, dalam memperkuat daya saing dan membuka akses ke pasar global. Sementara bagi brand internasional, pameran ini menjadi kesempatan untuk dapat memahami perilaku konsumen serta potensi besar pasar kecantikan Indonesia. ”Secara keseluruhan, Cosmobeauté Indonesia diharapkan menjadi ajang pameran yang menjadi katalis inovasi, kolaborasi, dan transformasi untuk meneguhkan posisi Indonesia sebagai salah satu pusat penting industri kecantikan dunia,” tutup Juanita.
Sebagai bagian dari upaya memperkaya pengalaman dan pengetahuan pengunjung terkait industri kecantikan, lebih dari 50 acara pendukung diadakan selama pameran Cosmobeauté Indonesia berlangsung. Program-program unggulan seperti Beauté Live, Beautéducation, Beauté Speak, Beauté Spot dan Supply Chain Academy dirancang untuk menjadi wadah edukasi, inspirasi, serta kolaborasi lintas sektor bagi para pelaku industri. Pengunjung pun dapat menikmati pengalaman interaktif melalui CosmobeautéXperience Connect serta menjelajahi inovasi berkelanjutan yang dirancang untuk mendorong kesadaran akan tren ramah lingkungan dalam industri kecantikan.
Seiring dengan meningkatnya tren perawatan diri di kalangan pria, pameran ini juga menghadirkan Barber Cutting Course & Hair Show, yang menampilkan workshop, serta tren grooming pria terkini. Sementara itu, melalui CosmoAesthetic Conference & Seminar, Cosmobeauté Indonesia memberikan kesempatan bagi dokter estetika dan praktisi medis untuk berdiskusi dan membahas seputar teknologi non-bedah, inovasi estetika, hingga regulasi terbaru.
Pada penyelenggaraan Cosmobeauté Indonesia 2025 juga terdapat Supply Chain Academy, yang membahas private label, formulasi, packaging, safety compliance, hingga bahan baku. Kreativitas pun tidak kalah menjadi sorotan lewat Makeup Show, Awards dan Spa Competition & Workshop, yang menghadirkan ruang bagi para profesional menunjukkan keterampilan, sekaligus melahirkan talenta baru yang memperkaya ekosistem industri kecantikan.
Guna mendukung akselerasi pertumbuhan bisnis pada sektor industri ini, program business matchmaking Beauté Meeting kembali menjadi salah satu program unggulan di Cosmobeauté Indonesia. Melalui program ini, para exhibitor dipertemukan langsung dengan calon potential buyer sesuai dengan kebutuhan dan bidang usaha masing-masing. Inisiatif ini berperan strategis dalam menciptakan peluang kerja sama jangka panjang melalui pertemuan yang terjadwal, efektif, dan terarah. Pada tahun 2024 lalu, program ini berhasil memfasilitasi 663 pertemuan bisnis antara 224 buyer dari 119 perusahaan dengan 210 active exhibitor, dengan potensi transaksi lebih dari USD 52.875 yang hingga kini masih terus berlanjut.