Trafik Data XL Axiata Naik 21%, Trafik Tertinggi di Jawa Tengah

Jaringan telekomunikasi seluler milik XL Axiata di Indonesia.

GETPOST.ID, Jakarta – PT XL Axiata Tbk mencatat peningkatan trafik penggunaan data periode libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H antara 28 Maret – 6 April 2025.

Data Customer Experience & Service Operation Center di Jakarta menunjukkan, terjadi kenaikan trafik layanan data sebesar 5% dibandingkan periode Ramadan dan Lebaran tahun lalu serta 21% dibandingkan hari biasa. Lonjakan trafik tersebut akibat antusiasme masyarakat melakukan perjalanan mudik dan berlibur Lebaran.

Read More

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menyatakan, kami bersyukur memberikan kualitas layanan optimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Persiapan kami lakukan sejak jauh-jauh hari, mencakup seluruh aspek jaringan serta langkah-langkah antisipatif yang diperlukan. Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun yang bertugas di lapangan, juga siaga penuh selama periode krusial untuk memastikan layanan tetap berjalan lancar tanpa gangguan.

“Seperti diperkirakan sebelumnya, terjadi lonjakan trafik data cukup tinggi selama periode liburan, terutama akses layanan streaming video melalui media sosial. Ini mencerminkan tingginya semangat masyarakat dalam berbagi momen kebahagiaan Lebaran. Selain itu, pergerakan masyarakat yang begitu dinamis dari satu daerah ke daerah lainnya juga terekam melalui data kami. Secara keseluruhan, trafik data tercatat meningkat lebih dari 21% dibanding hari biasa,” ujarI Gede dalam rilisnya.

Menurutnya, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat sebesar 17%, disusul File access yang meningkat 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12% serta game meningkat 46%.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%. Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23% dan Meta (Facebook) 4%.

Sementara itu web browsing naik 12% dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 19%. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibanding hari normal.

Secara nasional, Bandara dan Pelabuhan yang mengalami kenaikan sangat signifikan adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta sebesar 167% dan Pelabuhan Dermaga Merak sebesar 156%.

Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan tetap mengalami kenaikan saat Lebaran dibanding hari biasa, yaitu naik hingga sebesar 18%. Trafik tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu mengalami penurunan, kemungkinan karena tingkat perpindahan lokasi pelanggan berbeda dengan periode lebaran sebelumnya. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 27%.

Kenaikan trafik data juga terjadi pada layanan konvergensi XL SATU selama periode libur Lebaran ini dibandingkan hari biasa biasa masih ada pelanggan yang tidak mudik. Layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU adalah:

1. Layanan Instagram meningkat sebesar 18.8%
2. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21%
3. Layanan Tik Tok, meningkat sebesar 7%
4. Layanan Youtube, meningkat sebesar 21%

Adapun layanan Netflix dan Vidio meskipun banyak diakses namun mengalami penurunan sebesar 2% dan 21%. Saat ini secara keseluruhan jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari satu juta home connect.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan ratusan mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.

Saat ini XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk 111 ribu BTS 4G. Jaringan tulang punggung (backbone) ada sepanjang lebih dari 190 ribu km, yang menjangkau sebagian besar provinsi. Untuk layanan fixed mobile convergence (FMC) menjangkau 127 kota/kabupaten dan akan terus bertambah luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Related posts