Kerjasama dengan Igloo, Telkomsel Tawarkan Asuransi Inovatif

ilustrasi asuransi

GETPOST.ID, Jakarta– Igloo bekerja sama dengan Telkomsel untuk menghadirkan rangkaian layanan asuransi inovatif. Kemitraan ini menghadirkan berbagai produk asuransi inovatif bagi lebih dari 150 juta pelanggan Telkomsel, termasuk asuransi perlindungan siber, asuransi gadget, asuransi perjalanan, dan asuransi pelindung layar ponsel. Pelanggan dapat dengan mudah memperoleh produk-produk asuransi ini sebagai add-on saat mengisi ulang pulsa atau membeli paket data di aplikasi MyTelkomsel – dengan premi mulai dari Rp200 hingga Rp3.000, dan dengan pilihan masa perlindungan yang beragam.

Peluncuran produk-produk asuransi  ini sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia, yang ditandai dengan masyarakat kelas menengah yang semakin cakap dalam digital dan berkembangnya kecenderungan untuk bertransaksi secara online. Menurut Riset Pasar Indonesia dari Kadence, Indonesia memiliki lebih dari 210 juta pengguna internet, dan tingkat penetrasi seluler sebesar 77%, hal ini didorong oleh smartphone yang terjangkau dan paket data yang kompetitif. Sementara itu, sebanyak 73% transaksi e-commerce dilakukan melalui perangkat seluler.

Read More

Pada fase pertama kolaborasi ini, beberapa produk asuransi sudah resmi diluncurkan bagi pelanggan prabayar Telkomsel, dan akan disusul dengan produk lainnya dalam waktu dekat.

  • Asuransi Perlindungan Siber: mulai dari Rp500, memberikan perlindungan untuk pencurian identitas hingga Rp1.000.000 dan penipuan transfer dana elektronik hingga Rp1.000.000.

  • Asuransi Gadget: mulai dari Rp1.000, memberikan perlindungan terhadap pencurian dan perlindungan perangkat hingga Rp500.000.

  • Asuransi Pelindung Layar Ponsel: mulai dari Rp200, memberikan perlindungan untuk kerusakan layar ponsel hingga Rp200.000.

  • Asuransi Perjalanan: mulai dari Rp500 per hari untuk pembelian paket roaming, memberikan perlindungan untuk biaya medis, kecelakaan diri, dan ketidaknyamanan penerbangan.

Pelanggan yang membeli produk asuransi dapat menikmati proses pengajuan dan pengelolaan klaim yang mudah melalui fitur Insurance Hub di aplikasi MyTelkomsel.

Di antara rangkaian produk yang ditawarkan, asuransi keamanan siber menjadi sangat relevan di tengah meningkatnya kasus penipuan dan serangan siber. Perusahaan keamanan siber Check Point, mencatat Indonesia mengalami rata-rata ada 3.300 serangan siber per minggu pada awal tahun 2023, tertinggi di Asia Tenggara. Laporan lain dari SOCRadar pada tahun 2024 juga mencatat terjadinya lebih dari 4.406 jenis serangan phishing. Ancaman siber yang semakin canggih membuat perlindungan digital menjadi kebutuhan penting.

“Integrasi proteksi asuransi di aplikasi MyTelkomsel bersama Igloo mencerminkan komitmen kami untuk meningkatkan gaya hidup digital masyarakat Indonesia dengan menghadirkan solusi perlindungan yang dapat memberikan rasa aman. Dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang beraktivitas dan bertransaksi secara digital, kemitraan strategis dan inovatif ini memperkuat komitmen kami untuk tidak hanya menghubungkan, tetapi juga melindungi pengguna kami dengan solusi perlindungan digital yang sederhana, aman, dan mudah diakses,” ujar VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang dalam siaran pers.

“Selama bertahun-tahun, Igloo dikenal sebagai insurtech yang mampu mengintegrasikan perlindungan asuransi ke dalam bentuk pembelian yang mudah. Kesempatan untuk menghadirkan solusi ini bagi lebih dari 150 juta pelanggan Telkomsel merupakan bukti nyata atas keahlian dan komitmen kami di bidang ini,” ujar Raunak Mehta, CEO dan Co-founder Igloo.

Igloo telah diakui atas inovasinya dalam menghadirkan produk asuransi digital yang inovatif ke pasar Indonesia. Ini termasuk Asuransi Proteksi Kuliner, yang menanggung biaya medis akibat keracunan makanan, dan platform D2C, igloo.co.id, yang meraih gelar ‘Insurtech Initiative of the Year’ di Insurance Asia Awards 2025.

Related posts