Bridgestone Andalkan Teknologi Enliten Sebagai Strategi Produk Berkelanjutan

Media gathering Bridgestone Indonesia di Jakarta.

GETPOST.ID, Jakarta – PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menegaskan kembali
komitmennya untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan, sekaligus memperkuat
kontribusinya terhadap keberlanjutan dan keselamatan di setiap aspek bisnis.

Bridgestone Indonesia juga terus berupaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui inovasi teknologi, peningkatan kualitas layanan, serta berbagai inisiatif sosial yang sejalan dengan misi global Bridgestone, “Serving Society with Superior Quality.”

Read More

Menurut Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno, tahun 2025 menjadi periode yang
menuntut ketahanan dan fleksibilitas bisnis. Meskipun kondisi pasar masih belum stabil, Bridgestone terus melihat peluang untuk bertumbuh dengan mengutamakan kualitas, keselamatan, dan kepuasan pelanggan.

“Kami memahami perubahan ekonomi dan sosial saat ini cepat. Namun, satu hal tidak berubah adalah komitmen kami selalu menjadi mitra mobilitas yang andal bagi masyarakat Indonesia. Kami terus berupaya menjaga stabilitas dan memastikan setiap langkah bisnis memberikan nilai bagi pelanggan dan masyarakat,” ujar Mukiat di media gathering di Jakarta, Rabu (8/10).

Menurutnya, untuk itu fokus Bridgestone tidak pada pertumbuhan jangka pendek, tapi pada penciptaan
nilai jangka panjang melalui efisiensi, tanggung jawab sosial, dan inovasi berkelanjutan.

Bridgestone Indonesia saat ini memiliki jaringan 400 Toko Model (TOMO) dan 1.500 toko ban umum.

Teknologi Enliten dan Mobilitas Berkelanjutan

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang menuju mobilitas berkelanjutan, Bridgestone Indonesia
memperkenalkan penerapan teknologi ENLITEN — yakni sebuah platform teknologi desain ban untuk
menghasilkan produk yang berkontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus memiliki core capability yang unggul untuk meningkatkan performa produk tersebut secara keseluruhan.

ENLITEN menjadi representasi evolusi Bridgestone menuju era mobilitas cerdas dan berkelanjutan.
Teknologi ini memungkinkan ban memiliki rolling resistance lebih rendah, bobot lebih ringan, serta efisiensi bahan bakar dan energi yang lebih tinggi, baik untuk kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik.

Teknologi ini sudah diterapkan pada produk Bridgestone Turanza 6, ban penumpang premium dengan peningkatan hingga 15% dalam efisiensi gulir dan performa pengereman di jalan basah. Selain itu, pada produk ECOPIA EP300, produk unggulan Bridgestone di segmen eco performance,yang dikenal dengan efisiensi bahan bakar dan ketahanan tapaknya.

“Bagi Bridgestone, inovasi selalu berfokus pada performa dan keselamatan, dengan pengembangan yang
berlandaskan pada tiga pilar utama: yakni performance, safety, dan sustainability. ENLITEN merupakan core design technology yang meningkatkan sustainability sekaligus mengoptimalkan performa ban secara keseluruhan, dengan memungkinkan ‘ultimate customization’ untuk menyesuaikan ban sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan berkendara tertentu,” ujar Anindito Ajireswara, Head of Marketing Planning Bridgestone Indonesia.

Ban Kendaraan Niaga

Selain kendaraan penumpang, Bridgestone Indonesia juga memperkuat lini ban niaga dengan menghadirkan solusi khusus untuk mendukung produktivitas armada transportasi nasional. Yakni ban Bridgestone M858 (7.50 R16), yang dikembangkan untuk memberikan ketahanan maksimal terhadap beban berat dan kondisi jalan menantang, sekaligus menjaga efisiensi operasional pelanggan.

Selain itu, komitmen Bridgestone mendukung pelanggan niaga juga diwujudkan lewat jaringan layanan yang luas dan andal.  Melalui 26 titik Bridgestone Truck Tire Center (BTTC) dan 8 titik Bridgestone Fleet Point (BFP) di seluruh Indonesia, Bridgestone memastikan pelanggan fleet dan pengemudi profesional dapat menikmati layanan inspeksi, perawatan, dan penggantian ban dengan standar konsisten dan cepat, di mana pun mereka beroperasi.

“Kami berkomitmen memastikan setiap kendaraan komersial di jalan memiliki akses terhadap ban yang aman, efisien, dan tahan lama. Karena produktivitas merupakan bagian penting dari pergerakan ekonomi nasional. Melalui jaringan dan solusi tepat, Bridgestone sebagai mitra terpercaya yang menjaga kelancaran operasional pelanggan, khusus para pemilik kendaraan fleet, kapan pun dibutuhkan,” ujar Herry Maylanda, Head of Commercial Business Bridgestone Indonesia.

Tanggung Jawab Sosial

Berkomitmen mewujudkan mobilitas berkelanjutan, Bridgestone Indonesia secara konsisten menjalankan berbagai inisiatif sosial dan lingkungan, yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui beragam program dengan fokus pada keselamatan, pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan komunitas:

  1. Program Road Safety School, melibatkan lebih 600 siswa, guru, dan orang tua di Bekasi untuk
    meningkatkan kesadaran keselamatan jalan;
  2. Konservasi Mangrove & Pemberdayaan Komunitas, dengan penanaman lebih dari 26.000 pohon serta pelatihan ekonomi kreatif berbasis sumber daya alam;
  3. Rehabilitasi Ekosistem Sanggabuana, melalui kegiatan penanaman 1.000 pohon, edukasi lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pendampingan produk hasil hutan kayu dan non-kayu (HHK dan HHBK), inovasi pupuk ramah lingkungan, serta informasi mengenai kegiatan ranger SCF.

Atas komitmen tersebut, Bridgestone Indonesia berhasil mempertahankan Green PROPER selama tiga tahun berturut-turut untuk pabrik Karawang. Serta meraih Green PROPER pertama untuk pabrik Bekasi. Perusahaan juga dianugerahi dua penghargaan di ajang Nusantara CSR Awards 2025 atas kontribusinya dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Dalam tiga tahun terakhir, melalui berbagai aktivitas CSR, sebanyak 12.500 jiwa dari total 45 kegiatan merasakan dampak positif. Ini menjadi bukti nyata Bridgestone berkomitmen memberikan kontribusi yang berdampak secara sosial, lingkungan, dan ekonomi,” ujar Delfania Matasik, CSR & Sustainability Associate Lead Bridgestone Indonesia.

 

Related posts