Test Drive: Fasilitas dan Ruang Mewah bagi Penumpang Aion V

SUV listrik Aion V.

GETPOST.ID, Yogyakarta – Aion Indonesia mengajak sejumlah media termasuk Getpost.id melakukan test drive mobil anyar Aion V ke Yogyakarta pada Selasa (4/2). Sungguh penawaran menyenangkan: menyetir SUV listrik dari diler Aion di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta menuju Yogyakarta.

Total ada 5 unit SUV berbasis battery electric vehicle (BEV) disiapkan untuk rekan media menuju ke Yogya. Kami mendapat mobil Aion V No 4  warna galaxy blue yang bikin tampilan eksteriornya makin gagah dipandang. Satu mobil diisi 4 rekan media.

Read More
Media test drive Aion V 2025 di PIK, Jakarta.

Ruang Baris ke-2 Jempol!

Pada kesempatan pertama, setelah bendera start dikibarkan, kami berperan sebagai penumpang belakang. Begitu pintu dibuka, kami terpukau dengan ruang baris kedua nan lapang.

Penumpang baris kedua memiliki ruang kaki yang sangat lapang. Ruang kepala apalagi. Untuk saya yang punya tinggi badan di atas 170 cm, kabin di baris kedua sangat luas. Kesan lapang sangat nyata, plus lantai yang rata.

Ruang baris kedua Aion V sangat lapang.

Saya pun menjatuhkan bokong ke jok baris kedua berwarna hitam. Berkesan elegan sih. Kembali saya terkejut, joknya empuk dengan sudut kemiringan yang dapat diatur dengan mudah. Posisi duduk saya sangat nyaman dan tentu saja lapang, sehingga tidak masalah bila melakukan perjalanan jauh hingga ke Yogya.

Kami memilih mode berkendara comfort, satu dari tiga mode berkendara Aion V.

Aion V di Jalan Tol Cikampek.

Etape pertama dari road trip dengan Aion V ini adalah rest area Km 86 jalan tol Cikampek. Sepanjang perjalanan berdurasi 1 jam lebih ini, saya merasakan kenyamanan sebagai penumpang belakang. Ditunjang sistem suspensi yang cukup empuk, duduk di jok kedua Aion V sangat nyaman dan lapang.

Etape kedua dalam road trip Aion V ke Yogyakarta ini adalah Rest Area Km 228 A Tol Kanci-Pejagan. Durasi sekitar 1 jam 45 menit, saya tak khawatir kembali sebagai penumpang baris kedua, karena faktor kelapangan dan kenyamanannya.

Konsumsi Daya Baterainya

Di rest area ini,  kami mengecek konsumsi listrik baterainya sejak start dari diler Aion PIK. Hasilnya, MID menyebutkan: setelah menempuh jarak 140, 8 km dalam 1 jam 45 menit, konsumsi rata-rata daya baterainya adalah 13,8 kWh per 100 km.

Jadi setiap konsumsi daya 1 kWh, mobil melaju hingga 7,24 km.

Artinya, jika Aion V menggunakan baterai berdaya 75,3 kWh, maka total jarak tempuhnya mencapai 546 km. Sebuah jarak tempuh yang menjanjikan dan cukup untuk menempuh perjalanan ke Jawa tengah.

Dengan baterai besar 75,3 kWh, SUV EV ini mampu menghasilkan tenaga 150 kw dengan torsi instan: 240 Nm.

Pada sekitar jam 21.00 WIB, kami tiba di Sleman, Yogyakarta dengan menempuh jarak sekitar 592 km.

Peserta media test drive Aion V 2025.

Sedikit catatan kami, soal kesenyapan kabin Aion V. Belum cukup meredam suara ban yang masih terdengar bila melaju kencang di jalan bebas hambatan. Yang lainnya ok untuk Aion V.  Tak heran SUV listrik ini mengusung tagline The Extraordinary V!

 

Related posts