GETPOST.ID, Jakarta – Jenama otomotif asal China, Xpeng, ekspansi ke pasar Indonesia pada tahun ini. Bermitra dengan Erajaya Active Lifestyle (ERAL), Erajaya Group, yang terkenal sebagai raja ritel smartphone (gadget) di Indonesia.
Kolaborasi strategis untuk memperkenalkan teknologi kendaraan listrik canggih Xpeng pada konsumen Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan pasar dan keahlian ritel Erajaya terpercaya untuk memastikan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik mudah dengan pelayanan premium.
Pada peluncurannya di Jakarta, kemarin (28/2), Xpeng memperkenalkan dua model terbarunya Indonesia, yakni X9 dan G6. Kedua model ini menjunjukan komitmennya menghadirkan inovasi berbasis AI, mobilitas cerdas, dan performa tinggi. Alhasil, menawarkan pengalaman berkendara lebih pintar, terhubung, dan nyaman bagi penggunanya.
“Erajaya Active Lifestyle bangga menjadi mitra utama perjalanan Xpeng di Indonesia. Pemahaman mendalam kami tentang pasar lokal dan komitmen kuat terhadap merek- merek inovatif menjadikan kami mitra strategis ideal untuk mendukung pertumbuhan Xpeng,” ujar Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, saat peluncuran Xpeng Indonesia, Jumat (28/2).
Bersama Xpeng, lanjut dia, kami memperkenalkan era baru mobilitas cerdas dan berkelanjutan di Indonesia, yang didukung teknologi yang selalu terdepan dan aman, serta memprioritaskan pengalaman
pelanggan serta keunggulan layanan.
Brian Gu, Vice Chairman and President of Xpeng,menambahkan Xpeng mencari mitra yang memiliki visi dan impian sama. Erajaya Active Lifestyle adalah ‘neo-force’ di Indonesia dan merupakan mitra tepat bagi Xpeng di pasar lokal.
Strategi Produksi Lokal
Pada paruh kedua 2025, Xpeng akan memulai produksi lokal di Indonesia dengan fokus awal pada model G6 dan X9, yang dirancang khusus untuk pasar setir kanan. Strategi ini mencerminkan pergeseran menuju pendekatan lebih terintegrasi dan berbasis lokal.
Dengan memproduksi secara lokal dan mengoptimalkan rantai pasok, Xpeng ingin membangun komunitas dengan kepentingan bersama di pasar global melalui teknologi, kapasitas produksi, dan ekosistem kemitraan. Langkah ini memungkinkan perusahaan menghadirkan solusi lebih efisien dan disesuaikan bagi konsumen di Indonesia serta pasar utama lainnya.
Sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Xpeng di Indonesia, ERAL akan memimpin ekspansi pasar merek ini dengan memanfaatkan jaringan ritel kuat dan keahlian distribusi merek premium.
Untuk memastikan pengalaman pelanggan, ERAL akan membangun jaringan diler dan layanan komprehensif, dengan memprioritaskan lokasi strategis untuk layanan 1S (penjualan) dan 3S (penjualan, suku cadang, dan servis) agar lebih mudah diakses.