GETPOST.ID, Tangerang – Daihatsu sudah hadir di pasar otomotif Indonesia sejak 1978 alias 46 tahun silam. Merek otomotif asal Jepang ini merupakan manufaktur otomotif dan produsen mobil terbesar di Indonesia.
Melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu mencapai volume produksi lebih 8 juta unit untuk pasar domestik dan global selama 46 tahun hadir di Indonesia. Bahkan, ADM menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk mobil merek Daihatsu dan Toyota di luar Jepang.
Bagaimana sih proses produksi mobil Daihatsu di Indonesia?
Nah, ADM membagikan urutan produksi mobil Daihatsu di Indonesia. Secara fasilitas, ADM memiliki dua pabrik perakitan di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat, termasuk pabrik terbaru, Karawang II, yang dibangun dengan teknologi terkini dan ramah lingkungan dengan panel surya.
Dimulai dari Press Shop
Proses pertama produksi mobil Daihatsu dimulai dari Press Shop. Lempengen besi dicetak dengan mesin ribuan ton untuk membuat bodi mobil utuh.
Saat bersamaan, mesin mobil juga dibuat di Casting Shop. Di sini, blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi sempurna.
Setelah itu, blok mesin yang sudah jadi dan telah dilakukan tes kualitas, dibawa ke Engine Shop
untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan. Sehingga, dengan teknologi baru
Daihatsu, mesin yang sudah dirakit dengan ketelitian tinggi, tidak perlu dipanaskan sebelum dijalankan.
Selanjutnya, mesin mobil yang sudah dirakit dan bodi mobil yang sudah dicetak, siap disatukan
menjadi mobil utuh di Assembly Shop.
Tahapannya, bodi mobil disatukan di Welding Process. Bodi mobil utuh siap masuk ke proses berikutnya, yaitu pengecatan. Mobil dicelup ke cairan cat dasar dengan teknologi terkini untuk membuat besi tahan karat dan memperkuat cat luar.
Terakhir, dengan bantuan teknologi robotik, cat luar kembali dilakukan untuk menghasilkan bodi mobil agar mengkilap sempurna.
Selanjutnya, proses pemasangan interior dan mesin mobil dilakukan. Untuk mempercepat pengerjaan mobil dan pemenuhan kebutuhan pasar, Daihatsu merakit berbagai jenis mobil pada saat bersamaan dengan presisi, karena semuanya melalui tes kualitas dan pengecekan terus-menerus sesuai dengan standar kualitas produksi global.
Terakhir, mobil utuh yang sudah jadi, dilakukan berbagai macam tes. Seperti drum test untuk uji
pengereman dan water leaking test untuk pengujian apakah bodi mobil bocor atau tidak. Semua
proses dan pengetesan ini ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan pelanggan Daihatsu.
“ADM mengembangkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia, melalui
penerapan proses produksi yang modern dan ramah lingkungan lewat fasilitas pabrik perakitan di
Karawang, Jawa Barat ini. Kami juga memperkuat komitmen ini dengan memanfaatkan energi
yang lebih bersih dan berkelanjutan. Kami berharap pabrik ini mampu menghasilkan produk
terbaik sesuai kebutuhan, dan berkontribusi terhadap pengembangan industri otomotif nasional,”
pungkas Sri Agung Handayani, Corporate Communication Director dan Marketing Director ADM.
I habe been briwsing online morde than 2 houurs today, yet I neveer fiund aany interesting ardticle like yours.
It’s pretty worth enouggh foor me. Personally, iif all wweb ownets and bloggers madde
good content as you did, tthe net will bbe
a lot more useful thann evfer before.