GETPOST.ID, Jakarta – Platform digital Blibli memprioritaskan opsi green delivery di Indonesia. Berkolaborasi dengan Grab, layanan ini direkomendasikan bagi pelanggan yang memesan produk dengan pengiriman instant delivery, yakni jarak maksimal 10 km dari lokasi pick up.
Blibli juga menawarkan subsidi ongkos kirim untuk layanan terbaru ini, sehingga pelanggan berkontribusi pada perluasan adopsi logistik lebih ramah lingkungan. Selain itu, Blibli pun memberikan insentif berupa poin bagi karyawan yang menggunakan transportasi umum, terutama moda transportasi ramah lingkungan untuk bepergian dari dan ke kantor.
Lisa Widodo, Co-Founder & COO Blibli, mengatakan kami berkomitmen terus mengintegrasikan keberlanjutan dalam operasional bisnis. Rekomendasi opsi Green Delivery di platform kami menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional dan rantai pasok. Kerja sama dengan Grab ini juga menunjukkan bahwa kolaborasi dapat menjadi solusi untuk menciptakan rantai pasok yang lebih bertanggung jawab.
Studi PwC Indonesia menyebutkan, 73% dari responden tertarik menjadikan motor listrik sebagai kendaraan tambahan. Sebanyak 22% responden bersedia mengganti kendaraan bahan bakar fosil mereka menjadi kendaraan listrik. Ini menunjukkan masyarakat semakin sadar terhadap urgensi mengurangi emisi serta perubahan pola pikir yang lebih mementingkan lingkungan dan sustainability.
Memasuki bulan ketiga sejak Juni lalu, adopsi penggunaan metode green delivery oleh para pelanggan Blibli yang menggunakan layanan Grab instant delivery mencapai 60%.
“Lewat kerja sama Blibli dan Grab ini, bila layanan green delivery diterapkan secara menyeluruh pada semua pengiriman same day dan instant delivery, Blibli berpotensi mengurangi emisi hingga 26 ton CO2 per tahun. Ini sejalan fokus materiality Blibli Tiket Action – payung program ESG Blibli Tiket untuk mendukung kinerja lingkungan berupa pengurangan emisi,” ujar Lisa dalam siaran persnya, Selasa (1/10).
Rivana Mezaya, Director of Digital & Sustainability Grab Indonesia, menambahkan Grab dan Blibli memiliki semangat sama untuk mengurangi jejak karbon, yang mana sejalan target Grab untuk mencapai netral karbon pada 2040.
“Pengurangan emisi perlu diselesaikan bersama dan memerlukan sinergi multipihak. Kami berharap adopsi penggunaan kendaraan yang lebih rendah emisi ini dapat menginspirasi inisiatif serupa dalam mewujudkan rantai pasok yang lebih bertanggung jawab dan berkontribusi pada kondisi bumi yang lebih baik,” ujarnya.