GETPOST.ID, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kenaikan penjualan ritel sebesar 9% pada Juli 2024. Kategori passenger car dan commercial car sama-sama mengalami eskalasi sebesar 8% dan 11% dibandingkan Juni 2024.
Menariknya, persentase pertumbuhan tertinggi didapatkan model Baleno, kemudian New XL7, dan sebagainya.
Menurut Randy R Murdoko, Dept. Head of 4W Sales SIS, kondisi itu dipengaruhi beberapa faktor seperti kebutuhan dan kepercayaan.
“Pertengahan tahun ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha atau mengantar sekolah. Kami menyadari Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif tersebut dengan tingginya value yang dimiliki secara lebih terjangkau. Di sisi lain, masyarakat urban semakin condong pada model hybrid. Buktinya, kontribusinya sebesar 43% selama Juli 2024,” ujarnya.
Stylish hatchback bermesin 1.500 cc yaitu Baleno, sanggup menorehkan kenaikan penjualan ritel 40% sekaligus mendominasi kompetisi di segmennya. Perolehan manfaat serta nilai dari Baleno dirasakan pelanggan, mampu memberikan kepuasan lebih besar dibandingkan biaya dikeluarkan.
Sedangkan New XL7 naik 20%, yang mana mayoritas (65%) merupakan varian hybrid. Grand Vitara juga tumbuh sebesar 14% dan S-Presso sebanyak 13%.
Secara akumulatif, penjualan produk Suzuki dalam kategori ini tumbuh 18%, dengan pertumbuhan terbesar pada New XL7 Hybrid, yaitu 32%, dan Grand Vitara 14%. Kepercayaan pelanggan terhadap
teknologi rendah emisi dan praktis ditunjang garansi baterai lithium-ion sepanjang 8 tahun.
Kendaraan komersial
New Carry tetap menjadi andalan para pelaku usaha Indonesia. Rajanya Pick-Up ini memperoleh pertumbuhan 11%. Berbekal penyebaran hampir 300 jaringan outlet serta lebih 200 Bengkel Resmi hingga ke pelosok, memberikan ketenangan bagi pemilik unit operasional di mana pun dan kapan saja.
“Kami menemukan beragam alasan dari pelanggan mengapa mereka akhirnya membeli Suzuki. Namun, jawaban paling dominan saat ini adalah pentingnya memiliki mobil efisien dan terasa kualitasnya ketika dikemudikan setiap hari. Dengan begitu, kendaraan dipersepsikan menjadi solusi mobilitas yang bermanfaat, bahkan meringankan kesibukan pemiliknya,” pungkas Randy.