Pentingnya Airbags di Mobil, Hindari Meletakkan Benda di Dasbor

Auto2000 Aftersales Best People Contest 2023

GETPOST.ID, Jakarta– Pada mobil-mobil Toyota terkini, airbag sudah merupakan fitur keamanan yang wajib ada. Bahkan hingga model entry level All New Agya sudah dilengkapi dual airbags untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan.

“Semua mobil penumpang Toyota yang dipasarkan oleh Auto2000 telah dilengkapi dengan safety features airbag. Fitur ini membantu melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan dengan kabin mobil saat kecelakaan. Tapi, airbag tidak dapat berfungsi maksimal kalau AutoFamily tidak paham beberapa hal penting terkait fitur safety ini,” kata Yagmin, Chief Marketing Auto2000.

Read More

Cara Kerja Airbag di Mobil

Airbag akan bekerja jika ECU airbag mengirimkan perintah yang dipicu oleh sensor yang diletakkan di beberapa titik terutama di bagian depan mobil. Sensor yang menerima gaya dalam jumlah besaran tertentu akan memberitahukan ECU bahwa mobil menerima tabrakan besar.

Perintah dikirimkan ke Initiator yang akan membakar Propellant Gain & Enhancer sehingga menghasilkan gas yang akan mengembangkan airbag untuk melindungi penghuni kabin mobil. Proses dari benturan hingga airbag mengembang terjadi sangat cepat, tidak lebih dari 0,2 detik saja.

Pemicu Airbag Mengembang

Tidak sembarangan, airbag akan mengembang jika tingkat benturan di atas ambang yang ditentukan, biasanya pada kecepatan kendaraan sekitar 20-30 km/jam ketika menabrak frontal penghalang diam yang tidak bergerak seperti tembok.

Batas kecepatan yang mungkin lebih tinggi dari 30 km/jam jika membentur sebuah obyek atau penghalang yang dapat bergerak jika tertabrak, seperti menabrak bagian belakang mobil lain. Termasuk benturan keras pada bagian samping dan bawah mobil, tergantung jenis airbag dan sensor yang dipasang.

Mengingat kecepatan ledakan yang sangat tinggi, kontak penumpang dengan airbag dapat menyebabkan memar. Saat mengembang, airbag juga akan mengeluarkan asap putih. Tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan sedikit iritasi pada mata atau kulit. Keadaan ini tetap lebih baik ketimbang tanpa airbag.

Syarat Airbag Dapat Bekerja dengan Baik

Seat Belt Wajib Dipakai

Masalah utama pengguna mobil di Indonesia adalah masih menganggap seat belt mengganggu kenyamanan. Padahal, seat belt atau safety belt atau sabuk pengaman menjaga tubuh supaya tidak terpental saat kecelakaan. Risikonya dapat menghantam kabin atau terlempar keluar mobil yang berpotensi cidera serius.

Selain itu jika tidak memakai seat belt, wajah akan menekan airbag yang sedang mengembang. Akibatnya, AutoFamily akan kesulitan bernapas waktu airbag bekerja. Efek tumbukan antara kepala dan airbag cukup besar tergantung kuatnya tabrakan, risiko minimal adalah cidera leher.

Hindari Meletakkan Benda di Kemudi dan Dasbor Mobil

Dilarang meletakkan benda apapun di kemudi, apalagi menggantinya dengan setir yang bukan standar. Jangan pula merekatkan stiker atau apapun yang dapat mengganggu fungsi airbag di kemudi. Termasuk memasang aksesoris yang dapat mengganggu ketika airbag mengembang.

Ada kasus airbag penumpang tidak bisa keluar karena ada yang memberi perekat pada titik keluarnya airbag di dasbor. Atau meletakkan barang di atasnya seperti kotak tisu, botol parfum mobil, atau boneka pajangan. Benda tersebut terlempar ke arah penumpang dan mengakibatkan cidera serius.

Hati-hati pula saat mengganti panel interior atau jok mobil dengan bahan berbeda karena dapat menghalangi side airbag dan curtain airbag keluar. Konsultasikan dengan service advisor bengkel Auto2000 mengenai keberadaan airbag supaya aman.

Anak Kecil Sebaiknya Duduk di Belakang

Hindari mendudukkan anak kecil di bangku penumpang depan. Airbag yang mengembang dapat berbahaya jika mengenai anak, apalagi mereka bisa sangat panik ketika itu terjadi. Paling tepat adalah anak duduk di belakang menggunakan child seat supaya dapat duduk dengan tenang dan aman. Pakaikan seat belt sebagai upaya mencegah cidera saat kecelakaan.

Ada Kondisi yang Membuat Airbag Tidak Mengembang

Lantaran sensor tidak terpicu, airbag berisiko tidak terkembang meski mengalami tabrakan yang keras, seperti tabrakan dari samping untuk mobil yang belum memiliki side airbag dan curtain airbag. Atau bila mobil terguling tanpa didahului tumbukan dari depan atau samping mobil.

Airbag juga berisiko tidak akan mengembang bila terkena impak tabrakan dari belakang atau kendaraan menabrak obyek yang lebih tinggi seperti bagian belakang truk. Airbag berpotensi pula tidak bisa menunaikan tugasnya kalau tabrakan menyudut atau menabrak tiang tepat di tengah.

Lampu Indikator Airbag

Segera periksa ke bengkel Auto2000 kalau lampu indikator airbag masih ON setelah mesin dinyalakan. Mobil Toyota ada yang memiliki hingga 7-airbags, pastikan AutoFamily sudah membaca buku manualnya. Pastikan pula tidak melakukan kesalahan kecil yang membuat airbag tidak bekerja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *