Indonesia Borong Seluruh Pemenang Subkategori Urban Concept Shell Eco-marathon Asia 2024

Tim pelajar dari Indonesia berhasil menjadi pemenang di tiga subkategori kompetisi Urban Concept pada Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024.

GETPOST.ID, Lombok – Tim pelajar Indonesia berhasil menjadi pemenang di tiga subkategori kompetisi Urban Concept pada Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024.

Tiga tim teratas yang menang di subkategori Internal Combustion Engine (ICE) kategori Urban Concept merupakan juara bertahan tahun lalu. Tim yang meraih posisi pertama adalah  ITS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Mencatat jarak tempuh terbaik, yakni 481,9 km per liter. Ini kemenangan selama dua tahun berturut-turut.

Read More

Raihan Naufal Hafizh, manajer tim ITS Team Sapuangin, menjelaskan tahun ini, kami melakukan beberapa perbaikan untuk transmisi dan bodi kendaraan.

“Kami mengganti beberapa bagian kendaraan dari bahan metal menjadi carbon fibre untuk mengurangi berat kendaraan. Kami juga membuat sistem telemetri untuk memantau kondisi dan perkembangan kendaraan kami,” ujarnya dalam siaran pers.

Untuk pertama kali, tim Weimana Agnijaya dari Universitas Udayana meraih juara pertama dalam kategori Urban Concept menggunakan sumber energi baterai elektrik.

Bayu Saputra, manajer tim Weimana Agnijaya Universitas Udayana, mengatakan kami meningkatkan sistem pengereman untuk jarak tempuh kendaraan yang lebih jauh dan menambah lapisan tambahan pada kendaraan untuk mengelola suhu panas secara efektif. “Kami sangat senang maju ke regional championship dan berharap dapat melampaui skor tahun lalu.”

Berikut daftar tim yang menempati posisi pertama, kedua, dan ketiga di kategori Urban Concept yang melaju ke kejuaraan berskala regional (regional championship) Shell Eco-marathon di Lombok pada hari ini, Sabtu (6/7);

Internal Combustion Engine (ICE) Award

1. ITS Team Sapuangin Indonesia Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Waktu terbaik: 481,9 km per liter

2. GARUDA UNY ECO TEAM Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta
Waktu terbaik: 414,5 km/l

3. ANTAWIRYA GENTAYU Indonesia Universitas Diponegoro
Waktu terbaik: 362,5 km/l

Hydrogen Fuel Cell Award

Semar Urban UGM Indonesia Universitas Gadjah Mada

Waktu terbaik: 177,9 km per m3

Battery-Electric Award

1. Weimana Agnijaya Team Indonesia Universitas Udayana
Waktu terbaik: 189,4 km/kWh

2. Apatte Elang Energi Team Indonesia Universitas Brawijaya
Waktu terbaik: 156,3 km/kWh

3. Arjuna Team Indonesia Universitas Indonesia
Waktu terbaik: 128,1 km/kWh

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *