Alternativa Film Project 2 Digelar di Indonesia, Target Pasar Asia Tenggara

ilustrasi film

GETPOST.ID, Jakarta– Alternativa Film Project kembali digelar pada akhir November 2024. Indonesia terpilih menjadi negara berikutnya untuk menjadi tuan rumah  Alternativa Film Project setelah sukses edisi perdananya pada tahun 2023 yang diadakan di Kazakhstan. Pada edisi kedua mendatang, proyek ini akan memperluas fokusnya pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Ajang penghargaan ini telah dibuka pendaftarannya sejak 17 Juni 2024 dengan mengajak para sineas film dari seluruh negara Asia guna mengirimkan karya berupa film panjang, dokumenter, animasi, dan film campuran untuk berkompetisi.

Read More

Acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas dampak sosial dari film-film industri yang sedang berkembang. Ajang tersebut menghadirkan sistem alternatif untuk memberikan penghargaan kepada para profesional yang memiliki visi untuk menciptakan dampak, dengan membuat mereka lebih terlihat dalam skala global dan memberikan mereka jalan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Pemenang Alternativa Film Project ini akan dipilih oleh Juri Internasional yang terdiri dari sutradara dan produser film dari Asia dan wilayah lain, serta tokoh masyarakat dan perwakilan dari LSM. Acara ini menghadirkan sistem alternatif untuk memberi penghargaan profesional yang memiliki visi untuk menciptakan dampak, dengan membuat mereka lebih terlihat skala global dan memberi mereka jalan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Inisiatif ini memberi penghargaan pada film-film keunggulan artistik yang juga membahas topik sosial dan budaya yang penting, dan memiliki ambisi memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat dan komunitas lokal.

Para Dewan Juri akan mengumumkan pemenang yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, yang dapat bermanfaat dan digunakan dalam kampanye yang berdampak atau pengembangan lebih lanjut dari keterampilan pembuatan film. Total hadiah mencapai USD 100.000, dengan masing-masing pemenang mendapatkan USD 20.000 yang akan diberikan untuk empat kategori film panjang, dan USD 10.000 masing-masing untuk dua pemenang dalam kategori Film pendek.

Liza Surganova, Head Alternativa Film Project, mengatakan dalam siaran pers,”Alternativa Film Awards berfungsi sebagai alat untuk mendukung pengembangan industri film lokal dengan merayakan para pembuat film dari komunitas yang kurang terwakili, yang memiliki kisah-kisah penting untuk diceritakan dan memiliki potensi untuk mempengaruhi lanskap budaya dan sosial.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *