Mr Wang Chuanfu, Sosok Utama Kesuksesan BYD yang Disukai Warren Buffet

Pendiri BYD Company Wang Chuanfu sambangi Indonesia.

GETPOST.ID, Jakarta – Indonesia istimewa bagi BYD Company, pabrikan mobil energi baru atau new energy vehicle (NEV) nomor satu di dunia asal CHina.

Pada Ahad (30/6), sang pendiri BYD,  Wang Chuanfu, hadir di Indonesia. Dia menyambangi kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Tangerang untuk melihat langsung penyerahan simbolis 1.000 unit perdana mobil listrik BYD kepada para konsumen di Indonesia.

Read More

BYD Indonesia mulai memasarkan mobil listriknya pada Februari lalu. Ada tiga model perdana yang dipasarkan: BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal.

BYD Company adalah nama besar di pasar NEV global. Saking inovatifnya, BYD menarik perhatian investor dunia asal Amerika Serikat, Warren Buffet, yang menanamkan modal ke perusahaan ini.

Alhasil, BYD makin terkenal di dunia, begitu juga nama Wang Chuanfu, sang pendiri sekaligus CEO BYD Company.

Founder BYD Company, Wang Chuanfu hadiri penyerahan unit mobil BYD di Indonesia.

Kisah Chuanfu Membangun BYD

Lahir pada Februari 1966 di Cina, bersama sepupunya Lu Xiangyang, Wang Chuanfu mengambil lompatan keyakinan di usia 29 tahun. Di pusat teknologi yang berkembang pesat di Shenzhen, mereka menanam benih impian mereka: BYD. Ini adalah nama perusahaan  besutannya, dengan kepanjangan “Build Your Dreams”.

Sejak berdiri BYD, Wang Chuanfu menganut konsep “berbasis teknologi, berorientasi pada inovasi”. Dengan mengandalkan kekuatan penelitian dan pengembangan (R&D), serta kemampuan inovasi perusahaan, Chuanfu membuktikan komitmennya untuk membangun BYD menjadi perusahaan kompetitif secara internasional.

Fokus awal mereka bukanlah pada mobil, melainkan produk lebih kecil dan umum, yaitu baterai ponsel. Perjalanannya tidak mulus. Tantangan bermunculan, keuangan, dan persaingan semakin ketat. Namun, Wang Chuanfu tetap bertahan. Sebagai seorang ahli strategi, ia mampu melihat gambaran lebih besar dan memahami bahwa baterai adalah kunci masa depan, serta mendukung energi ramah lingkungan.

Saat BYD berkembang pesat menjadi produsen baterai ponsel terbesar di dunia, Chuanfu tidak berpuas diri. Ia melihat keterbatasan bahan bakar fosil dan dampak lingkungannya. Dengan visi berani, ia mengarahkan BYD menuju era mobil listrik. Transisi ini tidak mudah karena produsen mobil lain yang mapan pun banyak yang mencemoohnya. .Namun  Chuanfu tidak gentar.

Ia mencurahkan pengetahuan dan sumber dayanya untuk penelitian dan pengembangan. Mobil BYD, yang terkenal dengan desain ramping dan teknologi baterai inovatif, mulai menarik perhatian dunia.

Selama 29 tahun terakhir, dengan prinsip inovasi teknologi dan kerja keras, BYD berkembang menjadi perusahaan global yang mencakup empat industri utama, yaitu mobil, angkutan kereta api, energi baru, dan elektronik.

Wang Chuanfu membawa BYD dari sebuah perusahaan baterai kecil menjadi produsen baterai terbesar di dunia. Di bawah kepemimpinannya, BYD menjadi pemimpin global dalam industri kendaraan listrik dan mampu melampaui penjualan Tesla pada 2022, serta merebut pangsa pasarnya secara signifikan.

Komitmen Wang Chuanfu terhadap energi bersih adalah ciri khas karyanya. Berfokus pada pengembangan teknologi baterai dan kendaraan listrik mutakhir, BYD melahirkan solusi energi terbarukan dalam mendorong masa depan yang lebih berkelanjutan.

Disukai Investor Amerika Warren Buffet

Kesuksesan global BYD ini juga membuat Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren Buffet, melirik BYD pada 2008.  Investor global ini melakukan investasi sebesar US$ 232 juta. Saat itu Warren Buffet melihat BYD memiliki potensi untuk menjadi besar dengan inovasi dan kecanggihan teknologinya. Meski Warren Buffet cenderung berinvestasi di perusahaan  mapan, karena kemampuannya untuk mengenali bisnis-bisnis undervalued tapi memiliki potensi jangka panjang.

Kepercayaan Buffet pada strategi bisnis, kepemimpinan, dan kemajuan teknologi BYD memainkan peran penting dalam kesuksesan global. Warren Buffet tidak hanya memberikan dukungan finansial, tapi juga berkontribusi pada kredibilitas dan visibilitas BYD di arena bisnis internasional.

Ketika pasar kendaraan listrik (EV) mulai merajai industri otomotif dunia pada tahun 2021, BYD berperan besar di dalamnya. Harga saham meroket dan kepemilikan Berkshire di BYD meningkat hingga US$ 7 miliar. .Investasi awalnya naik menjadi 30 kali lipat. Hubungan investasi antara BYD dan Berkshire Hathaway berdampak signifikan pada kedua perusahaan.

Dalam perjalanan bisnisnya, BYD berkomitmen terhadap inovasi teknologi, yang menjadikannya pemimpin dalam kendaraan energi baru dan dianugerahi banyak penghargaan.

Wang Chuanfu sendiri salah satu anggota pendiri “Komite Penasihat Pembangunan Berkelanjutan” dari Program Pembangunan PBB. Selain itu, atas respons global BYD terhadap iklim, krisis energi, dan masa depan berkelanjutan, ia dianugerahi penghargaan pencapaian seumur hidup “Zayed Future Energy Prize” pada 2014.

Dalam beberapa tahun terakhir, Wang Chuanfu sebagai salah satu dari “The Green 30 for” Bloomberg 2020” dan dinobatkan oleh Fortune pada 2020 sebagai salah satu dari 25 pemimpin terbesar dan orang paling berpengaruh di masa pandemi. Forbes Tiongkok menempatkannya sebagai CEO Terbaik Tiongkok dalam daftar 50 CEO Teratas tahunan mereka secara konsekutif periode 2022-2023.

Sejauh ini, BYD telah mengajukan lebih 48.000 paten secara global dan lebih 30.000 paten secara internasional. Portfolio paten yang kuat ini memungkinkan BYD melindungi kekayaan hak intelektualnya dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar kendaraan listrik.

BYD juga memelopori solusi energi baru tanpa emisi dan mengoperasikan kendaraan energi baru di lebih dari 400 kota di lebih dari 70 negara dan wilayah di enam benua. Pada Agustus 2023, BYD menduduki peringkat ke-212 dalam daftar Fortune Global 500.

Saat ini BYD adalah raksasa di industri kendaraan listrik, sebuah bukti keyakinan teguh Wang Chuanfu terhadap masa depan yang lebih ramah lingkungan. Dia adalah seorang pemimpin yang berani bermimpi besar, seorang pria yang membangun kerajaan bernilai miliaran dolar dari awal, sambil meninggalkan jalur lebih baik dan bersih untuk generasi mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *