Vakum 20 Tahun, Widya Washington Langsung Syuting 3 FTV

widya washington

GETPOST.ID, Jakarta– Widya Washington comeback! Yup, artis pemeran yang telah lama vakum dari dunia televisi  ini siap kembali ke dunia akting yang membesarkan namanya. Belum lama ini Widya, perdana kembali syuting FTV yang berjudul Petaka Mencintai Adik Ipar, kisah nyata yang diproduksi oleh Mega Kreasi Film yang telah tayang pekan lalu di indosiar. Di FTV itu Widya berperan sebagai seorang ibu bernama Hesti dari seorang anak gadis bernama Nayla sang pemeran utama. Tak menunggu lama, seminggu kemudia FTV tersebut sudah tayang, sekaligus melepas kerinduan para penggemar Widya untuk melihat akting dari wanita yang telah vakum selama 20 tahun dari televisi.

Tak menunggu lama, sudah ada 2 judul FTV lagi  yakni Kenapa Kau Nikahi Aku Kalau Masih Mencintai Mantanmu yang disutradarai oleh Sam Sarumpaet. Di FTV ini Widya berperan sebagai seorang ibu dari Andien yang diperankan oleh Ardina Rasti.

Lalu FTV lainnya berjudul Obsesiku Menghancurkan Hidup dan Rumah Tanggaku Sendiri produksi Mega Kreasi Film sebagai ibu dari Kevin Lucas.

“Saya vakum dari dunia akting karena mengikuti suami yang TNI, harus mendampingi suami dimanapun ditugaskan. Jadi mau nggak mau saya harus menentukan pilihan. Dan saya memilih suami yang bertugas,” ujar pemilik nama lengkap Widya Ria Dinata Washington Bastari yang vakum akting di tahun kedua pernikahan.

Kehilangan

Widya Washington dan kedua anaknya

Kembali ke dunia akting sekarang ini bukannya tanpa sebab. Widya Washington ingin melupakan duka lantaran kehilangan suaminya 3 tahun lalu. Pada 2021 saat Delta virus Covid 2019 menyerang, sang suami Hari Widodo yang berpangkat Marsekal Pertama  TNI, Angkatan Udara harus pergi meninggalkan Widya dan dua anak laki-laki, Rio Jati Hari Bastari dan Muhamad Robi Rajwadan Hari Bastari.

Pada 2021 saat varian Delta Covid 19 memakan korban, salah satunya suami Widya. Widya saat itu menunggui suaminya dan meninggal di sampingnya. Tak disangka kedua anaknyapun juga dinyatakan positif. Anak sulungnya langsung masuk ruang isolasi di rumah sakit dan anak bungsunya isolasi di rumah. Widya saat itu sengaja meng-covid-kan dirinya agar bisa menjaga anaknya di RS.

“Saat itu saya sibuk bolak balik mengurus kedua anakku. Jadi saya lupa kalau suamiku sudah gak ada,”kata Widya. “Allah Maha Baik, saat itu saya nggak begitu terasa shock. Allah membuat saya sibuk dengan merawat anak, jadi tidak merasakan kesedihan,” ujar Widya. Suaminya wafat pada 29 Juni 2021.

Widay merasakan sangat kehilangan pada tahun kedua kepergian suami, Widya drop. Hidupnya terasa hancur sekali. Dia menjadi insecure dan menghindari teman-temannya. Widya memilih menyepi tanpa berbaur dengan keramaian.

Tapi akhirnya dia harus realistis, ada 2 anak yang butuh dia untuk tegar. Dia ingin memenuhi keinginan suaminya yaitu menjadikan kedua anaknya juga terjun sebagai TNI seperti keinginan ayahnya.

“Kekuatan itu datang dari Allah. Saya dibuat sibuk, dibuat banyak kegiatan, saya jadi capek dan tidak memikirkan kesedihan karena kehilangan suami. Kalau saya ingat suami, nggak tahulah apa jadinya. Nggak bisa saya bayangkan, nggak sanggup,” ujar wanita berusia menuju 50 tahun ini.

Selama kehidupan perkawinan Widya memang sangat tergantung kepada suaminya, dari hal yang kecil hingga hal yang besar semua diurus oleh suaminya. Widya mengaku kalau dirinya cengeng dan manja. Tapi ketika suaminya wafat, Widya harus tampil sebagai seorang ibu, seorang bapak dan seorang teman di hadapan kedua anak bujangnya. Dia mulai mencuri ilmu pengasuhan anak dari suaminya yang tegas demi kebaikan.

“Karena suami TNI jadi dia tegas mendidik anak, dan aku belajar dari situ. Tadinya nggak tega jadi tega, aku nggak mau anakku jadi lemah. Aku mencuri ilmu suami , aku lebih banyak menjadi teman ke mereka. Aku harus menjadi superwoman, dan Alhamdulillah anak-anak bisa menerimanya. Dan aku juga kaget sendiri ternyata aku mampu, aku kuat. Banyak yang aku contoh dari suami, juga dari buku dan melihat dari lingkungan sekitar,” kata Widya.

Kembali ke Dunia Akting

Widya Washington on screen

Widya mengaku beruntung memiliki teman-teman yang baik dan mengerti kondisinya. Teman-teman dari entertainment mengajaknya untuk syuting FTV  dan bisa dibilang ini titik balik Widya kembali terjun ke dunia akting.

“Alhamdulillah ini bisa mengobati duka aku,” sahut Widya dengan rasa syukur.

Di FTV Petaka Mencintai Adik Ipar, untuk percobaan awal Widya muncul 10 scene. Untuk menyegarkan aktingnya kembali, Widya belajar dari Susilo Badar yang dikenal sebagai coaching akting bagi artis-artis besar seperti Luna Maya, Reza Rahardian, dan lainnya. “Dia coach the best di Indonesia. Aku sangat bersyukur mendapatkan pelatih yang amat sangat ahli di bidangnya. Bisa melancarkan aku akting lagi karean awalnya aku kaku sekali,” kata Widya yang pernah terlibat di sinetron Hologram (2021) produksi Multivision Plus.

Sebelum muncul di FTV ini, Widya ternyata pernah terlibat menjadi produser sekaligus pemain dari sebuah film pendek yang tayang di Youtube. Film pendek bertajuk Melanggar Kodrat 2 dan Hilangnya Tiang Bendera Kami. Film tersebut diproduksi oleh Widya Washington Production.

“Kasihan kalau harus menunggu tayang di bioskop karena membutuhkan budget yang besar, tayangnya lama pula, jadi yang penting dapur mereka bisa ngebul tayang di Youtube. Dan PH aku ini masih tahap merintis semoga ke depannya lebih banyak lagi film yang bisa diproduksi,” kata Widya. Widya juga pernah terlibat film layar lebar, Srigala Langit kerjasama dengan Dinas Penerangan TNI AU.

Widya menyadari dirinya sudah tidak muda lagi. Dia mengaku di usianya ini peran yang diberikan tentu terbatas apalagi Widya memiliki tujuan lain yakni bisa berdakwah dalam dunia akting. “Hijab ini untuk aku sekalian berdakwah secara sederhana melalui penampilannya di dunia akting,” ucap wanita yang juga jago melukis ini. Tapi dia masih punya mimpi yakni bisa meraih piala penghargaan di dunia akting .

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *