Meriah, Upacara HUT ke-497 Jakarta Dihelat di Lapangan Monas

HUT ke-497 kota Jakarta dihelat di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

GETPOST.ID, Jakarta – Acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 kota Jakarta digelar hari ini, Sabtu (22/6). Dimulai dengan upacara pagi hari di Lapangan Silang Monas sisi barat dengan rangkaian acara megah dan meriah.

Upacara ini juga diikuti warga Jakarta dan tamu undangan dari berbagai elemen, seperti jajaran TNI, Polri, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Seniman dan Budayawan, Lembaga Sosial Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Profesi, Media, dan penggiat media sosial.

Read More

Acara dimulai dengan defile pasukan upacara yang diiringi Korps Musik Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. Kemudian, pembacaan sejarah singkat Jakarta oleh Maudy Koesnadi (None Jakarta 1993), Alya Rohali (Puteri Indonesia 1996), dan Valerina Daniel (None Jakarta 1999) yang divisualisasikan dengan tari kolosal persembahan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertindak sebagai inspektur upacara. Dia menyampaikan, sebagai sebuah kota, Jakarta melalui perjalanan sejarah yang panjang. Dimulai dari pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa, hingga menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Dengan segala dinamika dan tantangannya, Jakarta menjadi tujuan para pendatang untuk meraih peluang dan mewujudkan mimpi atas kehidupan lebih baik.

“Tekad untuk meraih asa itulah yang mendorong Jakarta terus tumbuh dan berkembang mencapai potensi terbaiknya dalam mewujudkan kesejahteraan warga,” ungkapnya.

Pj Gubernur Heru juga berharap untuk usia baru Kota Jakarta. Momentum ini tidak hanya menjadi perayaan pergantian usia, tapi juga merayakan semangat baru Kota Jakarta yang sedang bergerak menuju pembaruan.

Dengan disahkan Undang-Undang No 2/2024 tentang Daerah Khusus Jakarta, menandakan ini tahun terakhir Jakarta merayakan ulang tahun sebagai Ibu Kota Negara. Meski demikian, Heru optimis Jakarta tidak akan memudar pesonanya dan terus tumbuh menjadi kota global dan pusat perekonomian nasional.

“Ini kesempatan untuk berbenah, meningkatkan pembangunan infrastruktur, kualitas hidup warga, sekaligus menghadirkan wajah baru Jakarta yang layak huni dan berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam upacara tersebut, Pj Gubernur Heru juga memberikan penghargaan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi DKI Jakarta atas Pemberian Jasa Layanan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara kepada Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama 2023-2024.

“Saya juga berterima kasih kepada jajaran Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi DKI Jakarta atas sinergi dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk masyarakat Jakarta, serta sertifikasi Barang Milik Daerah (BMD) tanah aset Pemprov DKI Jakarta dan pengadaan tanah bagi pembangunan kepentingan umum,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Pj. Gubernur Heru berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung setiap pencapaian Kota Jakarta. Ia berharap seluruh elemen masyarakat terus bersinergi dalam membangun kota.

“Kerja keras, dedikasi, dan kebersamaan diperlukan dalam menghadapi rintangan agar Jakarta terus melaju untuk menyokong Indonesia bertumbuh. Mari maknai usia dan status baru Kota Jakarta dengan tekad mewujudkan masa depan Jakarta sebagai Pusat Perekonomian Nasional dan Kota Global yang mempesona,” pungkasnya.

Sementara, salah seorang warga Jakarta, Oca, mengaku gembira diundang oleh panitia untuk mengikuti upacara HUT ke-497 Kota Jakarta. Momen tersebut baru diikuti pertama kalinya.

“Ini pertama kali mengikuti HUT Jakarta secara langsung. Sebelumnya saya malah cuma lihat di TV. Dan yang pasti senang bisa melihat acara, suguhannya banyak,” ujar Oca.

Ketika tidak lagi menjadi Ibu Kota, Oca berharap pemimpin Jakarta kelak amanah dalam menjalankan tugas. Semoga kemacetan bisa teratasi, tidak ada lagi banjir, dan pemimpinnya semoga amanah.

Sesaat setelah upacara, para tamu undangan menyaksikan penayangan video ucapan HUT ke-497 Jakarta dari laut Jakarta dan seluruh penjuru Jakarta, persembahan lukisan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta oleh pelukis difabel Audrey Angesti, dan arak-arakan kebudayaan Betawi, meliputi musik Tanjidor, Ondel-Ondel, dan Kembang Kelapa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *