Strategi Menang di Pilkada Jakarta: Gandeng KH Lutfi Hakim

KH Lutfi Hakim menjadi bakal calon gubernur di pilkada Jakarta 2024.

GETPOST.ID, Jakarta – Imam Besar Forum Betawi Rempug (FBR) KH Lutfi Hakim dinilai dapat menjadi pendamping ideal bagi politikus yang maju pada kontestasi pemilihan gubernur (pilgub) Jakarta  Oktober tahun ini. Sebab KH Lutfi menjadi magnet bagi publik sebagai reprentasi tokoh lokal, masyarakat Betawi.

Perlu diketahui, KH Lutfi Hakim secara resmi mendaftar bakal calon gubernur (bacagub) di pilkada DKI Jakarta 2024 melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Read More

Irfan Ghani, Koordinator Tim Perda Lembaga Adat dan Kebudayaan Betawi dari Kaukus Muda Betawi, mengatakan selain Betawi, KH Lutfi merupakan ‘kelompok kanan, terutama agamis,  yang mana ini bukan kelompok kecil pemilih di Jakarta. Faktor ini juga harus dihitung oleh lawan politiknya, apalagi Lutfi Hakim berjiwa pluralisme.

“KH Lutfi menjadi opsi bagi Anies Baswedan atau Ridwan Kamil karena representasi kelompok agamis sekaligus putra Betawi. KH Lutfi bahkan berpeluang menggaet pemilih etnis Betawi karena beliau salah satu tokoh Betawi,” ujar Irfan dalam siaran persnya.

Perlu diketahui, KH Lutfi Hakim saat ini menjabat Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jakarta. Kemudian Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Bidang Seni dan Budaya.

“Sekalipun lekat dengan kelompok agamis, kehadiran KH Lutfi tak memicu resistensi  pendukung mana pun yang cenderung berasal dari kelas menengah atas. Sebab, KH Lutfi berasal dari NU,” jelasny.

Menurut Irfan yang kenyang pengalaman politik di Jakarta, kemampuan meraih dukungan dari banyak kelompok pemilih sangat penting untuk memenangkan sebuah kontestasi. Apalagi Jakarta masih menjadi barometer politik nasional sekalipun tidak berstatus ibu kota negara lagi.

Apalagi pada pemilu 2024, PDIP tidak lagi menjadi partai pemenang di Jakarta. Justru PKS sebagai pemenang. Ini menandakan pemilih agamis cukup sentral untuk didekati.

Ormas Betawi Bersatu

Sebelumnya, Dekan FISIP Universitas Krisnadwipayana Ade Reza Hariyadi berpendapat Pilgub Jakarta 2024 menjadi peluang besar bagi masyarakat Betawi. Sebab menjadi momentum politik yang strategis bagi tokoh Betawi dalam kontestasi politik lokal. Apalagi, status Jakarta kini menjadi DKJ (daerah khusus Jakarta).

“Wajar sekali kalau sekarang ada aspirasi politik pada pilgub Jakarta dari masyarakat Betawi,” ujarnya.

Menurutnya, dari pendekatan kelembagaan, Betawi cukup plural. Agar berpeluang mengusung tokoh Betawi di Jakarta, maka masyarakat Betawi harus bersatu.

“Kan di Jakarta secara kelembagaan, Betawi lebih dari satu. Ini harus digalang solidaritasnya,” katanya.

Betawi punya potensi cukup besar untuk menang di pilkada tahun ini. Caranya melakukan bargaining dengan partai politik. .

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *