IKEA Back to School, Siapkan Ruang Belajar yang Nyaman

IKEA back to school

GETPOST.ID, Jakarta– Momen menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama untuk memulai kembali rutinitas anak, dan mengembalikan semangat sekolah mereka setelah melewati libur panjang.

Peran orang tua dalam mendukung anak menjelang hari pertama ajaran baru menjadi sangat penting, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan diri yang akan menjadi pondasi dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.

Read More

IKEA Indonesia berkomitmen untuk mendampingi para orang tua dan anak dalam melakukan segala persiapan hari pertama sekolah secara maksimal melalui program Back to School.

Ririn Basuki selaku Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia mengatakan program Back to School yang diadakan oleh IKEA Indonesia bertujuan untuk memberikan tips dan inspirasi kepada para orangtua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diterapkan di rumah.

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Visi utama IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, IKEA sebagai solusi belanja serba ada untuk mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan kembali ke sekolah, menyediakan berbagai macam produk untuk menunjang aktivitas anak, seperti perabot ruang belajar, alat tulis sampai dengan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak di tahun ajaran baru ini, ” papar Ririn dalam jumpa pers IKEA Back to School beberapa waktu lalu di IKEA Mall Taman Anggrek, Jakarta.

Persiapkan hari pertama sekolah anak tanpa khawatir

Tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapapun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali ke sekolah. Wajar jika anak-anak (dan orang tua mereka) merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu bersiap menghadapi tahun ajaran baru.

Persiapan kembali ke sekolah seringkali membuat orang tua lebih mudah stres karena banyaknya keperluan yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat. Psikolog anak Fabiola Priscilla M.Psi menjelaskan bahwa stres pada orangtua sebelum hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar dan dapat diatasi dengan persiapan matang. Seperti misalnya belanja kebutuhan alat sekolah bersama anak, alokasi waktu tidur anak yang cukup, menciptakan rutinitas pagi yang konsisten, serta penggunaan solusi penyimpanan untuk mengakses barang kebutuhan sekolah anak dengan lebih mudah di pagi hari. Dengan melakukan hal ini, anak dapat berangkat sekolah di hari pertama dan seterusnya dengan percaya diri.

“Melakukan berbagai macam persiapan sekolah dengan matang dapat membantu mengajarkan keterampilan hidup yang penting pada anak seperti kemandirian, tanggung jawab dan manajemen waktu,” ujar Fabiola. Fabiola juga mengatakan sebaiknya sejak usia 2 tahun anak sudah diajarkan untuk mandiri, hal ini bisa membantu jika waktunya tiba sehingga bisa mandiri dalam mempersiapkan alat sekolah

Ciptakan ruang belajar yang aman dan nyaman untuk anak di rumah

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memilih perabot untuk ruang belajar anak yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tentunya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya, orang tua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” ujar Dimas Haryo Wirawan, Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek.

Dengan adanya upaya yang dilakukan orangtua dalam menyiapkan kebutuhan dan area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah, tentunya akan membantu anak-anak lebih siap menghadapi kegiatan belajar di tahun ajaran baru dengan antusias.

Dalam ruang belajar yang ditampilkan, lebih kepada anak usia dini ketika baru masuk sekolah. Meja bisa diatur menyesuaikan tinggi si kecil, dan usahakan ruang belajar yang sesuai keinginan anak untuk menyambut hari pertama sekolah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *