Pertamina Renjana Cita Srikandi, Komitmen Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Pertamina Renjana Cita Srikandi, Wujud Kebangkitan Perempuan Indonesia

GETPOST.ID, Jakarta– PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia. Hal tersebut diwujudkan melalui gelaran Pertamina Renjana Cita Srikandi yang berlangsung di The Dome Senayan Park, Jakarta, Sabtu 18 Mei 2024. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, festival akbar pemberdayaan perempuan ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mendukung dan memajukan peran
perempuan di berbagai bidang. Sesuai dengan tagline Energizing You Elevating Each Other, menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi tonggak terciptanya kesetaraan dan pemberdayaan perempuan Indonesia, untuk dapat memiliki bekal yang kuat dan bermanfaat bagi lingkungannya.

“Harapan saya melalui Pertamina Renjana Cita Srikandi ini perempuan Indonesia bisa berkomitmen untuk dapat meningkatkan kompetensi diri dan berkolaborasi, sehingga dapat menjadikan perempuan Indonesia yang unggul dan berkarakter di tingkat global guna mengoptimalkan peranan perempuan dalam pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif,”ungkap Nicke dalam siaran pers.

Read More

Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini menambahkan, melalui kegiatan ini Pertamina juga ingin menyampaikan pesan bahwa perusahaan berkomitmen mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), dimana salah satunya terkait dengan women empowerment.

“Pertamina secara korporasi berkomitmen untuk menjaga secara keberlanjutan terkait dengan lingkungan, sosial kemasyarakatan, juga dengan tata kelola yang baik,” ujar Emma.

Pada kesempatan yang sama, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan Pertamina memiliki komitmen meningkatkan peran perempuan dalam memajukan sektor energi. Menurutnya, kegiatan ini juga sejalan dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024, dengan memberdayakan peran perempuan sebagai tonggak perubahan untuk pembangunan bangsa menuju Indonesia emas.

“Kegiatan ini sekaligus dukungan Pertamina terhadap perempuan Indonesia untuk bangkit dalam meningkatkan kapabilitas dan menjadi bagian agen perubahan untuk Indonesia,”jelas Fadjar. Fadjar menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan kebijakan Kementerian BUMN yang mendorong target proporsi perempuan mengisi jabatan-jabatan strategis, dimana sebelumnya telah ditetapkan Kementerian BUMN, yakni sebesar 25 persen.

“Di Pertamina kita sedang mengusahakan untuk mencapai target 25 persen tersebut, melalui beberapa strategi, salah satunya melalui program Pertiwi yang bertujuan untuk lebih mengoptimalkan peran perempuan agar bisa jadi pemimpin masa depan. Berbagai posisi strategis sudah diisi oleh perempuan, diantaranya Direktur Utama dan Direktur Keuangan Pertamina, serta jajaran Direksi perempuan di Sub Holding maupun Anak Perusahaan,” jelasnya lebih lanjut.

Pertamina Renjana Cita Srikandi merupakan festival pemberdayaan perempuan Indonesia dengan mengusung tema Energizing You, Elevating Each Other. Ajang ini merupakan kompetensi perempuan Indonesia secara individu ditingkatkan sekaligus saling berkolaborasi antar perempuan guna memajukan peranan perempuan Indonesia di mata dunia.

Acara ini menghadirkan ragam suguhan yang sangat menarik. Mulai dari talkshow dengan narasumber yang kompeten, pameran UMKM, hingga penampilan dari artis-artis kenamaan. Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social Governance (ESG) di seluruh lini
bisnis dan operasi Pertamina.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *