Honda Ungkap Empat Strategi Global di Kendaraan Elektrifikasi 2040

Honda Motor Co Ltd paparkan rencana global di kendaraan elektrifikasi hingga 2040.

GETPOST.ID, Tokyo – Honda Motor Co Ltd menegaskan komitmen untuk memenuhi target pencapaian 100% produk elektrifikasi pada 2040. Untuk itu, Honda mengumumkan berbagai pendekatan komprehensif, yang mencakup penetapan target untuk penjualan mobil listrik (EV), restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya, memperkenalkan model EV yang inovatif, dan investasi finansial signifikan.

Hal ini disampaikan Toshihiro Mibe selaku Director, President and Representative Executive Officer (Global CEO) Honda Motor Co Ltd di Tokyo, kemarin (21/5).

Read More

Pendekatan pertama penetapan target untuk penjualan EV, Honda tetap percaya kendaraan listrik adalah solusi paling efektif untuk produk mobilitas kecil seperti sepeda motor dan mobil. Honda mempunyai target 100% untuk produk EV dan FCEV dari penjualan kendaraan global pada 2040.

Honda juga melihat pada periode popularisasi EV, membangun merek EV yang kuat serta fondasi bisnis EV yang kokoh sebagai perspektif jangka menengah hingga jangka panjang Honda.

Pendekatan kedua,  restrukturisasi pengadaan dan produksi untuk mengurangi biaya. Fokus utama Honda pada produksi baterai. Untuk itu, Honda berupaya mengurangi biaya produksi baterai di Amerika Utara, targetnya lebih 20% dibandingkan biaya saat ini pada 2030. Honda juga akan membangun struktur bisnis  kompetitif dengan tujuan mengurangi biaya produksi keseluruhan sekitar 35%. Honda memiliki pandangan positif untuk mengamankan produksi baterai yang cukup untuk memenuhi sekitar 2 juta unit EV per tahun.

Honda juga akan memperkenalkan model EV yang inovatif sebagai pendekatan ketiga. Pada ajang CES 2024, Honda memperkenalkan kendaraan listrik unik serta atraktif, dimulai dari Honda 0 Series. Model ini akan berperan penting dalam strategi mobil EV Honda.

Dengan pendekatan baru “Thin, Light, Wise”, Honda meluncurkan 2 model konsep: Saloon dan Space-Hub. Yang mana model ini akan diproduksi massal pada 2026 untuk pasar Amerika Utara, kemudian global. Setelah itu, diikuti model lain, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Total ada tujuh model.

Untuk model hybrid-electric (e:HEV), Honda akan lebih memperluas lini produknya secara global. Ada 10 model EV pada 2027 dan targetnya 100% penjualan mobil EV pada 2035 di Tiongkok. Pada tahun ini, Honda meluncurkan Seri “Ye”, mendampingi Seri e:N yang mulai dijual saat ini.

Sedangkan di Jepang, Honda akan mulai dengan produk mini-EV komersial,  yaitu N-VAN e: yang mulai dijual pada musim gugur 2024. Honda juga akan memperkenalkan secara bertahap mini-EV untuk mobil pribadi pada 2025, serta kendaraan listrik mini pada 2026.

Keempat, Honda berinvestasi finansial signifikan: rencana investasinya sekitar 10 triliun yen untuk pengadaan berbagai sumber daya, demi tercapainya popularitas periode EV selama periode 10 tahun hingga 2031.

Bagaimana di Indonesia?

Di Tanah Air, Honda telah memasuki era elektrifikasi dengan meluncurkan dua produk hybrid, yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV.

Sedangkan untuk kendaraan listrik, Honda memasuki tahap riset dan pengenalan. Yang mana sebagai bagian dari riset tersebut, Honda telah melakukan kolaborasi bersama Universitas Indonesia (UI) dan PT Pertamina.

Kemudian untuk tahap pengenalan, Honda berkolaborasi dengan Jakarta Good Guide untuk berkeliling Jakarta menggunakan produk teknologi elektrifikasinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *