Tips Rawat Mobil Kesayangan Pasca Mudik Lebaran ala Daihatsu

Bengkel resmi Daihatsu siap melayani para pemudik Lebaran 2024.

GETPOST.ID, Jakarta – Momen libur Lebaran usai dan masyarakat kembali melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing. Bagi sebagian masyarakat, libur Lebaran diisiĀ  aktivitas mudik ke kampung halaman dengan menggunakan mobil pribadi.

Selama perjalanan mudik, beragam kondisi seperti kemacetan lalu lintas, variasi medan jalan, cuaca, dan hal lainnya dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri. Karena itu, Daihatsu bagikan tips untuk segarkan kembali kendaraan agar dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang
dan waktu lama.

Read More

Berikut tips pengecekan kendaraan dan perawatan mobil pascamudik agar aktivitas berkendara sehari-hari tetap aman, nyaman, dan menyenangkan:

1. Ganti Oli Mobil. Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan sebelum pergi mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban dan kaki-kaki. Sebagai penggerak utama mobil, kondisi ban wajib diperhatikan secara berkala. Selain mengukur tekanan ban, Spooring dan Balancing sangat penting dilakukan menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang. Terlebih, komponen penting ini memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

3. Periksa Komponen Rem. Perjalanan panjang dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Oleh itu, pastikan komponen ini dalam keadaan baik, mulaiĀ  dari kualitas minyak (oli) rem, kondisi kampas rem, dan piston rem.

Ajang Daihatsu National Skill Contest 2024 digelar pada 26 Februari 2024.

4. Filter Bahan Bakar. Ketersediaan bahan bakar di setiap stasiun pengisian selama perjalanan mudik dapat bervariasi. Pastikan Sahabat juga mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya bila perlu untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Ganti Air Radiator. Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Oleh karena itu, mobil berkompresi tinggi dihimbau untuk menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

6. Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil. Sebagai sumber daya utama kelistrikan pada mobil.
Aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, Audio, dan mesin berjalan dengan optimal. Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah di check dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

7. Lampu dan Wiper. Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan ganti dengan yang baru agar dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara dalam kondisi hujan.

8. Filter Pendingin dan AC. Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *