7 Rekomendasi Oleh-oleh Magelang, Nomor 5 Bikin Ketagihan

Carica, oleh-oleh Magelang. Foto: getpost.id

GETPOST.ID, Magelang- Berkunjung ke suatu daerah tanpa membeli oleh-oleh rasanya kurang lengkap. Apalagi jika berupa makanan khas daerah tersebut, sehingga memberikan cita rasa berbeda karena keunikannya. Getpost.id, memberikan rekomendasi oleh-oleh apa saja yang perlu dibawa pulang ke rumah untuk diberikan kepada tetangga, saudara atau sahabat.

Ini 6 rekomendasi oleh-oleh dari Magelang yang bisa dibawa pulang.

Read More

Getuk

Getuk, oleh-oleh Magelang. Foto: Getpost.id

Getuk trio merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang yang cukup terkenal. Getuk ini terbuat dari singkong yang diolah secara khusus sehingga menghasilnya tekstur yang lembut dan pulen. Rasa getuknya manis tapi lebih legit.  Selain getuk trio sebetulnya ada pula mereka getuk lain yang tak kalah populer, salah satunya adalah getuk eco.

Intip Madu

Intip Madu, Makanan Khas Magelang. Foto: Getpost.id

Intip madu adalah kerupuk yang terbuat dari kerak nasi yang ada di liwet an ibu ibu setelah memasak nasi, kerak tersebut dikeringkan dibawah sinar matahari kemudian digoreng dengan minyak panas lalu ditaburi madu di atasnya. Pas untuk teman minum teh atau kopi.

Nopia

Nopia, oleh-oleh Magelang. Foto: Getpost.id

Nopia merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang bahan bakunya terbuat dari tepung terigu dan gula kelapa/gula jawa. Proses pembuatannya, adonan tepung terigu dibentuk bulat lonjong seperti telur dan diisi gula jawa. Kemudian dipanggang di dalam tungku hingga mengembang dan kering. Nopia ini mempunyai aneka rasa atau aroma seperti : rasa cokelat, durian, cocopandan, nanas dan aneka rasa lainnya. Nopia ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena dapat disimpan dalam waktu yang relative lama.

Carica

Daging buah carica yang tebal kebanyakan diolah menjadi manisan dalam berbagai ukuran kemasan. Manisan ini sangat lezat ketika dinikmati dalam keadaan dingin. Tekstur manisan carica sangat khas, dengan irisan daging buah yang tebal dengan tekstur lembut sedikit renyah, dan aroma wangi khas yang menggoda.

Baca Juga:
– Makan Siang di Danau Abah BSD, Ditemani Pemandangan yang Asri 
 Restoran Taliwang Bali, Kaya Bumbu Rempah dari Resep Turun Temurun
– Bali Timur Identik dengan Tradisional, Ini Keindahan dan Tradisinya
– Tren Bisnis Street Food, Jessica Deandra Lebih Memilih Bisnis Kuliner Khas Bali

Ledre

Ledre

Ledre merupakan jajanan tradisional khas Solo yang berbahan dasar pisang, ketan, dan kelapa. Zaman dulu, ledere dibuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan lalu ditambah santan.

Namun sekarang, ledre terbuat dari ketan yang sudah matang untuk mempercepat waktu pembuatan. Setelah ledre matang, pisang kemudian ditambahkan sebagai topping. Dimakannya renyah mirip krepes dan bikin ketagihan.

Tape Ketan Hitam

Tape

Tape ketan merupakan makanan tradisional yang sangat populer di masyarakat Jawa. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai hidangan spesial pada saat Lebaran atau saat-saat tertentu seperti upacara adat, hajatan, dan acara keagamaan lainnya. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang difermentasi dan memiliki rasa yang manis dan lengket.

Keripik Pisang Cokelat

Keripik Pisang Cokelat. Makanan Khas Magelang. Foto: Getpost.id

Keripik pisang banyak ditemui di beberapa daerah di Indonesia untuk dijadikan oleh-oleh, di Magelang ada nama khas nya yaitu keripik pisang centik dengan taburan cokelat premium. Proses pembuatan keripik pisang ini sangat sederhana. Pertama-tama bahan baku pisang terlebih dulu dikupas untuk meghilangkan kulitnya sampai bersih. Setelah bersih, selanjutnya dibentuk tipis-tipis dengan alat khusus. Setelahnya siap digoreng sebanyak tiga kali. Penggorengan pertama untuk mengeringkan, yang kedua memberi rasa dan ketiga untuk menghilangkan tekstur dari bekas gula.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *