Ketika Konsumen Kesengsem Mobil Listrik Wuling, Kini No 1 di Indonesia

Wuling makin kuat di segmen mobil listrik di Indonesia dengan perkenalkan Cloud EV di IIMS 2024.

GETPOST.ID, Jakarta – Usai menjenguk kerabat yang sakit di Bekasi, Firdaus (46) bergegas menuju JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Senin (19/2). Pameran otomotif bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 jadi tujuan pengusaha di bidang teknologi komputer ini.

Ya, IIMS 2024 menjadi agenda utama Firdaus yang punya kebutuhan membeli mobil listrik.

Read More

“Saya perlu mobil listrik untuk kebutuhan mengantar anak-anak ke sekolah sekaligus menghindari kebijakan ganjil-genap setiap pagi. Dengan punya mobil listrik, masalah saya selesai,” ujar Firdaus yang harus menggunakan dua mobil berbeda setiap mengantar anaknya ke sekolah.

Setelah mengelilingi arena pameran IIMS, Firdaus akhirnya berlabuh ke booth Wuling Motors di Hall D JIExpo Kemayoran.

Menurutnya, kebutuhan mobil listriknya kali sederhana dengan mobilitas jarak dekat: mengantar anak-anak ke sekolah. Sehingga diperlukan mobil listrik yang cocok dengan kebutuhan tersebut.

Pilihan Firdaus: antara Wuling Air ev atau Wuling BinguoEV. Sementara pilihan alternatif, Wuling Cloud EV. Namun, mobil listrik terbaru Wuling ini baru perkenalan saja di IIMS tahun ini.

“Pilihan tertuju pada BinguoEV, karena kabinnya lega sehingga anak-anak dapat duduk nyaman di jok belakang,” pungkas dia pada getpost.id di booth Wuling IIMS 2024.

Sebut saja Mawar, warga Bekasi, juga bergegas ke booth Wuling di IIMS 2024 pada hari  yang sama. Ibu yang baru melahirkan ini mantap ingin meminang mobil listrik mini Air ev warna pink untuk mobilitas ke kantor.

Ditemani sahabatnya, Mawar langsung mencari tenaga penjual dan banyak bertanya soal mobil idaman itu.

“Dia memang suka banget dengan Air ev, apalagi  warna pink,” ujar sang sahabat pada getpost.id. Sementara Mawar tampak asyik mengobrol dengan tenaga penjual sambil sesekali melihat detail Air ev pink di hadapannya.

Pilihan warna yang eye catchy seperti pink, memang menjadi daya tarik Air ev terutama bagi konsumen perempuan.

Nomor 1 di Segmen EV Indonesia

Ya, Wuling Motors banyak mengubah pasar mobil listrik (EV) di Indonesia.

Jenama otomotif asal China ini melakukan demokratisasi segmen EV di Indonesia sejak memasarkan mobil listrik mini Air ev pada 2022.

Dengan harga terjangkau mulai Rp 190 juta untuk tipe Air ev Lite, Wuling membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia menggunakan mobil listrik untuk mobilitas hariannya. Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini dikenal sebagai compact city car yang simpel, smart, efisien dengan jarak tempuh 200-300 km.

Terbukti Wuling menjadi pemain mobil listrik No 1 di Indonesia. Total penjualannya mencapai 12 ribu unit. Sementara di pasar global, Wuling berada di peringkat ketiga degan volume 1,6 juta unit.

Sukses dengan Air ev, Wuling Motors memasarkan mobil listrik kedua. Namanya BinguoEV pada akhir 2023.

Masih pendekatan harga jual terjangkau, BinguoEV juga menarik perhatian publik. Dengan rentang harga Rp 317-372 jutaan, BinguoEV juga panen order. Karena menawarkan dimensi lebih besar plus bagasi yang proper. Punya jarak tempuh 333 km hingga 410 km, BinguoEV dikenalkan sebagai hatchback EV yang stylish, iconic, dan spacious.

Data Gaikindo menyebutkan, penjualan BinguoEV periode Desember 2023-Januari 2024 mencapai 3.269 unit. Artinya setiap bulan BinguoEV terjual 1.600 unit lebih. Sebuah raihan cukup besar untuk mobil listrik anyar.

“Kami berterima kasih kepercayaan konsumen menjadikan Wuling sebagai merek kendaraan listrik nomor 1 di Indonesia. Di dalam negeri, Wuling berkiprah di segmen kendaraan listrik sejak 2022 dan mendapat sambutan yang hangat dengan menjadi brand EV paling laris di Indonesia. Kami pun memproduksi seluruh lini kendaraan listrik di pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat. Semua EV Wuling juga mengantongi komponen lokal (TKDN) lebih 40% sesuai regulasi. Selain pasar domestik, kendaraan listrik Wuling juga ekspor ke mancanegara. Sehngga Wuling satu satunya produsen otomtif di Indonesia yang mengekspor mobil listrik,” ujar Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors, baru-baru ini.

Wuling perkenalkan model terbaru, Cloud EV, di IIMS 2024.

Wuling Cloud EV

Tak puas dengan dua jagoan; Air ev dan BinguoEV, Wuling Indonesia kembali memantik konsumen mobil listrik dengan memperkenalkan mobil listrik terbaru: Cloud EV.

Mobil listrik ketiga Wuling ini punya jarak tempuah di atas dua pendahulunya, yakni 460 km hingga 505 km. Sebuah jarak tempuh yang sangat menarik.

Dian Asmahani, Sales & Marketing Director Wuling Motors, menjelaskan alasan Wuling memajang Cloud EV di IIMS tahun ini.

“Sesuai semangat ‘Drive For A Green Life’ dan sejalan dengan gerakan ‘This is my EV Way’ yang memiliki ABC stories, Wuling mewujudkan A di Air ev, B dengan BinguoEV, dan kini C akan dibuka dengan Cloud EV. Ini wujud komitmen kami hadirkan berbagai jenis kendaraan listrik bagi masyarakat Indonesia. Kami bangga menampilkan eksterior dan interior Wuling Cloud EV, sebuah inovasi kendaraan listrik yang menonjolkan desain elegan serta menyajikan kenyamanan lebih bagi para penggunanya,” jelas Dian saat membuka selubung Cloud EV di panggung booth Wuling.

Kini, publik tinggal menungggu pengumuman harga jualnya. Seperti biasa, Wuling akan mengejutkan konsumen otomotif Indonesia saat mengumumkan harga Cloud EV. Mari kita tunggu bersama!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :