Toyota Veloz dan Avanza Produksi 2021-2023 Kena Recall, Ini Problemnya!

All New Toyota Veloz.

GETPOST.ID, Jakarta – Pengurus pusat komunitas otomotif AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) mengumumkan informasi penarikan kembali alias recall mobil Toyota Veloz dan Avanza di akun resmi Instagram pada Selasa sore (13/2).

Dikutip dari akun @avanzaxenia_indonesiaclub, PP AXIC periode 2023-2025 menyebutkan, info recall terkait dua model mobil MPV andalan Toyota:

Read More
  1. Veloz tahun produksi Oktober 2021-Agustus 2023
  2. Avanza tahun produksi November 2021-September 2023

Dikatakan recall diperlukan, sebab ada problem bagian Front Door Side Impact Beam yang kurang sempurna pemasangannya, khususnya tahun produksi November 2022.

Akibatnya, ada risiko perlindungannya tidak optimal bila terkena benturan dari samping.

Problem kedua ada pada bagian: Front Shock Absorber Nut. Masalah bagian ini, instruksi pengencangannya tidak tepat, sehingga dapat membuat mur mudah kendur. Dampaknya, menimbulkan suara yang tidak normal, bahkan terlepas dan mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju.

“Kedua problem itu mesti segera diperbaiki. Solusinya, para anggota AXIC yang mobilnya terkena recall diminta segera ke bengkel resmi Toyota di daerah masing-masing,” ujar PP AXIC.

Ditegaskan, recall ini tidak di pungut biaya alias gratis.

 

Hasil Monitoring Toyota

Menurut PP AXIC, kegiatan recall bagi sebagian orang punya sentimen negatif. Namun, para anggota AXIC di seluruh Indonesia tidak perlu khawatir. Sebab Toyota melakukan hal ini sebagai bentuk ‘kaizen’ (peningkatan lebih lanjut) atas kondisi kendaraan dan tanggung jawab atas produk yang dimiliki konsumen.

“Meskipun mobil digunakan pelanggan beberapa tahun, ketika ditemukan ketidaksesuaian dari produk yang dipasarkan, terutama berkaitan dengan keselamatan, Toyota segera melakukan perbaikan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Patut dicatat pula, aktivitas recall ini bukan disebabkan keluhan pelanggan. Melainkan proses rutin monitor kualitas yang dilakukan Toyota, yang menemukan ada ketidaksesuaian yang harus segera ditangani (QC Continuous Improvement).

Terakhir, PP AXIC mengajak para anggotanya di mana pun berada, yang memiliki unit kendaraan terdampak recall, segera membawa ke bengkel resmi Toyota terdekatnya!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *