Akting di Drakor The Matchmakers, Rowoon Mendapatkan Karakter Unik sebagai Duda Shim Jun-woo

the matchmakers

GETPOST.ID, Seoul- Aktor Rowoon sedang serius menekuni drama terbaru, The Matchmakers yang sedang tayang di Viu . Drama sageuk ini bercerita tentang duda bernama Shim Jun-woo (diperankan oleh Rowoon) dan janda bernama Jung Soon-deok (diperankan oleh Choi Yi-hyun) yang bekerja sama mencarikan jodoh untuk wanita dan pria yang berusia di atas rata-rata calon pengantin di masa Joseon. 

Bagi Rowoon, drama ini punya tantangan tersendiri. Pasalnya, The Matchmakers bukan sekadar drama berlatar zaman Joseon dengan kostum pakaian zaman dahulu. Drama ini mengusung unsur komedi dan karakter yang ia perankan komikal. Rowoon bilang ia ingin menantang kemampuannya dengan menerima peran di drama komedi. Karena baginya  komedi itu genre yang paling sulit.

Read More

Karakter yang diperankan Rowoon terbilang unik, walau tetap tak bisa menutupi sosoknya yang rupawan. Sebelum kamu mulai menonton The Matchmakers, berikut karakter Shim Jun-woo yang perlu kamu tahu:

1/ Suka bicara blak-blakan

Muda, tampan, cerdas, dan berasal dari keluarga pejabat istana membuat Shim Jung-woo punya rasa percaya diri yang sangat tinggi. Ia juga tak segan menyampaikan pendapatnya. Menurut Rowoon, karakter yang ia perankan itu punya sisi kekanak-kanakan. Kejujurannya justru membuat Shim Jung-woo terlihat sombong, kasar, dan tidak sopan di mata orang lain. 

2/ Dijuluki pria pemarah dan penggerutu

Meski rupawan, karakter yang diperankan Rowoon ini selalu dihindari di kalangan istana. Ia bahkan dijuluki pria pemarah dan penggerutu. Kalau ia melintas lewat, dayang dan pegawai istana buru-buru sembunyi. Alasannya, Shim Jun-woo yang hafal dengan segala aturan akan mengkritik dan mengadukan petugas yang ia anggap lalai. Akibatnya tidak sedikit pegawai istana kehilangan pekerjaan dan harus hengkang dari istana karena aduannya. 

Sebenarnya ini adalah pelampiasan Jung-woo yang tidak bisa bekerja sebagai pegawai istana. Padahal ia adalah lulusan termuda dan terbaik dalam ujian masuk pegawai istana. Namun bukannya jadi pegawai, ia malah dinikahkan dengan putri raja. Sebenarnya ia tidak mau, tapi keluarganya yang punya obsesi untuk menguasai istana memaksanya. Apes, saat upacara pernikahan  sang putri jatuh sakit dan meninggal dunia. Meninggalkan Jung-woo sebagai duda.

READ MORE

Pada masa Joseon, duda atau janda menantu raja tidak boleh menikah lagi atau punya selir. Juga tidak boleh bekerja sebagai pegawai istana. Tentu saja ini menyiksa  Jung-woo yang cerdas. Selama delapan tahun menduda ia pun belajar berbagai hal, dari pengobatan, memainkan alat musik, hingga melukis, sambil terus menerus mengirim petisi kepada raja. 

Rowoon mengaku salah satu yang tersulit adalah bagaimana membuat karakter yang ia perankan tidak terlalu menyebalkan. Maunya, penonton geli dengan kelakuan karakter ini. 

3/ Sering sakit dada

Kalau di dalam istana ia kerap dihindari, di luar istana apalagi di pasar ia selalu jadi pusat perhatian. Ia kerap jadi pembicaraan sebagai menantu raja yang malang yang tinggal di rumah mewah di Bukchon. Makanya ketika berada di luar ia kerap menyembunyikan wajah di balik topi atau kipas.

Baca:
– The Escape of the Seven Lanjutan dari The Penthouse? 
 7 Karakter Utama di Drakor The Escape of The Seven
– Drakor The Escape of The Seven, Kisah tentang 7 Karakter dalam Cerita Misterius

Bertahun-tahun berada dalam kondisi ini membuat kesehatan Jung-woo terganggu. Ia sering mengeluh nyeri dada parah. Bukan karena gangguan jantung, tapi ini terjadi setiap kali melihat pasangan kekasih. Kasihan banget. Sebenarnya Shim Jung-woo ini haus kasih sayang. Maka tak heran kalau kemudian ia tertarik pada novel romantis.

4/ Jadi Mak comblang demi mengubah nasib

Karena kematian putri raja, bukan hanya Jung-woo yang tidak bisa menikah. Pangeran mahkota kerajaan pun terkena isu kutukan sehingga tidak ada wanita bangsawan yang mau dinikahkan dengannya. Hal ini membuat isu yang lebih luas hingga dituding sebagai penyebab kekeringan di Joseon. Zaman itu sepertinya bencana alam kekeringan kerap dikaitkan dengan pernikahan. Isu ini membuat raja menggunakan kecerdasan Jung-woo untuk menjadi mak comblang. Kalau ia berhasil, nasibnya akan berubah. Raja akan mempertimbangkan petisi yang ia ajukan untuk bisa menjadi pegawai istana atau bahkan menikah lagi di kemudian hari. Jun-woo pun semangat mencari cara agar misinya berhasil.

Tugas inilah yang mempertemukan Jun-woo dengan Lady Yeojoo alias Jung Soon-deok, mak comblang paling terkenal di ibukota Joseon. Lika liku Rowoon menjadi mak comblang ini menarik untuk disimak.  

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment