Batik Tenun Seseh, Karya Nina Nugroho di Panggung IN2MF

nina nugroho

GETPOST.ID, Jakarta- Nina Nugroho, sebuah brand busana Muslimah untuk para professional, hadir dalam fashion show  IN2MF (Indonesia International Modest Fashion Festival) 2023 kali ini mengambil tema  Kai.ros. Kai.ros berasa dari bahasa Yunani yang berarti momen yang sempurna, halus, dan krusial; waktu dan tempat yang tepat dan cepat yang menciptakan suasana yang tepat untuk bertindak, berkata-kata, atau bergerak. Kai.ros  mengambarkan sebuah kesempatan  untuk mencapai sesuatu yang diidamkan

Hadir dalam parade 8, Jumat, 27 Oktober 2023 mulai pukul 15.00 wib di Jakarta Convention Center, busana bertema Kai.ros ini dituangkan dalam delapan koleksi dengan menggunakan bahan utamanya batik tenun seseh. Dimana selembar kain   tenun seseh tercipta  dari limbah benang tenun yang disatukan kembali.  Proses penyatuan helai demi helai benang  yang semula tidak memiliki arti apa-apa ini kemudian diberi nama tenun seseh .

Read More

Dari tangan penenun ukm perempuan dari Solo  ini maka lahirlah berbagai lembaran  tenun seseh nan cantik  dengan  berbagai motif batik  dan tentu saja bernilai jual tinggi.

‘’Kehadiran tenun seseh merupakan  aksi nyata Nina Nugroho dalam mengembangkan sustainable modest fashion, sebagaimana tema IN2MF kali ini,’’ ungkap Nina Septiana, sang desainer. Tentun seseh adalah aksi nyata dalam menghadapi tantangan global dan kerusakan ekosistem yang dilakukan manusia sendiri, sebagai dampak dari kegiatan fesyen. Tenun seseh juga merupakan sebuah ajakan kepada masyarakat untuk semakin peduli terhadap lingkungan, sekaligus  bangga menggunakan produk busana yang ramah lingkungan.

Untuk  semangat  peduli lingkungan  yang tertuang dari  setiap lembar tenun seseh  ini, Nina Nugroho turut  ambil bagian.

READ MORE
Nina Nugroho di Indonesia International Modest Fashion Festival 202

Batik Tenun Seseh juga merupakan hasil sebuah inovasi yang luar biasa. Selama ini kain tenun dari Solo identic dengan motif yang senada. Inovasi lebih kepada warna. Tenun Seseh kali ini merupakan hasil inovasi, tenun dengan motif batik diatasnya, sehingga disebut sebagai Batik Tenun Seseh.

Koleksi Kai.ros  Nina Nugroho melambangkan keberdayaan  seorang perempuan. Hal ini tersirat dari  pilihan warna dan material bahan yang digunakan. Seperti warna merah keoranye-an  yang melambangkan  kekuatan seorang perempuan  tangguh yang terbiasa berjibaku dengan rutinitas multiperannya  sejak matahari terbit hingga tenggelam.

Namun begitu dibalik kekuatannya,  seorang perempuan diciptakan Tuhan YME  memiliki kelembutan.  Sejak dari rahim ibunya  naluri seorang perempuan didominasi  perasaan penuh  kelembutan dan cinta kasih.

Pada koleksi ini  diwakili oleh warna hijau dan berbagai motif bunga. Hijau dari filosofi sebuah kelembutan, dan motif bunga-bunga adalah melambangkan seorang perempuan tidak bisa lepas dari sebuah keindahan, wangi dan kecantikan.

Nina Nugroho  juga dengan cerdas memadukan  antara keserasian warna pada setiap lembaran batik tenun seseh  yang memiliki  karakter bahannya yang firm dengan bahan satin silk  dan jaguard yang   memberi kesan elegan pada koleksi Kai. ros kali ini.

Sebagai ciri khas busana,  Nina Nugroho tidak  lupa menggunakan detil  berupa piping, pleats dan double manset (wudhu friendly). Detil ini  memberi kesan kekuatan dan ketegasan seorang perempuan  pada busana kerja muslimah profesional bagi para pengguna setianya.*

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *