Dhelvic Genesis, Motor Listrik Karya Anak Bangsa Curi Perhatian di IMOS+ 2023

Dhelvic Genesis (foto: getpost.id)

GETPOST.ID, Tangerang– Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS)2023 menawarkan beragam motor, tapi ada satu yang cukup menarik perhatian adalah Dhelvic. Dengan logo dan booth yang didominasi warna hijau, ternyata Dhelvic buatan anak bangsa.

Di IMOS + 2023, Dhelvic mengenalkan Genesis motor listrik dengan body besar yang diklaim tak kalah saing dengan motor keluaran Jepang. Genesis meluncur perdana di IMOS+2023 tampil agresif karena mengusung desain tampilan layaknya skutik maxi, namun panel bodinya terbuat dari panel serat karbon utuh.

Read More

Edwin Dhamaputra, Lead Designer and Research Head Dhelvic Genesis menjelaskan, tampilan unik tersebut menjadi gambaran akan performa dan kualitas motor listrik produksinya. Dia juga mengklaim jika 70 persen produksi motor listrik Dhelvic dilakukan secara in-house, alias mayoritas adalah buatan lokal mengandalkan komponen dalam negeri. “Semua komponen yang digunakan pada Dhelvic Genesi didominasi buatan Indonesia,” kata Edwin kepada awak media, Rabu (25/10/2023) di ICE BSD.

Karena seluruh desain dilakukan tanpa memanfaatkan panduan dari produk sejenis, spesifikasi Dhelvic Genesis juga diklaim sangat berbeda dengan motor listrik pada umumnya. “Bahkan untuk dibandingkan perfromanya secara faktual dengan motor mesin konvensional di harga yang setara Dhelvic punya keunggulan pada banyak hal. Performanya yang ideal untuk aktivitas dalam kota, dan jarak tempuh memadai untuk sesekali turing ringan,” kata Edwin.

Baca:
– Membeli Motor Listrik Alva One dan Cervo dapat Diskon Rp 10 Juta di IMOS+ 2023

Pada komponen baterai, Dhelvic Genesis dibekali lifepo4 atau LFP khusus, dengan tegangan kerja tertinggi dari semua motor listrik lokal. Berbekal total daya 5,3 kWh, Dhelvic mampu menempuh jarak 200 km untuk urban/dalam kota.

Edwin Dhamaputra, Lead Designer and Research Head Dhelvic Genesis (Foto: getpost.id)

Dalam kondisi standar, tenaga motor listrik ini dibatasi pada 18 dk atau 13,4 kW serta torsi 44 Nm. Namun, masih ada opsi untuk menaikkan tenaga hingga 35 dk dan torsi 65 Nm.

Satu lagi keunggulan yang ditonjolkan Dhelvic, karena tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sudah mencapai 70 persen, motor listrik ini juga termasuk ke daftar penerima subsidi Rp 7 juta dari Pemerintah. “SRUT (surat uji tipe) sudah diurus dan diterbitkan. Karena TKDN sesuai, jadi termasuk sebagai penerima subsidi juga,” kata dia.
Dhelvic Genesis sudah mulai diproduksi dengan kapasitas sebanyak 100 unit per-bulan. Konsumen yang berminat juga sudah bisa melakukan pemesanan. Terkait harga, motor listrik gambot ini dibanderol seharga Rp 60 juta. Menurut Edwin harga ini terbilang cukup rendah, karena performanya diklaim setara dengan motor bermesin 400 cc.

Harga selama IMOS 2023 sebesar Rp50 juta setelah dikurangi subsidi dan adanya diskon sebesar Rp3 juta. Dibuat di Indonesia, Genesis diklaim menggunakan banyak komponen dalam negeri. Rencananya pengiriman unit dilakukan pada akhir tahun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment