Generasi Cashless, Tips Bijak dalam Menggunakan Kredit Digital

GETPOST.ID, Jakarta– Dalam era digital yang semakin maju, tren transaksi tanpa uang tunai semakin mendominasi. Mengutip Monei, cashless adalah segala jenis transaksi keuangan yang tidak menggunakan uang dalam bentuk fisik. Hal tersebut termasuk seperti pembayaran menggunakan kartu kredit, debit, mobile banking,
dompet digital, pay later, kredit digital, cryptocurrency, dan lainnya. Banyak hal menarik yang perlu kita ketahui dari generasi cashless ini yang ternyata tidak hanya menyasar anak muda, melainkan pengguna smartphone dari berbagai generasi.

Kredit digital merupakan salah satu transaksi keuangan yang menjadi pilihan para Generasi Cashless ketika memerlukan dana darurat. Langkah pengajuan yang tergolong mudah serta dana yang langsung masuk ke rekening sehingga menjadi pilihan favorit bagi pengguna smartphone. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh kredit digital seperti pengajuan mudah dan cepat cair, jangan lupa untuk kita harus tetap bijak dalam penggunaannya. Dikutip dari Samuel Ray dalam kanal youtube Narasi1 dan sumber lainnya, berikut ini tips bijak dalam menggunakan kredit digital:

1. Memahami Pengeluaran:
• Buat Anggaran Bulanan: Tentukan batas pengeluaran bulanan untuk berbagai kategori seperti makanan, transportasi, hiburan, tagihan, dan lainnya. Bagi penjatahan anggaran berdasarkan skala prioritas.
• Lacak Pengeluaran: Gunakan aplikasi keuangan atau catatan untuk memantau pengeluaran secara teratur. Beberapa aplikasi keuangan memiliki fitur yang dapat secara otomatis mencatat transaksi yang Anda lakukan melalui online seperti berbelanja di e-commerce atau membayar tagihan di e-wallet.

2. Identifikasi Kebutuhan vs. Keinginan:
• Prioritaskan Kebutuhan: Pastikan pengeluaran untuk kebutuhan dasar, seperti makanan dan tempat tinggal, diutamakan sebelum mengeluarkan uang untuk keinginan yang lebih rendah prioritasnya.

• Buat Wishlist: Alih-alih langsung mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan, gunakan fitur Wishlist pada aplikasi e-commerce. Tentukan target menabung yang perlu dicapai untuk membeli barang tersebut.

Baca:
– Atasi Pemasalahan Sampah Makanan, Surplus Indonesia Buka Pendanaan Pra-Seri A 
– IKEA Indonesia Kolaborasi dengan Duitin, Maksimalkan Pengelolaan Sampah 
 In2Food, Konsorsium Atasi Sampah Makanan dari Mahasiswa Indonesia

3. Gunakan Teknologi untuk Mengelola Keuangan:
• Aplikasi Keuangan: Manfaatkan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda melacak pengeluaran, mengatur anggaran, dan memberikan wawasan keuangan. Aplikasi keuangan juga mampu membuat Analisa pola pengeluaran
Anda sehingga dapat menjadi acuan untuk pembuatan anggaran di bulan depannya.
• Pemberitahuan: Aktifkan pemberitahuan transaksi untuk mendapatkan informasi real-time tentang cashflow Anda seperti adanya dana yang masuk atau keluar dari rekening Anda.

4. Manfaatkan Kredit Digital dengan Bijak:
• Pertimbangkan Bunga: Saat memanfaatkan kredit digital, pahami berapa persen bunga yang dibebankan dan biaya lainnya yang mungkin terkait.
• Bijak dalam menggunakan kredit dan prioritaskan untuk kebutuhan yang bersifat produktif:
o Pakai limit kredit untuk upgrade diri – membayar biaya pendidikan ataupun kebutuhan harian yang sifatnya produktif.
o Pakai limit kredit untuk modal kerja atau modal usaha
• Mengelola Utang Sesuai Penghasilan: Pastikan Anda memiliki rencana untuk melunasi utang dengan cepat. Rasio utang maksimal 30 persen dan disesuaikan dari penghasilan. Kamu dapat menggunakan aplikasi keuangan untuk menghitung rasio utang jika dibandingkan dengan pengeluaran dan pemasukkan rutin bulanan.
• Kembalikan kredit yang telah dipinjam: Tanamkan pola pikir bahwa limit yang diberikan adalah pinjaman yang harus dibayar, bukan tambahan penghasilan.

Baca:
– Adira Kembali Buka Virtual Job Fair Mulai Juli hingga September 2023   
– Bangkrut, Survei: 43 Persen Pendiri Startup Sulit dapat Kerja  
– Tips Dapatkan Dana untuk Startup Hijau dari Investor

5. Pahami Keunggulan Produk Kredit Digital yang Dipilih
Di luar besaran limit, masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti besaran bunga, kecepatan dan kelengkapan fitur kredit digital. Jika memerlukan fitur kredit digital lengkap yang juga cepat, JULO Turbo adalah fitur kredit instan dari JULO yang dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang tidak dapat ditunda, seperti biaya pengobatan, biaya pendidikan, biaya perbaikan rumah, biaya perjalanan, transfer dana tunai, ataupun top up saldo E-wallet (Dana, OVO), paket data dan pulsa.

Kredit JULO Turbo dapat cair dalam lima menit dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk hal produktif. CEO & Co-Founder JULO, Adrianus Hitijahubessy menambahkan dalam siaran pers 5 Oktober 2023, “JULO Turbo dapat menjadi sebuah alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan mendesak dengan cepat dan mudah. Dalam hitungan proses singkat 5 menit, nasabah dapat memperoleh limit hingga jutaan rupiah melalui rangkaian proses analisis credit scoring komprehensif yang ditunjang dengan kecerdasan buatan. Dengan bunga rendah dari 0,1 persen per hari, produk limit kredit JULO Turbo ini dapat diakses oleh seluruh pengguna seantero Indonesia – sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang dapat memperoleh akses kredit.”

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *