Kolaborasi Kemitraan Strategis, Viu akan Mempercepat Pertumbuhan Layanan Video Streaming

Viu

 

GETPOST.ID, Jakarta- PCCW Limited (PCCW) dan CANAL+ Group (CANAL+) hari ini mengumumkan pembentukan kemitraan strategis untuk mempercepat pertumbuhan Viu, layanan video OTT pan-regional terkemuka yang hadir di seluruh Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan.

Read More

CANAL+ akan menjadi pemegang saham minoritas yang signifikan di Viu melalui investasi sebesar US$300 juta yang mencakup investasi awal sebesar US$200 juta sehingga CANAL+ memegang 26,1% saham di Viu. Selain US$300 juta, investasi lebih lanjut, CANAL+ juga memiliki opsi dapat meningkatkan kepemilikan CANAL+ di Viu menjadi 51%.

Kemitraan dengan CANAL+ sebagai investor strategis merupakan pengakuan atas posisi terdepan Viu di pasar streaming video yang mencakup Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan serta peluang pertumbuhan yang signifikan di masa depan.

Baca:
Hadirkan Konten India, Viu Kolaborasi dengan Zee

Dengan lebih dari 66 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users) dan 12 juta pelanggan berbayar (per Desember 2022), Viu secara konsisten meraih predikat sebagai platform streaming video teratas dalam kategori MAU dan kedua dalam kategori pelanggan dan menit streaming di antara pemain global dan regional* di Asia Tenggara.

Setelah membangun model ganda yang kuat dari Advertising Video on Demand (AVOD) dan Subscription Video on Demand (SVOD), Viu menawarkan konten regional dan lokal premium termasuk program serial dan gaya hidup dalam genre yang berbeda dari penyedia konten top dengan bahasa lokal, serta produksi asli dengan merek “Viu Original”.

Viu Originals yang diproduksi di Thailand, Indonesia, Malaysia, dan pasar Viu lain memiliki peringkat teratas di negara masing-masing. Pada tahun 2022, Viu mencatat pendapatan lebih dari US$250 juta, mewakili pertumbuhan 36% dari tahun ke tahun.

Kemitraan strategis baru ini akan memungkinkan pertumbuhan Viu lebih lanjut, memanfaatkan kekuatan global dan keahlian CANAL+ melalui berbagai inisiatif termasuk kolaborasi dalam produksi premium dan pembuatan konten, perluasan jangkauan pasar global untuk Viu, dan peningkatan pengalaman pengguna yang berkelanjutan. Kemitraan ini akan memungkinkan CANAL+ mengambil langkah besar dalam mengembangkan Asia sebagai mesin pertumbuhan berikutnya.

Maxime Saada, CANAL+ Group CEO, mengatakan, “Saya sangat senang dapat mengumumkan kemitraan ini dengan PCCW. CANAL+ telah memiliki posisi pasar terdepan di Eropa dan Afrika. Kami kini menantikan untuk mengembangkan Asia sebagai mesin pertumbuhan tambahan bagi grup. Investasi kami di Viu merupakan langkah besar untuk mencapai tujuan ini. Viu sudah menjadi bisnis dengan skala, dengan model bisnis hibrid AVOD dan SVOD dan fokus pada konten lokal, Viu memiliki segalanya untuk memberikan pertumbuhan yang unggul dan terus menjadi layanan terdepan di wilayah ini dan sekitarnya.”

Baca:
– Diangkat dari Novel Habiburahman El Shirazy, Drama Bidadari Bermata Bening akan Segera Tayang di Viu
– Drama Adaptasi dari Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburahman El Shirazy akan Tayang di Viu

Susanna Hui, PCCW Acting Group ManagingDirector dan Group Chief FinancialOfficer mengatakan, “Kami sangat senang dapat memulai kemitraan dengan CANAL+ untuk membawa Viu ke level selanjutnya dengan prospek sinergi global yang berasal dari CANAL+ dan PCCW. Dengan Viu telah memantapkan kepemimpinannya sebagai layanan streaming pan-regional, kami percaya ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan mitra strategis ke dalam bisnis yang akan membantu kami melanjutkan ekspansi dan pertumbuhan global kami dengan mengeluarkan potensi bisnis Viu dalam skala besar dan untuk menciptakan nilai lebih lanjut bagi para pemegang saham kami.”

viu

Jacques du Puy, CEO CANAL+ International, berkata, “Saya terkesan dengan apa yang telah dicapai oleh tim Viu sejauh ini. Kami berharap dapat mendukung pertumbuhan cepat Viu di tahun-tahun mendatang, termasuk melalui sinergi dengan operasi kami yang ada di Vietnam dan Myanmar serta di Afrika dan Timur Tengah.”

Janice Lee, CEO Viu dan Managing Director PCCW Media, berkata, “Ketika kami meluncurkan Viu, kami telah menetapkan tujuan untuk menciptakan dan mengubah bisnis media kami menjadi permainan internasional dengan memasuki pasar yang lebih luas di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Selatan. Setelah menciptakan bisnis streaming yang kuat, kami senang memiliki tambahan CANAL+ sebagai investor strategis untuk lebih mempercepat pertumbuhan dengan memanfaatkan kekuatan global CANAL+ dalam produksi premium, pembuatan konten, dan keahlian distribusi. Kami menantikan fase selanjutnya dari bisnis kami dengan gabungan kekuatan PCCW dan CANAL+ di belakang Viu.”

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment