Auto2000 Wahid Hasyim Meraih Sertifikat EGDE Advance Sebagai Bangunan yang Hemat Energi

auto2000

GETPOST.ID, Jakarta- Auto2000 Wahid Hasyim berhasil mendapatkan Sertifikat EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia, di mana program ini diinisiasi oleh International Finance Corporation (IFC) member dari World Bank Group. Ini merupakan yang pertama kalinya di antara dealer otomotif di Indonesia.  Lembaga independen ini menerapkan kegiatan dan mengembangkan prinsip-prinsip ‘hijau’ ke dalam rancangan, pembangunan, serta pengoperasian bangunan dan lingkungan sekitar. Sehingga, sebuah bangunan atau gedung dapat lebih ramah lingkungan, hemat energi, serta mengurangi dampak pencemaran dan polusi.

EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) adalah sebuah sistem sertifikasi bangunan yang dikembangkan oleh International Finance Corporation (IFC), lembaga yang merupakan bagian dari World Bank Group. Program EDGE bertujuan untuk mendorong pembangunan bangunan yang lebih berkelanjutan dan hemat energi di seluruh dunia. Sertifikat EDGE diberikan kepada bangunan yang memenuhi kriteria tertentu dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi. Proses sertifikasi melibatkan evaluasi terhadap desain bangunan yang mencakup faktor-faktor seperti isolasi termal, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan alami, manajemen air, dan lain-lain.

Read More

Pemberian sertifikat tersebut sejalan dengan tujuan ASTRA 2030 Sustainability Aspiration dan Sustainability Strategy Plan Auto2000 untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup. Berdasarkan sertifikat tersebut, Auto2000 Wahid Hasyim telah memenuhi kriteria efisiensi sumber daya pada bangunan berupa air, energi dan mineral pada level 2, yaitu Edge Advanced dengan tingkat energy saving mencapai 40%. Perinciannya adalah, 41% untuk energy saving yang dinilai dari efisiensi konstruksi bangunan, seperti efisiensi sistem pendingin dan lampu gedung.

Baca:
 Sabet 3 Penghargaan Bergengsi  di 2023, Auto2000 Berikan Layanan One Stop Shopping bagi Peminat All New Yaris Cross
 Toyota All New Yaris Cross Resmi Dirilis, Auto2000 Tawarkan Kemudahan Pembelian dengan Trade-In

Berikutnya adalah 38% untuk Water Saving yang dinilai dari efisiensi penggunaan air di toilet, dapur, serta upaya konservasi air lainnya, sementara yang terakhir adalah 38% untuk Less Embodied Energy in Materials di mana yang dinilai adalah efisiensi dalam penggunaan material bangungan.

Auto2000 sertifikat EGDE Advance

Aktivitas Auto2000  dalam Pelestarian Lingkungan

Selama ini Auto2000 telah melakukan gerakan pelestarian lingkungan yang dilakukan secara mandiri. Seperti pemasangan solar panel di 40 cabang Auto2000 untuk menghasilkan tenaga listrik sendiri dalam menekan jejak karbon, dan biaya operasional dari penggunaan listrik. Auto2000 juga melakukan penanaman 4.000 bibit pohon mangrove dengan target dapat mengurangi 266,53 ton emisi gas CO2 di tahun 2030.

Auto2000 telah melakukan pengelolaan limbah berbahaya bengkel, baik limbah cair maupun gas, dengan baik dan dipastikan aman bagi lingkungan di sekitar cabang Auto2000. Selain itu, Auto2000 juga membina masyarakat sekitar dealer dengan program Kampung Berseri Astra. Kegiatan yang dilakukan seperti membangun bank sampah, membina kemandirian berwiraswasta, dan meningkatkan kesehatan keluarga khususnya ibu dan anak.

Charging Station

Tak berhenti sampai situ, dari sisi industri, Auto2000 terus mendukung pertumbuhan populasi mobil listrik, yaitu dengan menyediakan Charging Station di dealer Auto2000 seluruh Indonesia.

Per Juni 2023 ini setidaknya sudah tersedia 5 charging station, mulai dari Auto2000 Wahid Hasyim / GSO, Auto2000 BSD City, Auto2000 Bintaro Jaya, Auto2000 Yos Sudarso, dan Auto2000 Juanda. Hingga 2024 nanti direncakan akan terbangun sampai 100 Charging Station mobil listrik yang berlokasi di cabang-cabang Auto2000.

“Terima kasih atas pemberian Edge Advanced Certificate dari Green Building Council Indonesia. Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam Sustainable Development Goals (SDGs) juga sejalan dengan tujuan ASTRA 2030 Sustainability Aspiration. Kami berharap, beragam upaya  yang dilakukan Auto2000 dalam pelestarian lingkungan   dapat meningkatkan semangat kita semua untuk membantu mewujudkan lingkungan hidup yang lebih hijau dan nyaman untuk generasi mendatang,” ujar Zuriaty, Human Capital & General Services Division Auto2000, Jumat (16/6/2023).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *