Hari Susu Nasional, Ini 4 Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan

susu-anak-penting

GETPOST.ID, Jakarta- Masih dalam momentum Susu Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu, Nestle Indonesia membagikan informasi mengenai manfaat susu bagi tubuh. Susu telah menjadi bagian penting dari pola makan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, selama lebih dari dua abad. Popularitas susu bagi manusia muncul setelah penemuan pasteurisasi pada abad ke-19, dan semakin mudah didapatkan pada abad ke-20.

Berikut adalah 4 manfaat susu bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1.Memberikan Asupan Gizi Berkualitas

Susu memiliki nilai gizi yang tinggi dan seimbang, dengan kandungan vitamin, mineral, makronutrien, hingga mikronutrien yang baik untuk tubuh. Nilai gizinya yang tinggi ini membuat susu dapat memberikan kontribusi pada diet yang seimbang. Kombinasi gizi yang unik dalam satu gelas susu, dinilai memiliki efek yang lebih baik bagi kesehatan dibandingkan jika kita mengonsumsi satu jenis zat gizi secara terpisah.

Selain itu, susu juga dapat menjadi media yang baik dalam upaya fortifikasi zat gizi mikro, yaitu penambahan zat-zat gizi pada pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki susu guna membentuk kehidupan yang lebih sehat.

Selama tahun 2022, Nestle Indonesia telah menyediakan lebih dari 3.8 miliar sajian produk yang telah difortifikasi dengan vitamin A, D, zinc, dan zat besi dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan akan zat-zat gizi tersebut yang belum dapat terpenuhi dengan baik dalam diet masyarakat Indonesia.  

Baca:
Waspada, Anak Alergi Susu Sapi bisa Menyebabkan Stunting
Sejak Kecil Rutin Minum Susu, Greysia Polii: Nutrisi dan Edukasi itu Penting
Membiasakan Anak Minum Susu dengan Cara Ini

2.Sumber Protein dan Lemak bagi Tubuh

Susu merupakan sumber lemak dan protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan. Sejumlah 7g protein dan 0-18% dari asupan lemak terdapat dalam satu sajian (200 mL) susu. Mengonsumsi susu dapat membantu memastikan pertumbuhan fisik yang sehat pada anak-anak dengan meningkatkan keseimbangan protein dan lemak dalam tubuh.  

Untuk menjaga kualitas susu yang diproduksi, serta dalam upaya mendukung pembangunan masyarakat yang tangguh, Nestlé Indonesia telah bekerja sama dengan 26.000 peternak sapi perah di Jawa Timur sejak tahun 1975. Dengan tim Milk Procurement & Dairy Development (MPDD), Nestlé Indonesia secara berkelanjutan membina dan mendampingi peternak untuk menjaga kualitas susu. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan manfaat bersama, dan dalam hal ini memastikan bahwa kebaikan susu yang diberikan alam dapat turut dinikmati oleh generasi yang akan datang.

3.Susu sebagai Bagian dari Pola Makan Sehat   

Bukti ilmiah mendukung pentingnya susu dan produk susu sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, banyak penelitian yang telah menghubungkan konsumsi susu dengan manfaat kesehatan lainnya.   

Memberikan susu dan makanan dari sumber hewani lainnya telah terbukti dapat meningkatkan indeks status gizi dan fungsi kognitif. Sejalan dengan hal ini, Nestlé Indonesia terus berupaya untuk menyediakan susu sebagai hidangan lezat serta bergizi untuk memenuhi kebutuhan dari populasi yang kian berkembang dengan produk bergizi yang terjangkau.

4.Susu sebagai Sumber Protein Hewani untuk Tumbuh Kembang Anak  

Susu juga merupakan salah satu sumber protein hewani, yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu asupan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Saat ini, Indonesia sedang berupaya meningkatkan status gizi anak sebagai generasi penerus bangsa, dengan target penurunan stunting hingga 14% pada tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan asupan gizi seimbang sedini mungkin.  

Mengacu pada Isi Piringku yang disosialisasikan oleh Kementrian Kesehatan sebagai panduan 1 kali makan, pemberian protein kepada anak diutamakan berasal dari sumber hewani, salah satunya melalui susu. Protein hewani diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan status gizi anak karena pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi yang baik, kaya protein dengan asam amino yang lebih lengkap serta vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan

Dengan mengetahui manfaat susu ini, penting bagi kita untuk menjadikan susu bagian dari pola makan sehari-hari untuk mendukung kesehatan dan keseimbangan asupan gizi tubuh kita.  

Corporate Affairs Director Nestle Indonesia Sufintri Rahayu menyampaikan, “Menjaga kesehatan diri dan keluarga merupakan tanggung jawab kita semua. Melalui sumber daya alam, kita telah diberikan kebaikan susu yang sangat berharga, dan Nestle Indonesia berkomitmen untuk memelihara sumber daya yang ada untuk generasi yang akan datang. Nestle Indonesia telah bekerja sama dengan 26.000 peternak sapi perah di Jawa Timur sejak tahun 1975.

Dengan tim Milk Procurement & Dairy Development (MPDD), Nestle Indonesia secara berkelanjutan membina dan mendapingi peternak untuk menjaga kualitas susu. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan manfaat bersama, dan dalam hal ini memastikan bahwa kebaikan susu yang diberikan alam dapat turut dinikmati oleh generasi yang akan datang.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment