Kegunaan Drone DJI Enterprise dalam Sektor Industri

Drone DJI Enterprise
GETPOST.ID, Jakarta- Drone DJI Enterprise telah membawa revolusi dalam teknologi inspeksi dengan memberikan cara yang lebih efektif dan efisien untuk mengumpulkan data visual. Drone ini telah menjadi alat yang penting bagi perusahaan-perusahaan untuk memperbaiki dan memelihara infrastruktur mereka.
Dengan penggunaan drone, inspeksi dapat dilakukan dengan cara yang lebih aman dan efisien, terutama untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh manusia. DJI Enterprise menawarkan drone dengan kamera termal dan optik yang mampu menjangkau ketinggian yang lebih tinggi dari inspektur manusia dan memberikan citra yang lebih jelas dan detail. Terdapat beberapa contoh aplikasi DJI enterprise yang bisa digunakan untuk inspeksi di beberapa sektor industri, antara lain:
 
Konstruksi
Dalam sektor konstruksi, drone dapat digunakan untuk melakukan inspeksi struktur dan fasilitas. Hal ini memudahkan kontraktor mengidentifikasi masalah dan kerusakan pada bangunan lebih cepat. Hasil data dari kegiatan inspeksi selama pembangunan berlangsung juga bisa menilai apakah pembangunan dan biaya masih sesuai dengan  perencanaan awal.
 
Minyak dan Gas
 Sektor minyak dan gas juga memanfaatkan drone untuk melakukan inspeksi. Sektor migas memiliki infrastruktur rumit dan cukup berbahaya untuk para personel melakukan inspeksi jarak dekat. Beberapa inspeksi di migas yang sering dilakukan antara lain inspeksi visual, inspeksi thermal dan inspeksi pengukuran ketebalan ultrasonik. Objek di migas yang sering diinspeksi menggunakan drone antara lain flare stack, tower komunikasi, pipa, jembatan, FSO deck, crane tower, lifting gear, tangki dan platform lainnya.

Baca:
– Teknologi Drone, Efektif Atasi Pencurian Minyak di Wilayah Operasi Migas
– Kemajuan Aplikasi, Survey Lahan Gambut Gunakan Drone GPR
– Teknologi Lidar Efektif untuk Pemetaan Topografi
 
Pertambangan
Inspeksi drone juga sangat berguna dalam sektor pertambangan. Drone dapat membantu mendapatkan data penting tanpa mengganggu operasional. Di sektor pertambangan, drone dapat melakukan inspeksi tambang bawah tanah. Inspeksi menggunakan drone di area pertambangan sangat membantu dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerja.
 
Transmisi Listrik
Aset di industri ketenagalistrikan sangat banyak dan krusial. Jalur transmisi listrik salah satunya, membentang di area perkotaan hingga yang sulit dijangkau seperti hutan. Inspeksi perlu dilakukan secara rutin agar memastikan jalur transmisi dalam keadaan baik dan terawat.
 
Industri Kimia
Industri kimia dipenuhi oleh infrastruktur yang rumit seperti pipa, tangki, saluran dll. Untuk melakukan inspeksi, biasanya perlu dilakukan pemadaman agar pekerja bisa mendekat untuk melihat kondisi aset. Namun dengan menggunakan drone, perusahaan tidak perlu melakukan pemadaman karena inspeksi bisa dilakukan saat aset sedang menyala.
 
Drone DJI Enterprise adalah solusi yang paling sering digunakan untuk pengerjaan inspeksi di sektor yang disebutkan di atas  Drone ini dapat membantu menghemat biaya dan waktu serta meningkatkan efisiensi kerja. Namun, perusahaan harus memastikan bahwa karyawan yang menangani drone telah menjalani pelatihan yang memadai untuk menjaga operasi drone tetap aman dan legal.
 
Berikut ini adalah beberapa drone  DJI Enterprise yang sangat direkomendasikan untuk kegiatan inspeksi:

 1. DJI Mavic 2 Enterprise Advanced

Mavic 2 Enterprise Advanced adalah drone yang dirancang khusus untuk meningkatkan alur kerja industri dalam operasi inspeksi dengan berbagai struktur yang kompleks. Drone ini dilengkapi dengan kamera termal dan visual resolusi tinggi, zoom digital hingga 32x, dan modul RTK yang memungkinkan akurasi di tingkat sentimeter. Selain itu, drone ini ringan dan portable, serta dilengkapi dengan sensor visual dan termal ganda. Cocok bagi para industri yang ingin memulai inspeksi menggunakan drone.
 
      2. DJI Matrice 300 RTK

DJI Matrice 300 RTK adalah drone yang paling banyak digunakan untuk inspeksi industri. DJI Matrice 300 RTK dirancang khusus untuk inspeksi di lingkungan yang rumit bahkan yang dekat dengan elektromagnetik.

 3. DJI Mavic 3 Enterprise

DJI Mavic 3 Enterprise adalah drone yang ringkas, portable, dan kuat dengan kamera yang sangat spesifik untuk survei dan pemetaan presisi. Drone ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti RTK module, kamera zoom 12MP, dan sistem navigasi dan obstacle sensing yang canggih untuk membantu pilot mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, drone ini dapat dilipat, ringan dan memiliki waktu penerbangan hingga 45 menit serta fitur keamanan dan konektivitas yang andal. DJI Mavic 3 Enterprise juga memiliki misi penerbangan yang optimal dan efisien, yang memudahkan pengguna dalam situasi darurat.
 
Kesimpulannya, DJI Enterprise menawarkan berbagai drone yang sangat direkomendasikan untuk operasi inspeksi di berbagai sektor industri. Dari drone yang ringan dan portable hingga drone dengan kecerdasan canggih dan kinerja tinggi, DJI Enterprise memiliki pilihan yang tepat untuk kebutuhan inspeksi perusahaan industri di Indonesia.
 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *