Untuk Pembangkit Listrik Turbin Gas, HSBC Indonesia Salurkan Kredit Hijau Berjangka kepada Euroasiatic

Dari kiri ke kanan: Teddy Iwan Setiadi, Presiden Direktur PT Euroasiatic Heat and Power Systems; Wolfgang Joachim Hermann Maehl, Founder Euroasiatic Group dan Presiden Direktur PT Euroasiatic Jaya; Francois de Maricourt, Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia; Riko Tasmaya, Managing Director dan Head of Wholesale Banking, HSBC Indonesia, dalam acara penandatanganan perjanjian kredit hijau berjangka antara PT Bank HSBC Indonesia dan Euroasiatic Group di Jakarta (31/3)

 GETPOST.ID, Jakarta– HSBC Indonesia menyalurkan kredit hijau berjangka sebesar USD 10,3 juta dengan jangka waktu 6 tahun kepada PT Euroasiatic Heat and Power Systems untuk pembangkit listrik turbin gas dengan sistem pembangkitan bersama berbahan bakar gas alam/Bio-CNG. Proyek ini juga merupakan salah satu solusi yang akan mendorong pencapaian target nol emisi Pemerintah Indonesia pada tahun 2060, dengan mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan mengurangi emisi.

Bio-CNG merupakan bentuk terbarukan dari gas alam yang diproduksi dari baha limbah yang terurai secara alami, seperti misalnya limbah pertanian dan makanan, kotoran, limbah akhir dan limbah industri.Bio-CNG merupakan alternatif bahan bakar terbarukan yang dapat digunakan untuk kendaraan, pembangkit listrik dan sistem pemanasan.

Read More

Henry Maehl, Direktur PT Euroasiatic Jaya, mengatakan dalam siaran pers 1 April 2023, “Euroasiatic sangat gembira dapat mengambil bagian dalam transformasi energi di sektor industri di Indonesia, dari yang sebelumnya berbasis sumber energi fosil menuju sistem sumber energi terbarukan, seperti misalnya bio-mass, bio-gas dan hidrogen. Euroasiatic memiliki portofolio energi dengan teknologi internasional terbaik di kelasnya, seperti misalnya turbin gas dari Kawasaki Jepang dan mesin gas dari Innio Jenbacher Austria.”

Baca:
HSBC Indonesia Dukung Fasilitas Kredit Perdagangan Hijau untuk PT Sun Paper Source

“Bersama dengan perusahaan induk dan kekhususan tim profesional lokal, kami berusaha mendukung klien di sektor industri untuk mencapai program dekarbonisasi dan tujuan keberlanjutan mereka melalui layanan rekayasa, pengadaan, konstruksi dan penyelesaian (Engineering, Procurement, Construction and Commissioning) untuk sistem pembangkit listrik dan panas yang canggih, kuat, andal, berkinerja tinggi, dan kompetitif dengan fokus yang kuat pada kepatuhan lingkungan dan efisiensi energi., tambah Henry.

Menurut Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia bahwa proses untuk mengurangi ketergantungan kepada bahan bakar fosil untuk mencapai netralitas karbon membutuhkan inovasi dan juga sumber pembiayaan yang berkesinambungan. “Upaya terbesar yang dapat kami lakukan sebagai perbankan adalah dengan mendukung para nasabah kami dalam proses dekarbonisasi. Sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjadi Bank dengan nol emisi, kami bangga dapat mendukung Euroasiatic untuk mengembangkan solusi pembangkit listrik dan panas ramah lingkungan yang dapat menurunkan emisi karbon para pelanggan mereka.”

Kredit berjangka hijau adalah jenis kredit yang digunakan untuk pembiayaan atau pembiayaan kembali proyek yang secara spesifik memiliki manfaat bagi lingkungan. Kredit dapat memiliki suku bunga tetap maupun berubah dan memiliki jangka waktu tertentu. Sebelum penyaluran kredit hijau berjangka ini, HSBC Indonesia telah menyalurkan kredit hijau untuk berbagai proyek hijau lainnya milik Euroasiatic, termasuk untuk pembangunan kantor pusat yang terdiri dari perkantoran, pergudangan dan bengkel yang saat ini tengah dalam proses memperoleh sertifikat sebagai gedung hijau.

“Hari ini merupakan tonggak sejarah bagi HSBC Indonesia, karena sekali lagi kami dapat mendukung upaya keberlanjutan dari Grup Euroasiatic, khususnya PT Euroasiatic Heat and Power Systems, melalui fasilitas kredit hijau senilai USD 10,3 juta. Ini adalah kredit hijau berjangka ketiga yang kami salurkan kepada Grup Euroasiatic sejak 2019,” kata Riko Tasmaya, Managing Director dan Head of Wholesale Banking, HSBC Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *