Ingin Modifikasi Innova Zenix Hybrid? Waspada Fungsi Ventilasi di Bawah Jok Penumpang

Innova Zenix Hybrid

GETPOST.ID, Jakarta- Memiliki mobil Toyota baru, tentu membuat beberapa AutoFamily tak sabar ya untuk melakukan modifikasi ringan atau penambahan aksesori-aksesori, supaya mobil bisa semakin sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, jangan sampai penambahan aksesori atau modifikasi ringan, malah membuat mobil Toyota AutoFamily menjadi bermasalah. Nah salah satu yang Auto2000 ingin ingatkan, yaitu terkait dengan ventilasi yang ada di bawah jok penumpang Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Jangan sampai ventilasi tersebut tertutup, apakah itu karena penambahan aksesori atau hal lainnya.

Read More

Karena masih produk baru, banyak pemilik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang belum tahu, bahwa HV baterai mobil ramah lingkungan ini disimpan di bawah jok depan. Fungsi HV baterai bertugas menyalurkan tenaga untuk menggerakkan motor listrik sekaligus menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh motor generator. Dengan demikian terlihat betapa pentingnya fungsi baterai ini dalam mekanisme kerja sebuah HV Toyota.

Sistem pendingin yang digunakan berbasis udara (air cooled) yang bekerja dengan cara mengalirkan udara dari kabin ke HV baterai untuk mempertahankan temperatur penggerak motor listrik tersebut agar selalu berada pada nilai standar.

Baca:
Siap Dipakai Mudik Lebaran, Ini Skema Kredit All-New Agya dan All-New Agya GR Sport Mulai Rp 3 Jutaan

Terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) dalam bentuk kisi udara yang terletak di bawah jok penumpang depan. Alhasil, jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin HV baterai akan terhambat bahkan hilang sama sekali.

“Kalau dibiarkan tertutup ventilasinya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadi overheat dan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saat charge maupun discharge. Oleh sebab itu, jangan menutup air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid,” ujar Ali Rosyadi, Service Technical – Aftersales Business Division Auto2000.

Bagaimana kalau sampai saluran tersebut tertutup secara tidak sengaja? Keadaan ini akan membuat pendinginan tidak dapat berlangsung dengan baik dan memicu indikator peringatan HV baterai pada panel instrumen menyala. AutoFamily dapat melakukan pemeriksaan awal pada air intake duct, tetapi kalau tidak menemukan sumber penyebab di sana, segera bawa mobil ke bengkel Auto2000.

Jika HV baterai rusak, maka baterai ini tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkan oleh motor generator saat kondisi charging. Ketika kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup secara terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan. Jangan sampai menunggu sampai kondisi ini terjadi dengan melakukan servis berkala hybrid vehicle Toyota di bengkel Auto2000.

Baca:
 Waspada Kecelakaan, Ini Fungsi Bahu Jalan Tol
– Oli Mesin Mobil itu Penting, Ini Jenis dan Kegunaannya
– Salah Mengisi Takaran Oli Mesin, Ini Risikonya untuk Mobil
– Perhatikan Oli Mesin jika Mobil Jarang Dipakai

Urusan Toyota lebih mudah, serahkan perawatan HV baterai dan perangkat pendukung lainnya dengan menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000. Ada proses pembersihan secara berkala saringan saluran pendingin dan cooling blower filter sebagai penyaring udara yang akan dialirkan untuk mendinginkan HV baterai, serta cairan pendingin inverter. Termasuk, mengingatkan pelanggan perihal pentingnya air intake duct dan cooling blower filter untuk menjaga kondisi HV baterai.

“Pastikan air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan melalui servis berkala. Booking servis via Auto 2000 Digiroom untuk menjaga performa mobil hybrid di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service ke rumah pelanggan untuk persiapan mudik Lebaran,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Selasa (21/3/2023).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :