MUFFEST+ 2023 Sukses Digelar, Tercatat Ada 12.358 Pengunjung

muffest+2023

GETPOST.ID, Jakarta- Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta Ditali Cipta Kreatif telah sukses menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 pada tanggal 7 sampai 10 Maret 2023 di The Westin Jakarta. 

Roadmap Fashion Muslim Indonesia tahun 2023 ditargetkan untuk penguatan networking dan connecting dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional. MUFFEST+ tahun ini yang merupakan rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2023 mengangkat tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+” dalam memperkuat kesiapan industri modest fashion Indonesia untuk merambah pasar internasional, dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Read More

Lisa Fitria, Project Director MUFFEST+ 2023 menyampaikan laporan dalam penutupan, “Selama empat hari penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 tercatat telah mendatangkan sebanyak 12.358 pengunjung yang terdiri dari buyer B2B dan B2C. Perhelatan kolaboratif MUFFEST+ bersinergi dengan IN2MOTIONFEST ini merupakan jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan juga gaya hidup halal Indonesia. Semoga ikhtiar kita untuk memperluas kiprah fesyen muslim Indonesia di pasar global dan mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai sentra fesyen muslim dunia dapat tercapai di tahun 2024.” 

Baca:
Siti Khadijah, Mukena asal Malaysia Kenalkan Koleksi Ramadan di MUFFEST+ 2023

Frida Adiati, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, turut menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan MUFFEST+ yang kini menjadi salah satu agenda tahunan yang dinantikan oleh para pecinta fesyen muslim di Indonesia, “Saat ini tren penggunaan fesyen muslim semakin meningkat yang mengarah kepada lifestyle, tidak hanya bagi umat Islam, tetapi juga bagi pencinta fesyen secara luas. Kita pasti bisa mengambil peluang ini. Indonesia kaya akan ragam kearifan dan budaya lokal yang bisa menjadi inspirasi dan aset bagi para desainer untuk terus berkarya. Kuncinya adalah kolaborasi dan penguatan ekosistem fesyen muslim Indonesia. Kita harus gotong royong mengakselerasi pertumbuhan industri fashion muslim dalam negeri hingga akhirnya terwujud Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia.” 

Melalui Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW), Kemendag turut mendukung penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 dengan mempersembahkan fashion show sebagai rangkaian acara penutupan MUFFEST+ 2023 yang menghadirkan koleksi dari Jenahara, MUDA, Èl.Abrar by Mihalul Abrar, Jenna&Kaia, Barli Asmara, Archipelago Texture, Zeta Privé, Artkea Stripes & IKYK, dan Brilianto, serta perfoma dari penyanyi Tantri Kotak. Kegiatan ini sekaligus sebagai sosialisasi perhelatan JMFW 2024 pada 19-21 Oktober 2023 di ICE-BSD.

Baca:
 7-10 Maret 2023 Siap Digelar MUFFEST+ 2023
– MUFFEST+ 2023 Fokus sebagai Sentra Fesyen Muslim Dunia

MUFFEST+2023

Pada hari terakhir perhelatan MUFFEST+ 2023 kembali dihadirkan parade keragaman gaya modest fashion Indonesia yang kali ini dari ISWI Fashion Academy, LYF, DS Modest, AFAS Hijab, Medina Official.IDN, Khediza, Najathelabel, Nada Puspita, Nila Purri, dan Aden Hijab. Kemudian ditampilkan pula koleksi dari ZM Zaskia Mecca, Zelmira SMK NU Banat Kudus, Bubu by Ranti Bubu, Batik Chic, Buttonscarves, dan ROSE.MA.LINA X SOFIE. 

Karya dari desainer Singapura, Terry Yeo dan Hayden NG turut diperagakan di runway MUFFEST+ 2023 pada hari terakhir ini. Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

Sebanyak 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 dengan mengeksplorasi pemakaian wastra Nusantara. Pada hari terakhir ini, Bank Indonesia kembali mempersembahkan fashion show dari koleksi hasil kolaborasi fashion designer dan UMKM yaitu KAYO by Fey Kayo X Batik Ciwaringin, Boolao, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jember dan Sisikmelik Batik Gallery X Almira, Itang Yunasz, Sesasesa, Fatih Indonesia X Ramzi, Njonjah Poenja, Najua Yanti, Defika Hanum, Zoe Zoe by Sudarna Suwarsa, Ina Priyono, dan Irmasari Joedawinata X Kaywood. 

Kampanye “See Now Buy Now (SNBN)” yang merupakan cara baru bagi penonton fashion show agar dapat membeli koleksi runway dari desainer segera setelah fashion show secara digital dengan sistem SNBN secara bertahap telah diterapkan pada MUFFEST+ tahun ini. Diharapkan pada MUFFEST+ berikutnya akan semakin banyak desainer yang telah siap dengan sistem SNBN. 

Gelaran hari terakhir MUFFEST+ 2023 kembali mengadakan kegiatan talkshow yang mengulas berbagai topik menarik seputar modest fashion dan gaya hidup halal, yaitu Talkshow oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dengan tema “Kreasi Fesyen Modest dan Tren Reka Warna” dengan menghadirkan narasumber Ratna Dewi Paramita, Head of Program of Fashion – Binus International, DR. Tyar Ratuannisa, M.Ds. dan DR. Kahfiati Kahdar, MA. dari Indonesia Trend and Color Studies Fakultas Seni Rupa dan Desain – ITB, kemudian dilanjutkan dengan Talkshow bertema “Hijrah & Halal Lifestyle” dengan menghadirkan penyanyi Tantri Kotak, influencer Dennis Lim, fashion designer Lisa Fitria, dan Reyna Hanifa. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *