MUFFEST+ 2023 Konsisten Mendukung Kemajuan Fashion Muslimah ke Kancah Internasional

muffest

GETPOST.ID, Jakarta– Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 mulai digelar pada tanggal 7-10 Maret 2023 di Ballroom dan Denpasar Room The Westin Jakarta, dengan tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”. Pelaksanaan MUFFEST+ tahun ini merupakan rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk memperluas kiprah modest fashion Indonesia di pasar global dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

Penyelenggaraan MUFFEST+ kedelapan ini menunjukkan komitmen dan konsistensi Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan seluruh stakeholder terkait dalam mendukung kemajuan modest fashion di Indonesia untuk menembus pasar global. Optimisme modest fashion akan semakin populer, baik di Indonesia maupun di global pada umumnya. Hal ini terlihat dari pertumbuhan industri fesyen Indonesia dan global yang semakin pesat dari tahun ke tahun, setelah mengalami kontraksi tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid. Pada 2022 sektor modest fashion Indonesia kembali menggeliat tumbuh 9,34 persen dan secara global juga sudah mencapai lebih dari USD 300 miliar. Angka tersebut menjadikan Indonesia berada di peringkat ketiga untuk modest fashion setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Read More

“Bank Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan sektor modest fashion sebagai salah satu sektor strategis dalam penguatan ekosistem halal nasional untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST dapat memberikan kesempatan kepada desainer dan pengrajin wastra untuk mengeksplorasi potensi mereka dan menghasilkan karya-karya terbaik yang bernilai tambah tinggi bagi industri modest fashion di domestik maupun global. Kami berharap penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 yang merupakan road to IN2MOTIONFEST pada Oktober mendatang, dapat berkontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta pertumbuhan ekonomi nasional,” papar Juda Agung, Deputi Bank Indonesia dalam sambutannya di Opening Ceremony MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 Selasa 7 Maret 2023.

Baca:
7-10 Maret 2023 Siap Digelar MUFFEST+ 2023
– MUFFEST+ 2023 Fokus sebagai Sentra Fesyen Muslim Dunia

Peningkatan awareness dan inklusi masyarakat juga penting untuk memperkuat industri modest fashion nasional di tengah membanjirnya produk-produk modest fashion dari negara-negara tetangga. Oleh sebab itu perlu adanya penguatan branding bahwa modest fashion dengan persona anggun, elegan, dan stylish, dengan tetap sesuai syariah, dan menetaskan desainer dan brand yang populer serta berdaya saing global.

Acara ini mengintegrasikan berbagai kegiatan modest fashion agar Indonesia menjadi salah satu pusat modest fashion terbesar di dunia dan menjadi rujukan dari modest fashion global.

Fashion Show di Muffest+ 2023. foto: Getpost.id

“Jumlah penduduk muslim di dunia ini cukup besar yang setara dengan 24 persen dari populasi global. Posisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia menjadi urgensi tersendiri untuk menjadi pusat modest fashion. State of the Global Islamic Economy Report tahun 2022 memprediksi konsumsi sektor modest fashion di tahun 2025 akan mencapai 375 miliar USD, dan angka ini cukup besar. Kami berharap pangsa pasar yang sangat potensial ini memotivasi upaya pengembangan branding Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia melalui IN2MOTIONFEST. Kami menghimbau kepada seluruh stakeholder untuk mendorong peningkatan kualitas dan kreativitas desainer dalam mendesain dan memakai wastra Nusantara. Mari bersama-sama mewujudkan IN2MOTIONFEST menjadi event modest fashion yang terbesar di dunia,” ujar Hanung Harimba Rahman, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan selalu siap berkolaborasi dalam berbagai platform untuk memajukan industri fashion muslim Indonesia. Demikian yang disampaikan oleh Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), “Melalui platform MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST, kami ingin mendampingi pelaku industri modest fashion tanah air untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik, menerapkan konsep ethical yang sejalan dengan prinsip syariah, sehingga tak ada alasan lagi untuk modest fashion mendukung fast fashion. Untuk memiliki daya saing yang tinggi di pasar modest fashion global, kita harus mempunyai identitas yang jelas. Jika ingin bersaing dengan Barat yang memang sudah jauh lebih dulu bergerak di industri fesyen, kita harus punya identitas ke-Asia-an. Diharapkan suatu hari gaya Asia ini dapat mendominasi dunia. Semoga MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menjadi platform yang bermanfaat bagi industri fesyen Indonesia, tentunya ingin memajukan ekonomi Indonesia melalui industri fashion.”

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan rangkaian acara berupa Fashion Show karya 200 desainer dan Trade Show 150 brand yang memperlihatkan keragaman gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Keistimewaan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST tahun ini adalah turut menampilkan koleksi yang mengangkat konsep modest wear, yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global.

Sebagai pembuka rangkaian fashion show dalam perhelatan MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menampilkan karya dari Opie Ovie X Batik Papringan (KUB Pringmas), Deden Siswanto X Viera Sutra Alam, Sofie X Tenun Bandoel Kediri, Rosie Rahmadi, Raegitazoro, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jember, KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara X Wignyo, Allly By Aldre And Galih Soedirdjo, Rya Baraba, dan Kursien Karzai.

Fashion show pada hari perdana MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menghadirkan koleksi dari Jan Ayu By Linda Soedibyo, Tuty Adib, Karina Rozy X Pyo Jewelry, Paradise Batik, Agung Bali Collection, Begayabyta By Tione Afifaya, Kirapassa, Shiroshima X Kaywood, Lita Berlianti X Indang Apang, Jamilahxprafito By Tujuh Saudara, Hendri Budiman, dan Wening Angga.

Kemudian dilanjutkan dengan gelaran karya dari KPw Bank Indonesia Jember X Sanet Sabintang, KPw Bank Indonesia Jember X Isyam Syamsi, KPw Bank Indonesia Jember X Wignyo, Batik Siger By Una X Larasati, KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara X Wignyo, KPw Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah X Wignyo, KPw Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Presents BI Fashionpreneur yang mengangkat tema Wastra Pesisir Jatim dengan melibatkan pelaku wastra dari Batik Melate Pote dan Batik Gedog Zaenal Tuban, Nuppu, Binus International, Dianristy, Institut Kesenian Jakarta, Dekranasda Buton Tengah X Tia Hidayat, dan dan Islamic Fashion Institute Presents: Sisi Yulia & Zeina Raihan Rahmani.

Tahun ini, Wardah Beauty yang kembali mendukung MUFFEST+ Road IN2MOTIONFEST akan membersamai lima desainer modest tanah air yaitu Hijabchic, Aleza, Kami, Restu Anggraini, dan Irna La Perle yang akan memperagakan karya mereka pada fashion show persembahan Wardah.

Sebagai penutup gelaran hari pertama ini menampilkan Tiraz By Novita Yunus, Zytadelia, Berry Mirsha X Dekranasda Kota Payakumbuh, Dinas Pariwisata Ntb X Dekranasda NTB X DURY, Dinas Pariwisata NTB X Dekranasda Ntb X Inkubasi Fashion, Trinycta By Nyctagina X Granito.Id, Wignyo, Andy Sugix X Hefi Rosid, Dechantique, dan Fomalhaut Zamel.

Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). Pada hari pertama ini menghadirkan koleksi dari desainer Dave Ocampo asal Filipina dan Bandid Lasavong dari Laos.

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 akan menghadirkan pula produk modest fashion Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal, guna menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk modest fashion Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global, di antaranya adalah koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia.

Konsep “See Now Buy Now” merupakan tawaran baru di gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST yang mengkampanyekan cara baru bagi penonton fashion show agar mendapatkan akses langsung secara digital untuk membeli koleksi runway dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. Kampanye movement “Sarong is My New Style” tentunya kembali digaungkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal.

Selain menghadirkan Fashion Show dan Trade Show, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST memfasilitasi ragam kegiatan seperti acara Pre-Lauch Islamic Fashion Handbook oleh Islamic Fashion Institute yang menghadirkan narasumber Sapta Nirwandar, Irna Mutiara, Yufie Kartaatmaja, dan Hanni Haerani dengan Moderator Jetty Rosila Hadi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment