GETPOST.ID, Jakarta– Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sedang naik daun lantaran dilihat dari popularitas dan perkembangannya, platform ini mulai dilirik pemilik bisnis sebagai media promosi.
Fakta ini juga menunjukkan kalau engagement rate di TikTok cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari Instagram dan YouTube. TikTok sendiri beberapa tahun belakangan ini memang sedang populer dengan pengguna mencapai miliaran.
James, CEO Cstar mengungkapkan beberapa tips dan fakta menarik bagaimana bisa berhasil berbisnis di TikTok.Menurutnya berbisnis di TikTok bisa sukses sampai 80 persen, tapi tentu ada syaratnya.
“Bagaimana mengenal bisnis sendiri, pelajari dulu soal bisnis kita,” kata James di seminar Grow Your Beauty Business with Nose, di Menara Batavia,31 Januari 2023.
Menurut James ada tiga tahap untuk menilai bisnis sendiri, yang pertama profit tinggi, profit rendah dan yang terakhir profit tipis atau tidak untung. Dengan persaingan yang ketat serta memberikan harga yang rendah, tentunya profit menjadi rendah. Kata James lagi, setiap bisnis memiliki tahapan yang berbeda.
“Jadi fokus ke produk saja, fokus bikin macam-macam produk dan lempar ke pasar,” ucapnya.
Jika bisnis Anda ada di tahap kedua, mulai perbanyak chanel dan distributor. Sedangkan jika berada di tahap ketiga yakni tidak untung, James menegaskan jangan mundur dulu. Tapi fokus kepada klien, bagaimana membina hubungan baik dengan klien sehingga produk masih ada yang membeli.
Baca:
– Nah Ini Dia, 3 Produk Skincare yang Mampu Menyelesaikan Masalah secara Instan
– Omset Ratusan Juta, Nose Herbal Indo Gelar Seminar Cara Berbisnis Kecantikan di Tiktok
James juga mengomentari soal live streaming di TikTok. Menurutnya, ada 4 tahap jika ingin produknya laku saat live streming.
- Traffic. Ini bukan soal hoki tapi harus hati-hati membuat konten, meski follower banyak belum tentu mereka suka dengan apa yang dijual. “Follower minimal 1000 sudah bisa jualan,” kata James.
- Host. Menurut James pemilihan host itu mempengaruhi penjualan sukses sebanyak 90 persen
- Produk yang dipilih saat live streaming harus menarik, mulai dari harga, promo yang ditawarkan sampai selling pointnya.
- Background. Latar belakang lokasi saat berjualan perlu diperhatikan, mulai dari dekorasi, kebersihan, sesuai dengan produk yang dijual. “Dekorasi bagus bisa mempengaruhi harga barang yang dijual bisa mahal,” katanya.
Untuk saat ini penjualan yang paling tinggi di Tiktok adalah produk fashion, skincare dan produk living.
2 comments