Akhir Pekan Ini Digelar “Singkat Berbudaya”, Mengenal Budaya Depok dalam Satu Hari

GETPOST.ID, Depok – Ke mana akhir pekan ini? Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, wabilkhusus yang berdomisi di Depok, Jawa Barat, akhir pekan ini ada acara yang menarik. Namanya “Singkat Berbudaya”, yang digagas oleh Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta.

Detailnya, acara “Singkat Berbudaya” akan memperkenalkan budaya Kota Depok, yang akan dihelat pada Sabtu, 21 Januari 2023 di Alun-Alun Kota Depok. Acara dimulai pukul 07.00-19.00 WIB dengan rangkaian acara beragam:

Dari Bazar Budaya bertemakan Budaya Betawi Ora, peragaan busana anak-anak Abang Mpok Bocah Show dengan pakaian adat Betawi, Lomba Tari Tradisional anak-anak usia 6-15 tahun, Betawi Parade (Ngarak Budaya Kite) dengan pakaian adat Betawi yang diiringi oleh tanjidor dan ondel-ondel.

Kemudian ada mata acara Nonton Nyok, Karaoke (Karokoe), yaitu perpaduan musik masa kini yang di aransemen dengan unsur tradisional, serta Ngayab Nyok sebagai ruang permainan tradisional yang meliputi rangku alu, gasing, congklak, dan gundu. Menarik ya!

Singkat Berbudaya didukung langsung Pemerintah Kota Depok, dengan memperebutkan Piala Wakil Wali Kota Depok. Pemenang Lomba Tari Tradisional anak-anak akan memperoleh piala, plakat resmi Pemerintah Kota Depok, sertifikat yang ditandatangani Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Khusus untuk penampilan Tari khas Kota Depok, yaitu Gondek Denok akan mendapatkan nilai tambah. Dalam acara Abang Mpok Bocah Show anak-anak juga berkesempatan untuk meraih Peragaan Busana Terbaik.

Baca Juga:
– Perdana, Plaza Indonesia Culinary Festival Tawarkan Savor the Flavor
– Diperankan Oleh Song Joong Ki, 5 Fakta Menarik tentang Drakor Reborn Rich

Dalam rilisnya, Program Studi MICE Politeknik Negeri Jakarta menjelaskan pentingnya upaya pelestarian budaya. Sebab budaya merupakan fondasi untuk membangun identitas yang akan diwariskan dari generasi ke generasi.

Seiring dengan perkembangan zaman, secara perlahan budaya mulai terlupakan. Oleh karena itu, Singkat Berbudaya menjadi salah satu wadah untuk memperkenalkan budaya kepada anak bangsa sekaligus melestarikan budaya yang sudah ada khususnya Budaya Betawi.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Farah F Safitri Baay di nomor telepon: 0857-1801-1826.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :