Habis Liburan, Cek 5 Hal Ini pada Mobil Anda

auto2000

GETPOST.ID, Jakarta– Liburan tahun baru 2023 telah usai. AutoFamily yang menggunakan perjalanan darat dengan mobil pribadi, tentu perlu memeriksa kondisi mobilnya, sebelum digunakan kembali untuk mobilitas sehari-hari, memastikan agar tetap prima, bahkan penggunaan BBM bisa lebih efisien. 6 Hal Ini yang Perlu Dilakukan:

1. Periksa Ban Mobil

Read More

Ban mobil harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilewati ketika libur tahun baru, selain mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil. Segera bawa  ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan. Periksa ban cadangan, lakukan spooring dan balancing untuk menjaga kondisinya.

2. Cek Oli Mesin

Dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen sehingga mesin dapat bekerja optimal. Cek kondisi oli mesin karena sudah kerja keras, pastikan volumenya sesuai takaran dan tambah kalau kurang. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Segera bawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan kalau ditemukan hal mencurigakan.

Baca:
Jangan Abaikan saat Mengemudi, Ini Jenis Penyakit Ringan yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan
 Liburan Akhir Tahun, Waspadai Melewati Jalan Tol

3. Waspada Kaki-kaki Mobil

Perhatikan shock absorber dari kebocoran, dan karet-karet penyangga di sekitarnya dari potensi getas atau robek. Cek kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran. Lihat kondisi kampas rem cakram, sedangkan rem tromol cermati kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

4. Kondisi Mesin Wajib Prima

Bersihkan mesin dengan kain lap basah supaya terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah. Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki adalah dengan membawa mobil ke bengkel Auto2000.

5. Inspeksi Cairan Mobil

Komponen bergerak pada mobil banyak yang tergantung kepada cairan. Start dari mengecek cairan radiator bersama tabung cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem dan pembersih kaca depan. Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki, lanjut bersihkan permukaan tutup pengisi dan terminal aki. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC tidak kurang.

Baca:
– Oli Mesin Mobil itu Penting, Ini Jenis dan Kegunaannya
– Ketika Mobil Bermasalah, Kenali Perubahan Suara Mesin

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus diberi perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang. Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihannya. AutoFamily bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

“Setelah libur tahun baru bersama keluarga, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan komponen mobil supaya terjaga kondisinya dan siap kembali beraktivitas. Urusan Toyota lebih mudah, serahkan tugas pemeriksaan mobil setelah berlibur  dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS – Auto2000 Home Service di rumah pelanggan,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (2/1/2023).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :