Jangan Abaikan saat Mengemudi, Ini Jenis Penyakit Ringan yang Bisa Menyebabkan Kecelakaan

Auto2000

GETPOST.ID, Jakarta– Berkendara adalah full time job, sehingga pengendara harus dalam keadaan sehat fisik dan mental ketika berada di balik kemudi. Jangan sepelekan setiap gangguan, termasuk penyakit yang dianggap ringan oleh AutoFamily khususnya pengemudi mobil, karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut daftar penyakit ringan namun mengganggu yang wajib diwaspadai.

1. Gangguan Pencernaan

Read More

Segera perhatikan jenis dari gangguannya, apakah melilit, perih atau hanya nyeri-nyeri saja. Sebaiknya periksakan dan sebaiknya disembuhkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berangkat, Jaga pola makan sebelum melakukan perjalanan . Dan Bila kondisi baru dirasakan ketika dalam perjalanan, jangan ragu untuk segera menepi.

2. Sakit Kepala Sebelah

Jangan sepelekan sakit kepala, karena meskipun dianggap ringan, tapi berpotensi menjadi lebih parah, apalagi ketika pengemudi kelelahan saat mengemudikan kendaraan. Ini bisa menjadi pemicu kecelakaan lantaran konsentrasi berkendara terganggu. Segera hentikan mobil dan minum obat sakit kepala, serta beristirahat sejenak secukupnya.

Baca:
Liburan Akhir Tahun, Waspadai Melewati Jalan Tol

3. Kram Otot

Kram otot bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit dan sering kali terjadi pada bagian kaki. Di antara sebabnya adalah posisi mengemudi yang kurang ergonomis sehingga menyebabkan cidera atau aktivitas fisik yang tinggi saat itu. Segera menepi, hentikan aktivitas mengemudi, dan stretching untuk melemaskan otot. Jika belum kunjung reda, berikan pijatan halus pada bagian otot yang kram.

4. Iritasi Mata

Meskipun di dalam mobil, bukan berarti AutoFamily terhindar dari terpaan debu dan angin. Tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan obat tetes mata di mobil sebagai pertolongan pertama setelah menepikan mobil. Kalau belum tersedia, manfaatkan air bersih untuk membasuh mata dan melunturkan debu.

Baca:
– Oli Mesin Mobil itu Penting, Ini Jenis dan Kegunaannya
– Ketika Mobil Bermasalah, Kenali Perubahan Suara Mesin

5. Asam Urat dan Nyeri Sendi

Rasa sakit yang satu ini akan sangat menyiksa karena sering menyerang bagian lipatan jari yang harus mengalami kontak langsung saat mengemudi. Segera oleskan salep pereda rasa sakit pada bagian sendi yang terasa nyeri. Hindari minum obat pereda rasa sakit karena dapat menyebabkan kantuk.

6. Flu Ringan

Penyakit flu dipicu oleh virus dan mudah menular di ruang tertutup seperti kabin mobil. Penyakit ini juga merepotkan dan mengganggu saat harus bersin padahal sedang mengemudi mobil. Langkah terbaik adalah menepi dan beristirahat sejenak untuk meredakan gejalanya.

Wajib Diperhatikan!

Meskipun ringan, semua penyakit di atas dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Segera hentikan kendaraan di tempat aman dan cari pertolongan, baik menghubungi keluarga atau orang di sekitar. Obat-obatan yang tepat dapat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan, masalahnya salah satu efek samping obat adalah mengantuk. Jangan paksakan mengemudi mobil setelah mengonsumsi obat, istirahat dulu atau minta anggota keluarga sebagai sopir pengganti.

Penyakit pada Mobil

Sama dengan manusia, mobil juga berisiko terkena penyakit saat berjalan. Untuk mencegahnya, apalagi kalau ingin dipakai libur tahun baru bersama keluarga, lakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau THS – Auto2000 Home Service. Mobil Toyota AutoFamily dipastikan aman dari risiko penyakit. Dan jangan ragu untuk mampir di Posko Siaga Auto2000 yang berlokasi di 3 titik, yaitu Posko Cikampek Rest Area Km 57, Posko Probolinggo Rest Area Utama Raya, dan Posko Siaga Cisarua – Puncak Raya Hotel, sepanjang periode 23 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

6 comments