Ketika Mobil Bermasalah, Kenali Perubahan Suara Mesin

auto2000 lengkapi pelayanan uji emisi

GETPOST.ID, Jakarta– Ketika mesin mobil bermasalah pasti Anda sudah kenal karakter suaranya lantaran setiap hari digunakan. Namun bagaimana jika tiba-tiba terdengar suara kasar atau aneh dari ruang mesin? Jangan panik, berikut beberapa komponen yang bisa periksa untuk mengetahui sebab timbulnya suara kasar dari ruang mesin.

1. Kompresor AC Mobil 

Read More

Penyebab pertama suara kasar dari ruang mesin adalah dari kompresor AC mobil. Komponen pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar, terutama jika olinya sudah mulai habis. Pastikan oli kompresor AC tidak sampai kering, karena akan membuat komponen tersebut jebol. 

2. Oli Mesin 

Oli mesin yang kurang membuat komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan yang optimal. Dalam jangka panjang sangat merugikan, seperti risiko turun mesin akibat komponen mesin yang saling bergesekan semakin cepat aus dan macet. Anda wajib mengecek oli mesin secara rutin untuk memastikannya tidak kurang dan dalam kondisi prima. 

3. Sabuk Pemutar 

Beberapa komponen mobil menggunakan tenaga mesin untuk bekerja, seperti kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar untuk memindahkan tenaga mesin ke komponen tersebut. Sabuk pemutar akan mengalami keausan karena pemakaian dan berbunyi jika dibiarkan hingga habis bidang geseknya. Segera ganti sabuk pemutar supaya tidak putus dan menimbulkan masalah lebih besar. 

4. Celah Katup Mesin 

Suara mesin kasar dapat pula timbul akibat celah antara katup dengan penekannya yang terlalu rapat atau longgar. Celah ini dapat berubah dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan sehingga menimbulkan suara kasar. Apalagi kalau tidak mengganti oli mesin sehingga komponen di sekitar kepala silinder tidak mendapatkan pelumasan yang optimal. 

5. Tensioner dan Timing Chain 

Timing chain, berfungsi untuk menggerakkan camshaft dengan menerima putaran dari crankshaft. Sedangkan tensioner berfungsi menjaga ketegangan rantai  agar dapat berputar dengan stabil. Seiring waktu, timing chain akan mengalami penurunan performa, seperti kendur sehingga menimbulkan bunyi. Tensioner juga akan mengalami keausan karena selalu bergesekan dengan rantai  dan menyebabkan suara kasar. 

Baca:
Musim Hujan Telah Tiba, 4 Hal Penting Wiper Harus Diganti
 Ini Spesifikasi Kijang Innova Zenix dan Simulasi Harga
– Hari Ini, Toyota Indonesia Luncurkan Global New Kijang Innova Hybrid

Servis Berkala Untuk Mencegah Bunyi Kasar dari Ruang Mesin 

Seluruh masalah di atas dapat dicegah kalau AutoFamily rajin menjalankan servis berkala setiap 6 bulan sekali. Teknisi Auto2000 akan melakukan pemeriksaan seluruh komponen mobil, termasuk yang berada di balik kap mesin. 

Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily juga bisa memanfaatkan program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang lebih dulu). Serta perpanjangan garansi (extended warranty) 1 tahun atau 20.000 km, dengan syarat harus menjalankan servis berkala 1 bulan pertama. 

“Suara kasar dari balik ruang mesin dapat terjadi jika ada masalah pada salah satu komponen mobil di dalamnya. AutoFamily dapat menyelidiki asal suara tersebut untuk memastikan masalah apa yang timbul. Cara paling mudah, AutoFamily dapat membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat atau Auto2000 Home Service (THS),” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (28/11/2022). 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

3 comments

  1. Pingback: - GetPost.id