Waspada Musim Hujan, Jangan Terjang Jalanan Banjir

GETPOST.ID, Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan akan datang lebih awal. Ini perlu diantisipasi khususnya terkait risiko timbulnya genangan air atau banjir di beberapa titik jalan.

Disarankan ketika menghadapi banjir, jangan sampai nekar menerjang banjir di jalanan. Mobil bisa saja berhasil melewati genangan air yang tinggi, namun sebenarnya ada bahaya mengintai jika tidak hati-hati. Oleh sebab itu, pastikan sudah paham risikonya supaya tidak menyesal kemudian.

Baca:
Ini Jadwal Seru Jakarta Kulinary Edition di Kuningan City Mal
7 Penyebab Kecelakaan Beruntun di Jalan Tol, Waspadalah

1. Water Hammer

Water hammer merupakan risiko paling berbahaya saat terdampak banjir. Ketika air mulai masuk ke dalam mesin, air yang terisap ke dalam ruang bakar akan menyebabkan kerusakan. Dampak dari kerusakan bisa sangat fatal, mulai dari piston yang rusak, setang piston yang bengkok, sampai crankcase yang pecah akibat tekanan air yang besar saat mesin bekerja. Tidak sedikit waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan dengan melakukan turun mesin.

2. Kecelakaan

AutoFamily bisa terlibat kecelakaan jika tidak hati-hati saat melewati jalan banjir. Seperti ketika mobil di depan tiba-tiba berhenti karena mogok. Kalau tidak bisa menghindar, bisa menabrak mobil tersebut. Menghindarpun bisa bermasalah jika mobil masuk ke lubang atau turun ke bahu jalan yang tidak terlihat oleh mata, bahkan terbawa arus air yang deras.

3. Kabin Mobil Kemasukan Air

Meskipun pintu sudah ditutup rapat, bukan berarti air banjir tidak dapat masuk ke dalam kabin mobil. Celah sempit pada bodi mobil sudah cukup sebagai jalan masuk air karena tekanannya yang sangat tinggi. Efek negatifnya, panel bodi mobil dapat terkena air kotor yang bau dan membuat kabin tidak nyaman. Ditambah, membersihkan bahan pada kabin mobil bukanlah perkara mudah.

Baca:
– Lalu Lintas Macet, Ini Solusi Mudah Mengatasi Mesin Mobil Bermasalah

4. Garansi Kendaraan dan Klaim Asuransi Beresiko Ditolak

Selain itu yang tidak kalah penting, ada risiko klaim asuransi atas kerusakan mobil akibat banjir bisa ditolak. Water hammer terjadi lantaran AutoFamily tetap memaksakan menyalakan mesin dan melajukan mobil padahal sudah terendam banjir. Perbuatan tersebut bisa dikategorikan sebagai kelalaian yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan sehingga klaim ditolak. Hal yang sama juga berlaku ketika AutoFamily mengajukan klaim garansi ke bengkel  pada spare parts mobil yang rusak saat menerjang banjir.

Cara Melewati Jalan Banjir

Jalan terbaik adalah AutoFamily harus menghindari jalan yang terkena banjir. Masalahnya adalah bukan perkara mudah mencari jalan alternatif, alhasil kalau jalan di depan ada genangan air, pastikan ketinggian air masih aman untuk dilewati. Pelajari jalur yang akan dilewati dan pastikan tidak ada potensi masalah.

Kalau mesin mobil mati ketika melewati jalan yang tergenang air, jangan coba nyalakan dengan alasan apapun untuk mencegah water hammer. Tepikan kendaraan dengan cara mendorong dan pastikan parkir dengan aman. Hubungi call center asuransi atau AstraWorld 1-500898 supaya mobil bisa segera dibawa ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan dan perbaikan.

“Ada risiko yang harus dimengerti oleh AutoFamily jika memaksakan untuk melewati jalan yang terkena banjir. Oleh sebab itu, persiapan sebelum bepergian dengan memantau kondisi cuaca dan jalan menjadi hal yang penting. Pastikan juga mobil dalam kondisi prima untuk menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi di tengah perjalanan. Segera gunakan Kupon Servis General Check Up untuk pengecekan kondisi mobil, promo menguntungkan ini eksklusif ,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (19/9/2022).

One Comment on “Waspada Musim Hujan, Jangan Terjang Jalanan Banjir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :