QRIS Resmi Bisa Digunakan di 4 Negara ASEAN

berita MI Miftahul Akhlaqiyah

GETPOST.ID, Jakarta– Bank Indonesia telah resmi meluncurkan QR Indonesia Standard (QRIS) Antarnegara pada Senin (29/8/2022). QRIS ini baru bisa digunakan di 4 negara ASEAN, yaitu Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Per hari ini pemanfaatan QR code Indonesia bahkan sudah dapat dinikmati di Thailand.

“QR Indonesia dengan QR Thailand sudah kami uji cobakan dan mulai hari ini implementasi penuh,” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dikutip dari CNN Indonesia.

Dengan QRIS Antarnegara tersebut, seluruh transaksi di sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM di Thailand sudah dapat dilakukan menggunakan QRIS. “QR Indonesia dan QR Thailand sudah kami ujicobakan dan mulai hari ini implementasi penuh,” papar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara peluncuran QRIS Antarnegara.

Selain Thailand, BI telah melakukan uji coba penerapan QRIS di Malaysia sejak Januari 2022 lalu. Sedangkan Singapura kini berada dalam tahap finalisasi. “Dalam waktu dekat lima negara kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross border QR fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional,” papar Perry.

Adapun lima negara yang dimaksud Perry adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Setelah sukses mengimplementasikan sistem pembayaran di negara-negara ASEAN tersebut, BI akan memperluas penggunaan QRIS ke negara-negara lain di dunia.

Diharapkan, adanya terobosan antar negara Asean seperti ini, dapat mendorong perputaran ekonomi pada sektor pariwisata dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Dalam waktu dekat 5 negara kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross-border, QR, fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, mendukung UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional,” ujarnya.

Selain QR Code, BI juga meluncurkan kartu kredit pemerintah (KKP) domestik, sebagai sarana transaksi saat belanja barang atau jasa pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :