Lalu Lintas Macet, Ini Solusi Mudah Mengatasi Mesin Mobil Bermasalah

GETPOST.ID, Jakarta– Kondisi sudah mulai normal seiring pandemi beralih ke endemi. Otomatis lalu lintas kembali padat dan kemacetan menjadi makanan sehari-hari. Jika sedang macet mobil bisa berhenti dalam jangka waktu lama. Kondisi tidak menguntungkan ini membuat mesin mobil bekerja dalam kondisi yang kurang ideal, di mana mesin lebih sering menyala ketimbang bekerja normal di jalan lancar. Hal tersebut tentu bisa mengakibatkan hal ini.

Memicu Pembakaran Tidak Sempurna

Mesin mobil yang bekerja dalam kondisi kurang ideal menimbulkan masalah tersembunyi. Lambat laun akan ada penumpukan karbon sisa pembakaran tidak sempurna di ruang mesin, terutama area kepala silinder. Karbon yang menumpuk akan membuat komponen mesin tidak bisa bekerja secara optimal, bahkan menghambat pergerakan komponen mesin.

Selain itu, menumpuknya karbon di ruang bakar juga akan mempengaruhi kompresi mesin dan mengurangi daya ledak karena karbon tidak bisa dibakar. Alhasil, selain tenaga turun, mesin mobil juga lebih boros bensin dan emisi gas buangnya meningkat, karena AutoFamily lebih dalam menginjak pedal gas untuk mendapatkan tenaga mobil.

Baca:
Mobil Hybrid dari Honda di GIIAS 2022

Italian Tune-up Solusinya?

Nah ketika mesin mobil yang sudah kelebihan tumpukan kerak karbon tenaganya akan turun drastis. Bahkan di level yang semakin parah, mesin ngelitik alias knocking sepanjang waktu, beberapa pemilik kendaraan ada yang memilih untuk mengatasinya dengan melakukan teknik Italian Tune-up.

Apa itu? Nama ini diambil dari kebiasaan mobil-mobil eksotis buatan Italia yang sering digeber di jalan bebas hambatan. Tujuannya adalah membuang deposit karbon yang mengendap di dalam ruang bakar mesin.

Caranya, ajak mobil melaju di mana putaran mesin dinaikkan dan ditahan di putaran atas sekitar 4.000 rpm selama 30-60 detik tergantung kondisi jalan. Putaran mesin bisa lebih tinggi bila situasi memungkinkan, untuk membuat mesin mobil lebih kuat dalam membuang deposit. Dengan begitu, kotoran yang menumpuk akan terdorong keluar dan ruang mesin akan bersih kembali.

Servis Berkala Sebagai Solusi Mudah

Namun apakah itu aman dilakukan dan jadi solusi tepat? Aplikasi Italian Tune Up tentu sulit dan tidak aman dilakukan entah itu di jalan umum atau juga jalan bebas hambatan. Selain hasilnya belum tentu optimal, ada risiko kerusakan mobil bahkan kecelakaan. Daripada repot memikirkan Italian Tune Up, Sservis berkala secara rutin menjadi solusi aman yakni setiap 10.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Baca Juga:
 Yang Menarik dari Toyota di GIIAS 2022, Booth Terluas
– Tol Serbaraja Seksi 1A Gratis Langsung ke GIIAS 2022

Saat servis berkala, mesin mobil akan diperiksa dan dirawat guna menjaga kinerjanya agar selalu prima. Teknisi Auto2000 juga akan melakukan uji emisi untuk memastikan mesin dalam kondisi terbaiknya dan menjaga gas buang kendaraan sesuai aturan sehingga ramah lingkungan. Tidak hanya mesin, komponen lain dari mobil AutoFamily juga diperiksa dan dirawat untuk memastikan tidak ada masalah.

Urusan Toyota lebih mudah, terdapat Program Gratis Biaya Jasa dan Spare Parts Hingga Servis Berkala ke-6 (maksimal 4 tahun / 50.000 km, mana yang tercapai lebih dulu) untuk pembelian beberapa mobil baru Toyota.

Urusan Toyota lebih mudah, manfaatkan promo menguntungkan dari Auto2000 Digiroom seperti Promo Booking Servis Tinggal Klik, Hadiahnya Bikin Asik, servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS – Auto2000 Home Service via Auto2000 Digiroom berhadiah 50 tas laptop eksklusif Digiroom dan 100 tote bag Digiroom.

Kemudian ada Paket SPONTAN di mana bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total. Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yang di butuhkan. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku.

“Upaya untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima, solusi paling mudah dan nyaman adalah melakukan servis berkala. Ayuk servis berkala di bengkel Auto2000 atau bisa juga pilih layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah. Semakin menguntungkan, segera manfaatkan promo booking servis via Auto2000 Digiroom,” urai Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, baru-baru ini.

One Comment on “Lalu Lintas Macet, Ini Solusi Mudah Mengatasi Mesin Mobil Bermasalah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :