Ini Syarat untuk PTM dari Ikatan Dokter Anak Indonesia

ilustrasi pembelajaran tatap muka

HALLO DEPOK– Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DR.Dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon) mendukung penuh adanya PTM (Pembelajaran tatap muka) di sekolah, namun tentunya ada beberapa persyaratan yang haruS dilakukan.

Pertama untuk percobaan awal adalah anak di usia 12 tahun ke atas yang sudah vaksin. Kedua anak yang komorbid sebaiknya tidak diperbolehkan masuk sekolah meski sudah vaksin.

” Toh kalau sudah vaksin masih bisa terinfeksi, meski gejalanya ringan tapi bisa mendapatkan long covid hingga beberapa tahun dan bisa membahayakan jantung. Yang harus dijelaskan di sini anak komorbid salah satunya yang obesitaS nggak boleh PTM dulu,” kata Aman dalam tayangan di CNN TV Indonesia, Rabu 29 September 2021.

Read More

Sejak awal, IDAI sangat mendukung adanya PTM lantaran anak merupakan human capital yang membutuhkan aspek sosial dalam kehidupan yang tidak hanya meliputi kualitas pendidikan, melainkan juga terkait tumbuh kembang dan hak anak.

“PTM ini sangat penting dan harus kita lakukan tapi tentunya dengan sejumLah syarat dan aturan juga dengan bertahap. Misal untuk awal selama 3 jam dulu tanpa makan dan minum, jangan buka masker. Saya melihat ada yang share masih banyak yang makan dan minum di dalam kelas juga tanpa ada jarak,” tutur Aman.

Untuk anak di bawah usia 12 tahun, Aman menyarankan meminta surat dokter anak apakah sudah layak anak untuk PTM. Selain itu diperlukan kejujuran antara sekolah, guru dan orang tua mengenai kondisi kesehatan anak atau di dalam keluarga.

“Dokter anak di wilayahnya juga tentu punya data berapa positivity rate (di bawah 8 persen) di wilayah tersebut. Jangan melihat level PPKM tapi positivity rate, tapi data anak-anak yang sudah divaksin dan yang terpapar,” ujar Profesor Ilmu Kesehatan Anak dengan keahlian khusus di bidang Endokrinologi Anak.

Rayhani

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :